Nimodipine obat apa?

Oleh

Nama Generik: Nimodipine Merek: Ceremax dan Nimotop.

Penggunaan

Untuk apa nimodipine?

Nimodipine adalah obat yang digunakan untuk mengurangi masalah yang disebabkan oleh perdarahan jenis tertentu di otak (subarachnoid hemorrhage-SAH).

Nimodipinedisebut calcium channel blocker. Tubuh secara alami merespon perdarahan dengan mempersempit pembuluh darah untuk memperlambat aliran darah. Namun, ketika perdarahan terjadi di otak, menghentikan aliran darah menyebabkan kerusakan otak yang lebih parah. Nimodipinediduga bekerja dengan merelaksasi pembuluh darah sempit di otak dekat area  perdarahan sehingga darah dapat mengalir lebih mudah. Efek ini mengurangi kerusakan otak.

KEGUNAAN LAIN: Bagian ini memuat penggunaan obat ini yang tidak tercantum dalam label yang sudah disetujui, namun mungkin saja diresepkan oleh ahli kesehatan Anda. Gunakan obat ini untuk kondisi yang tercantum di bawah hanya jika sudah diresepkan oleh dokter dan ahli kesehatan Anda.

Obat ini juga dapat digunakan untuk mengurangi masalah yang disebabkan oleh stroke.

Bagaimana cara penggunaan nimodipine?

Baca leaflet informasi pasien  jika tersedia dari apoteker Anda sebelum Anda mulai mengonsumsi Nimodipinedan setiap kali Anda mendapatkan isi ulang obat. Jika Anda memiliki pertanyaan, tanyakan kepada dokter atau apoteker.

Nimodipinebiasanya dimulai sesegera mungkin setelah dimulainya perdarahan di otak, biasanya dalam waktu 4 hari. Nimodipinebiasanya diambil setiap 4 jam atau seperti yang disarankan oleh dokter Anda.

Jika Anda mengambil bentuk tablet dari obat ini, minum lewat  mulut dengan segelas penuh air (8 ons/240 mililiter) kecuali dokter Anda mengarahkan Anda sebaliknya. Jangan berbaring selama 10 menit setelah minum obat ini. Telan seluruh tablet. dan jangan dihancurkan.

Jika Anda mengonsumsi bentuk kapsul dari obat ini, minum lewat mulut setidaknya 1 jam sebelum dan 2 jam setelah makan, atau seperti yang diarahkan oleh dokter Anda. Telan seluruh kapsul. Jika Anda tidak bisa menelan seluruh kapsul, Anda dapat melubangi kapsul, dan keluarkan cairan melalui selang/semprotan, dan mengonsumsi melalui mulut atau melalui selang nasogastrik dengan jarum suntik oral. Jangan mencampur isi kapsul dengan cairan lainnya. Melakukan hal tersebut dapat menghambat kinerja obat. Jangan menyuntikkan obat ini.

Jika Anda mengonsumsi dalam bentuk cair (larutan oral) dari obat ini, hati-hati dalam mengukur dosis dengan menggunakan alat pengukur khusu/sendok. Jangan gunakan sendok rumah tangga karena Anda mungkin tidak akan mendapatkan dosis yang benar. Gunakan bentuk cair setidaknya 1 jam sebelum dan 2 jam setelah makan. Bentuk cair juga dapat diberikan melalui tabung ke perut (selang nasogastrik atau lambung). Jika Anda mengonsumsi obat ini melalui selang nasogastrik atau lambung, minta bantuan ahli kesehatan Anda untuk memberikan petunjuk rinci tentang cara mengonsumsinya.

Jangan mengonsumsi antasida selama 2 jam sebelum atau setelah mengonsumsi tablet Nimodipine. Melakukan hal tersebut dapat menghambat kinerja obat.

Hindari makan grapefruit atau minum jus grapefruit saat mengonsumsi obat ini kecuali dokter atau apoteker mengatakan Anda dapat melakukannya dengan aman. Grapefruit bisa meningkatkan kemungkinan efek samping  obat ini. Tanyakan kepada dokter atau apoteker untuk lebih jelasnya.

Dosis didasarkan pada kondisi medis Anda dan respon terhadap pengobatan.

Gunakan obat ini secara teratur untuk mendapatkan manfaat optimal. Untuk Perlu Anda ingat untuk mengonsumsi obat pada waktu yang sama setiap hari. Hal ini penting untuk terus minum obat ini bahkan jika kondisi Anda membaik, dan bahkan jika Anda tidak melihat perbaikan dalam gejala Anda. Konsultasikan dengan dokter atau apoteker untuk informasi lebih rinci.

Jangan menghentikan konsumsi obat tiba-tiba tanpa berkonsultasi dengan dokter Anda. Obat ini biasanya diambil selama 2 sampai 4 minggu. Ikuti arahan dokter Anda dengan hati-hati. kondisi Anda mungkin menjadi lebih buruk jika obat dihentikan terlalu cepat.

Beritahu dokter jika kondisi Anda memburuk.

Bagaimana cara penyimpanan nimodipine?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis nimodipine untuk orang dewasa?

Dosis Normal untuk Orang Dewasa biasa Penderita Perdarahan Subarachnoid

60 mg diminum setiap 4 jam

Terapi harus dimulai dalam waktu 96 jam dari kejadian perdarahan dan dilanjutkan selama 21 hari.

Dosis Normal untuk Orang Dewasa Penderita Stroke Iskemik

(Tidak disetujui oleh FDA)

30 mg tiap minum setiap 6 jam

Terapi harus dimulai dalam waktu 24 jam dari kejadian perdarahan dan dilanjutkan selama 28 hari.

Dosis Normal untuk Orang Dewasa Penderita  Migrain Profilaksis

(Tidak disetujui oleh FDA)

30 mg tiap minum setiap 6 jam

Bagaimana dosis nimodipine untuk anak-anak?

Dosis untuk anak belum ditentukan. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Dalam dosis apakah nimodipine tersedia?

Kapsul, cair: 30 mg.

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena nimodipine?

Cari bantuan medis darurat jika Anda memiliki tanda-tanda dari reaksi alergi berikut: gatal-gatal; sulit bernafas; pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Berhenti menggunakan Nimodipinedan hubungi dokter Anda jika Anda memiliki salah satu dari efek samping yang serius:

  • detak jantung luar biasa cepat atau lambat
  • pingsan  atau pusing berat
  • mudah memar atau perdarahan, kelelahan yang tidak biasa
  • kaki bengkak atau mata kaki

Efek samping lainnya yang kurang serius mungkin terjadi. Terus mengonsumsi Nimodipinedan diskusikan dengan dokter Anda jika Anda merasakan alah satu efek samping yang kurang serius berikut:

  • pusing ringan
  • flushing (kemerahan, kehangatan, atau perasaan kesemutan)
  • sakit kepala
  • mual, sembelit
  • berkeringat

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak tercantum di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang efek samping, silakan berkonsultasi dengan dokter atau apoteker.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan nimodipine?

Sebelum mengonsumsi Nimodipine, beri tahu dokter dan apoteker jika Anda alergi terhadap Nimodipine, obat lain, atau salah satu bahan dalam kapsul Nimodipineatau larutan minum. Tanyakan kepada dokter atau apoteker untuk daftar bahan.

Beri tahu dokter atau apoteker jika Anda mengonsumsi salah satu obat berikut: obat antijamur tertentu termasuk itrakonazol (Onmel, Sporanox), ketoconazole (Nizoral), dan vorikonazol (Vfend); klaritromisin (Biaxin); obat tertentu untuk HIV termasuk indinavir (Crixivan), nelfinavir (Viracept), ritonavir (ritonavir, di Kaletra), dan saquinavir (Invirase); nefazodone; dan telitromisin (Ketek). Dokter Anda mungkin menyarankan Anda untuk tidak mengonsumsi Nimodipine.

Beri tahu dokter dan apoteker apa resep dan obat nonresep, suplemen gizi, dan vitamin yang Anda konsumsi atau direncanakan untuk Anda konsumsi. Pastikan untuk menyebutkan salah satu dari obat  berikut: aprepitant (Emend); armodafinil (Nuvigil); alprazolam (Niravam, Xanax); amiodarone (Cordarone, Pacerone, Nexterone); atazanavir (Reyataz), bosentan (Tracleer); cimetidine (Tagamet); conivaptan (Vaprisol); siklosporin (Gengraf, Neoral, Sandimmune); delavirdine (Rescriptor); diltiazem (Cardizem, Dilacor, Tiazac); dalfopristin/quinupristin kombinasi (Synercid); efavirenz (di Atripla); eritromisin (E.E.S., E-Mycin); etravirine (Intelence); flukonazol (Diflucan); fluoxetine (Prozac, Sarafem, di Symbyax); isoniazid (di Rifater, di Rifamate); obat untuk tekanan darah tinggi atau penyakit jantung termasuk diuretik ( ‘pil air’): obat tertentu untuk hepatitis termasuk boceprevir (Victrelis) dan telaprevir (Incivek); obat tertentu untuk kejang termasuk carbamazepine (Carbatrol, Equetro, Tegretol), fenobarbital (Luminal), dan phenytoin (Dilantin); modafinil (Provigil); nafcillin (Nallpen); kontrasepsi oral (pil KB); phosphodiesterase (PDE-5) inhibitors termasuk sildenafil (Revatio, Viagra), tadalafil (Cialis), dan vardenafil (Levitra, Staxyn); pioglitazone (Actos, di Actoplus Met, di Duetact, di Oseni); posaconazole (Noxafil); prednisone (Rayos); rifampin (Rifadin, Rifater, Rimactane, di Rifamate); rufinamide (Banzel); asam valproik (Depakene); verapamil (Calan, Covera, Tarka, Verelan); dan vemurafenib (Zelburaf). Banyak obat-obatan lainnya juga dapat berinteraksi dengan Nimodipine, jadi pastikan untuk memberi tahu dokter Anda tentang semua obat yang Anda pakai bahkan jika mereka tidak muncul di daftar ini. Dokter Anda mungkin perlu mengubah dosis obat Anda atau monitor Anda lebih hati-hati untuk efek samping.

Beri tahu dokter produk herbal yang sedang Anda konsumsi, terutama Echinacea dan St. John’s Wort.

Beri tahu dokter Anda jika Anda memiliki atau pernah memiliki penyakit hati.

Beri tahu dokter Anda jika Anda sedang hamil, merencanakan kehamilan, atau menyusui. Jika Anda hamil sewaktu mengambil Nimodipine, hubungi dokter Anda.

Apakah nimodipine aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C menurut US Food and Drugs Administration (FDA)

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  •      A= Tidak berisiko,
  •      B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian,
  •      C=Mungkin berisiko,
  •      D=Ada bukti positif dari risiko,
  •      X=Kontraindikasi,
  • N=Tidak diketahui

Tidak ada data yang menunjukkan apakah Nimodipine dapat  masuk ke dalam ASI dan apakah bisa membahayakan bayi yang disusui atau tidak. Agar aman, Anda sebaiknya jangan menyusui saat menggunakan obat ini.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan nimodipine?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter. Beri tahu dokter jika Anda sedang dalam pengobatan dengan:

  • obat kejang – carbamazepine, fosphenytoin, fenobarbital, fenitoin, dan lain-lain
  • ildenafil (Viagra) dan obat-obatan disfungsi ereksi lainnya
  • obat TBC

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan nimodipine?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda. Hindari mengonsumsi jus grapefruit saat sedang dalam pengobatan Nimodipine.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan nimodipine?

Kehadiran masalah medis lainnya dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Pastikan Anda memberitahu dokter Anda jika Anda memiliki masalah medis lainnya, terutama penyakit hati  (termasuk sirosis). Gunakan dengan hati-hati. Efek samping dapat meningkat karena penghilangan efek obat dari dalam tubuh lebih lambat.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Direview tanggal: Januari 1, 1970 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Sumber
Yang juga perlu Anda baca