Melatonin

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11/05/2020 . 10 mins read
Bagikan sekarang

Melatonin Obat Apa?

Untuk apa melatonin?

Melatonin adalah hormon alami yang ada di dalam tubuh. Hormon ini berperan membantu menjaga siklus tidur-bangun Anda (jam biologis tubuh).

Idealnya tubuh akan menghasilkan hormon ini secara otomatis sekitar pukul 23.00 hingga 03.00 dini hari dan akan terhenti pada siang hari. Inilah sebabnya, di siang hari biasanya Anda akan lebih waspada sementara pada malam hari Anda akan merasa lemas dan mengantuk.

Sayangnya, kemampuan tubuh untuk menghasilkan hormon ini akan menurun seiring dengan bertambahnya usia Anda. Di sisi lain, faktor gaya hidup dan riwayat kondisi medis tertentu juga dapat menghambat pelepasan hormon ini pada malam hari. Berbagai faktor itulah yang bisa menyebabkan terganggunya jam biologis tubuh sehingga seseorang akan lebih sulit untuk tidur nyenyak.

Nah, guna menyiasati masalah tersebut, mengonsumsi suplemen melatonin mungkin bisa jadi solusi. Dengan minum suplemen ini, kadar hormon melatonin dalam tubuh dapat meningkat sehingga lansia atau orang dewasa yang susah tidur dapat lebih cepat mengantuk.

Dokter juga dapat meresepkan suplemen ini untuk kondisi lain seperti:

  • Jet lag
  • Menyesuaikan siklus tidur pada orang buta
  • Mengobati gangguan tidur yang dialami oleh para pekerja shift
  • Insomnia umum

Tidak semua orang memerlukan asupan suplemen hormon. Maka dari itu, sebelum mengonsumsinya pastikan Anda berkonsultasi terlebih dulu ke dokter.

Bagaimana cara pakai suplemen hormon melatonin?

Bila Anda dirasa perlu menggunakannya, pastikan suplemen diminum sesuai dengan anjuran dokter atau aturan pakai yang tertera pada lebel kemasan produk. Jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter maupun apoteker bila Anda belum paham betul cara pakainya.

Jangan telan tablet sekaligus. Biarkan obat larut dalam mulut tanpa dikunyah. Jika dirasa sulit, Anda dapat meminum air untuk membantu melarutkan tablet tersebut.

Setiap orang mungkin saja mendapatkan dosis yang berbeda. Sebab, pemberian dosis biasanya disesuaikan dengan kondisi kesehatan dan respon pasien terhadap pengobatan. Anda tidak disarankan memberikan suplemen ini ke orang lain meski mereka mengeluhkan gejala yang sama persis.

Dokter dapat memberikan dosis secara bertahap, dimulai dari yang rendah dan  akan meningkat sesuai kebutuhan pasien. Gunakan suplemen sebelum tidur.

Untuk mengatasi jet lag, gunakan suplemen sebelum tidur dan gunakan selama 2 sampai 5 hari, atau sesuai dengan anjuran dokter. Sementara jika Anda menggunakan produk ini untuk mengatasi kondisi lain yang tidak berkaitan dengan gangguan tidur, ikuti instruksi dokter tentang kapan dan bagaimana cara terbaik untuk mengonsumsinya.

Sebaiknya hentikan pemakaian obat dan segera berobat ke dokter bila kondisi Anda tidak membaik atau justru semakin memburuk.

Bagaimana cara menyimpan suplemen hormon melatonin?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan. Jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan.

Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi.

Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis Melatonin

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis suplemen hormon melatonin untuk orang dewasa?

Pada prinsipnya, dosis obat untuk setiap orang mungkin bisa berbeda. Pemberian dosis obat biasanya disesuaikan dengan usia, kondisi kesehatan pasien secara menyeluruh, serta respon mereka terhadap pengobatan.

Pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter atau apoteker sebelum mengonsumsi obat jenis apa pun. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa Anda mengonsumsi obat sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Bagaimana dosis suplemen hormon melatonin untuk anak-anak?

Belum ada ketentuan dosis pasti untuk anak-anak. Obat ini bisa saja berbahaya bagi anak-anak bila digunakan secara asal.

Oleh sebab itu, untuk memahami keamanan obat sebelum digunakan. Konsultasikan pada dokter atau apoteker untuk informasi lebih lanjut.

Dalam dosis apakah suplemen hormon melatonin tersedia?

Suplemen ini tersedia dalam berbagai wujud, dari versi obat minum (tablet atau pil), krim yang dioles ke kulit, dan yang disuntikkan.

Efek samping Melatonin

Apa saja efek minum suplemen hormon melatonin?

Suplemen ini umumnya aman untuk dikonsumsi jangka pendek maupun jangka panjang. Namun, hal itu tidak semata-semata membuat suplemen ini benar-benar bebas dari risiko efek samping.

Sejumlah efek samping yang paling umum dan kerap dikeluhkan setelah menggunakan suplemen ini di antaranya:

  • Rasa kantuk dan lemas di siang hari
  • Sakit kepala ringan
  • Kram perut
  • Perubahan mood (mood swing)
  • Depresi jangka

Selain efek samping ringan, ada beberapa risiko efek samping yang lebih serius dan perlu lebih Anda waspadai.

Efek samping suplemen melatonin yang lebih serius meliputi:

  • Gangguan perdarahan. Suplemen ini bisa meningkatkan risiko perdarahan, seperti lebam dan memar. Apalagi bila sebelumnya Anda sudah memiliki riwayat gangguan atau masalah perdarahan.
  • Depresi berat. Dalam kasus tertentu, penggunaan suplemen ini malah bisa membuat gejala depresi semakin parah.
  • Kenaikan kadar gula darah. Orang dengan penyakit diabetes harus ekstra hati-hati ketika menggunakan suplemen ini. Sebab, suplemen ini dapat meningkatkan gula darah pada penderita diabetes. Ada baiknya, selalu pantau dan cek gula darah Anda secara berkala sebelum atau setelah menggunakan suplemen hormon ini.
  • Tekanan darah tinggi. Jika Anda sedang menggunakan obat-obatan hipertensi, sembarangan minum suplemen hormon melatonin tanpa sepengetahuan dokter dapat semakin meningkatkan tekanan darah Anda.
  • Kejang. Bila digunakan secara berlebihan, suplemen ini dapat meningkatkan risiko kejang.

Tidak semua orang mengalami efek samping yang disebutkan di atas. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Peringatan dan Perhatian Obat Melatonin

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan suplemen melatonin?

Sebelum menggunakan suplemen ini, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui dan lakukan, di antaranya:

  • Beri tahu dokter dan apoteker bila Anda memiliki alergi terhadap melatonin.
  • Beri tahu dokter dan apoteker bila Anda  mengidap diabetes.
  • Beri tahu dokter dan apoteker bila Anda mengalami depresi.
  • Beri tahu dokter dan apoteker bila Anda mengalami pendarahan atau memiliki kelainan proses pembekuan darah, seperti hemofilia.
  • Beri tahu dokter dan apoteker bila Anda memiliki tekanan darah rendah atau tekanan darah tinggi.
  • Beri tahu dokter dan apoteker bila Anda mengidap epilepsi atau gangguan saraf lainnya.
  • Beri tahu dokter dan apoteker bila Anda sedang mengonsumsi obat-obatan untuk mencegah reaksi penolakan pada transplantasi organ.

Selain itu, suplemen ini juga memiliki efek samping mengantuk dan pusing. Sebaiknya Anda tidak berkendara atau mengoperasikan mesin sampai efek obat benar-benar hilang.

Pada intinya, gunakan suplemen ini seperti yang diresepkan dokter. Jangan sungkan untuk segera memeriksakan diri ke dokter bila Anda merasakan gejala aneh atau tidak biasa.

Apakah suplemen melatonin aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Belum ada informasi yang memadai tentang keamanan dalam menggunakan obat ini selama masa kehamilan dan menyusui.

Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini.

Interaksi Obat Melatonin

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan suplemen melatonin?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam artikel ini.

Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

Mengonsumsi obat ini dengan obat-obatan penenang lain dapat meningkatkan risiko efek samping mengantuk yang amat sangat. Sebaiknya berkonsultasi dulu ke dokter bila Anda sedang atau akan menggunakan obat tidur, antidepresan, sedatif, obat pereda rasa sakit, penenang otot, obat kejang, atau suplemen herbal yang dapat mengakibatkan rasa kantuk (tryptophan, California poppy, chamomile, gotu kola, kava, skullcap, valerian St. John’s wort, dll.) secara teratur.

Sejumlah obat lain yang berpotensi menimbulkan efek samping negatif dengan suplemen ini di antaranya:

  • Antibiotik
  • Aspirin atau acetaminophen (Tylenol)
  • Pil kontrasepsi
  • Insulin atau obat oral diabetes
  • Obat pereda rasa sakit
  • Obat sakit perut, seperti lansoprazole (Prevacid), omeprazole (Prilosec), ondansetron (Zofran)
  • Obat ADHD, seperti methylphenidate, Adderall, Ritalin, dll
  • Obat jantung atau tekanan darah tinggi seperti mexiletine, propranolol, verapamil
  • Obat pengencer darah  seperti clopidogrel (Plavix), warfarin (Coumadin, Jantoven)
  • Obat-obatan NSAID seperti ibuprofen (Advil, Motrin), naproxen (Aleve), celecoxib, diclofenac, indomethacin, meloxicam, dan lainnya, atau
  • Obat steroid seperti prednisone dan lainnya

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan suplemen hormon melatonin?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi.

Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan hormon melatonin?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

  • Diabetes
  • Depresi
  • Gangguan pendarahan atau memiliki kelainan proses pembekuan darah seperti haemophilia
  • Tekanan darah rendah atau tekanan darah tinggi
  • Epilepsi atau gangguan saraf lainnya

Overdosis Melatonin

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat. Bawalah kotak obat, wadah, atau label ketika akan pergi ke rumah sakit untuk membantu dokter dengan informasi yang diperlukan.

Ketika seseorang mengalami overdosis, berbagai gejala yang mungkin muncul yaitu:

  • Tekanan darah yang terlalu rendah (hipotensi) yang membuat kepala menjadi pusing
  • Pingsan
  • Detak jantung cepat dan tidak teratur
  • Detak jantung lebih lambat dari kondisi normal

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Jika Anda melewatkan dosis, minum segera setelah Anda ingat. Jika mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlewat dan lanjutkan jadwal pemberian dosis Anda. Jangan gunakan dosis ekstra untuk mengganti dosis yang terlewat.

Jika Anda terus ketinggalan dosis, pertimbangkan untuk mengatur alarm atau meminta anggota keluarga untuk mengingatkan Anda.

Silakan berkonsultasi dengan dokter Anda untuk membahas perubahan dalam jadwal dosis Anda atau jadwal baru untuk menebus dosis yang terlewat, jika Anda telah melewatkan terlalu banyak dosis baru-baru ini.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy"
    Sumber

    Direkomendasikan untuk Anda

    cara mengatasi tidur berlebihan

    Tidur Berlebihan Bisa Rugikan Kesehatan, Ini 5 Cara Mengatasinya

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Diah Ayu
    Dipublikasikan tanggal: 23/11/2019 . 4 mins read
    obat melatonin

    4 Hal yang Terjadi Pada Tubuh Saat Minum Melatonin

    Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Widya Citra Andini
    Dipublikasikan tanggal: 28/03/2019 . 4 mins read
    nonton TV

    Kenapa Kita Sebaiknya Tak Nonton TV Sebelum Tidur?

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
    Dipublikasikan tanggal: 28/06/2017 . 4 mins read