Oxymetazoline

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit
Bagikan sekarang

Oxymetazoline Obat Apa?

Untuk apa Oxymetazoline?

Oxymetazoline adalah obat yang digunakan untuk melegakan kemampetan di hidung yang disebabkan oleh berbagai kondisi termasuk flu biasa, sinusitis, demam, dan alergi. Ia bekerja dengan mempersempit pembuluh darah di daerah hidung, mengurangi pembengkakan dan kemampetan.

KEGUNAAN LAIN: Bagian ini memuat penggunaan obat ini yang tidak tercantum dalam label yang sudah disetujui, namun mungkin saja diresepkan oleh ahli kesehatan Anda. Gunakan obat ini untuk kondisi yang tercantum di bawah hanya jika sudah diresepkan oleh dokter dan ahli kesehatan Anda.

Obat ini juga dapat digunakan untuk meredakan “telinga tersumbat” dan untuk mengurangi pembengkakan di hidung sebelum operasi atau prosedur tertentu.

Bagaimana cara penggunaan Oxymetazoline?

Gunakan obat ini di hidung seperti yang diarahkan. Ikuti semua petunjuk pada kemasan produk, atau gunakan seperti yang diarahkan oleh dokter Anda. Jika Anda tidak yakin tentang suatu informasi, konsultasilah dengan dokter atau apoteker.

Hembuskan udara melalui hidung Anda secara pelan sebelum menggunakan obat ini. Gunakan jari Anda untuk menutup lubang hidung di sisi yang tidak menerima obat. Sambil menjaga kepala Anda tetap tegak, letakkan ujung semprotan ke lubang hidung yang terbuka. Semprotkan obat ke dalam lubang hidung yang terbuka saat Anda bernapas melalui hidung Anda. Hiruplah dengan keras beberapa kali untuk memastikan obat mencapai jauh ke dalam hidung. Ulangi langkah ini untuk lubang hidung lainnya jika diperlukan.

Hindari penyemprotan obat ke mata Anda atau ke bagian tengah dalam hidung (septum hidung).

Bilas ujung semprotan dengan air panas atau lap dengan tisu bersih setelah digunakan. Pastikan air tidak masuk ke dalam wadah. Ganti tutupnya setelah digunakan.

Obat ini memberikan bantuan yang hanya bersifat sementara. Jangan digunakan dengan sering, jangan menggunakan semprotan lebih banyak, atau menggunakan lebih lama dari yang diarahkan karena hal itu dapat meningkatkan risiko efek samping. Selain itu, jangan menggunakan obat ini selama lebih dari 3 hari atau dapat menyebabkan kondisi yang disebut rebound congestion. Gejala rebound congestion adalah kemerahan jangka panjang, pembengkakan di dalam hidung, dan peningkatan pilek. Jika hal ini terjadi, berhentilah menggunakan obat ini dan konsultasilah dengan dokter atau apoteker.

Informasikan dokter jika kondisi Anda semakin memburuk atau tidak membaik setelah 3 hari.

Ikuti aturan yang diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Bagaimana cara penyimpanan Oxymetazoline?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis Oxymetazoline

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis Oxymetazoline untuk orang dewasa?

Dewasa dan anak-anak berusia 6 tahun dan lebih tua: gunakan 2 atau 3 tetes atau semprotkan larutan 0,05% di setiap lubang hidung setiap sepuluh sampai dua belas jam. Jangan menggunakan lebih dari dua kali dalam dua puluh empat jam.

Bagaimana dosis Oxymetazoline untuk anak-anak?

Anak-anak sampai usia 6 tahun: penggunaan dan dosis harus ditentukan oleh dokter.

Dalam dosis apakah Oxymetazoline tersedia?

  • Larutan
  • Semprot

Efek samping Oxymetazoline

Efek samping apa yang dapat dialami karena Oxymetazoline?

Rasa panas sementara, menyengat, kekeringan di hidung, pilek, dan bersin dapat terjadi. Jika salah satu dari efek-efek ini tidak membaik atau semakin memburuk, beri tahu dokter atau apoteker Anda segera.

Jika dokter Anda telah meresepkan obat ini, ingatlah bahwa ia telah menilai bahwa manfaat obat ini lebih besar daripada risiko efek samping. Banyak orang yang menggunakan obat ini tidak mengalami efek samping yang serius.

Katakan kepada dokter Anda segera jika salah satu efek samping yang serius seperti berikut terjadi: detak jantung lambat/cepat/berdebar, pusing, mual, sakit kepala, perubahan mental/mood, kesulitan tidur, gemetar (tremor), berkeringat tidak biasa, kelemahan yang tidak biasa.

Reaksi alergi yang sangat serius terhadap obat ini jarang terjadi. Namun, carilah bantuan medis segera jika Anda melihat gejala-gejala reaksi alergi yang serius, termasuk: ruam, gatal/bengkak (terutama wajah/lidah/tenggorokan), pusing berat, kesulitan bernapas.

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Peringatan dan Perhatian Obat Oxymetazoline

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan Oxymetazoline?

Dalam memutuskan untuk menggunakan obat, pertimbangkan risiko minum obat Hal ini adalah keputusan Anda dan dokter Anda. Untuk obat ini, berikut harus dipertimbangkan:

Alergi

Beri tahu dokter jika Anda pernah memiliki reaksi yang tidak biasa atau alergi terhadap obat ini atau obat-obatan lainnya. Juga beri tahu ahli kesehatan jika Anda memiliki jenis alergi lain, seperti makanan, pewarna, pengawet, atau hewan. Untuk produk non-resep, baca label atau bahan penyusun dengan hati-hati.

Anak-anak

Anak-anak mungkin sangat sensitif terhadap efek dari oxymetazoline. Hal ini dapat meningkatkan kemungkinan efek samping selama pengobatan.

Lansia

Banyak obat-obatan belum diuji pada orang tua. Oleh karena itu, mungkin tidak diketahui apakah mereka bekerja dengan cara yang sama pada orang dewasa yang lebih muda atau jika mereka menyebabkan efek samping yang berbeda atau masalah pada orang tua. Tidak ada informasi spesifik tentang penggunaan oxymetazoline pada orang tua.

Apakah Oxymetazoline aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai pada wanita untuk mencari tahu risiko pada bayi saat sang ibu mengonsumsi obat ini selama menyusui. Pertimbangkan potensi manfaat dan potensi risikonya sebelum mengonsumsi obat ini selama menyusui.

Interaksi Obat Oxymetazoline

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan Oxymetazoline?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan Oxymetazoline?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan Oxymetazoline?

Adanya masalah kesehatan lain di tubuh Anda dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Beritahukan dokter Anda bila Anda memiliki masalah kesehatan lain, seperti:

  • kekeringan di hidung
  • tekanan darah tinggi
  • takikardia (denyut jantung cepat)
  • masalah buang air kecil dari pembesaran prostat. Dapat membuat kondisi tersebut lebih buruk..

Overdosis Oxymetazoline

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Tiba-Tiba Susah Kentut? Tak Perlu Pusing, Begini Cara Mengatasinya

Pernah merasakan tidak bisa kentut? Tentu rasanya sangat mengganggu dan membuat perut terasa sakit. Tenang, atasi masalah susah kentut dengan cara alami ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Kesehatan, Gejala dan Kondisi Umum 25 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

9 Cara Jitu untuk Mengusir Semut Bandel di Rumah

Setiap rumah pasti ada semutnya. Apalagi rumah yang kotor. Jangan panik dulu, air lemon ternyata bisa jadi cara mengusir semut di rumah yang terjamin ampuh.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kebersihan Diri, Hidup Sehat 25 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Kenapa Lidah Terasa Pahit saat Anda Sedang Sakit?

Saat Anda sakit, makan dan minum apapun jadi tak selera. Hal ini karena mulut dan lidah terasa pahit. Nah, ini dia alasan dan cara ampuh mengatasinya.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Penyakit Gusi dan Mulut, Gigi dan Mulut 25 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

11 Ciri Bayi Tumbuh Gigi yang Perlu Diketahui Orangtua

Ada banyak tanda bayi tumbuh gigi yang dapat membuat si kecil rewel. Berikut berbagai tanda dan tips meredakan rasa tidak nyaman saat bayi tumbuh gigi.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Bayi, Parenting, Bayi Satu Tahun Pertama 25 Januari 2021 . Waktu baca 12 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk

Cara-cara Ampuh Menghilangkan Bentol Merah Bekas Gigitan Nyamuk

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
gatal karena diabetes

5 Langkah Mudah Mengatasi Kulit Gatal Karena Diabetes

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
telinga kemasukan serangga

Pertolongan Pertama Ketika Telinga Kemasukan Serangga

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
cara membaca resep kacamata

Begini Cara Membaca Resep Kacamata dari Dokter dan Optik Anda

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit