Hydroxychloroquine Obat Apa?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Nama Generik: Hydroxychloroquine Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Fungsi & Penggunaan

Untuk apa obat Hydroxychloroquine digunakan?

Hydroxychloroquine adalah obat untuk mencegah atau mengobati infeksi malaria yang disebabkan gigitan nyamuk. Obat ini tidak bekerja terhadap beberapa jenis malaria (chloroquine- resisten). Pusat Pusat Pengendalian Penyakit (CDC) di Amerika Serikat memberikan pedoman dan rekomendasi wisata terbaru untuk pencegahan dan pengobatan malaria di berbagai belahan dunia. Konsultasikan informasi terbaru tersebut dengan dokter Anda sebelum melakukan perjalanan ke daerah-daerah yang terjangkit malaria.

Obat ini juga digunakan, biasanya dengan obat lain, untuk mengobati penyakit auto-imun tertentu (lupus, rheumatoid arthritis) ketika obat lain tidak bekerja atau tidak bisa digunakan. Obat ini masuk ke dalam kelas obat yang dikenal sebagai obat penyakit modifikasi antirematik (DMARDs). Obat ini dapat mengurangi masalah kulit pada lupus dan mencegah pembengkakan/nyeri pada arthritis, meskipun tidak diketahui persis bagaimana cara kerja obat tersebut bagi kedua jenis penyakit itu.

KEGUNAAN LAIN: Bagian ini memuat penggunaan obat ini yang tidak tercantum dalam label yang sudah disetujui, namun mungkin saja diresepkan oleh ahli kesehatan Anda. Gunakan obat ini untuk kondisi yang tercantum di bawah hanya jika sudah diresepkan oleh dokter dan ahli kesehatan Anda.

Obat ini juga dapat digunakan untuk infeksi jenis lainnya (misalnya, Q feverendocarditis)

Bagaimana aturan pakai obat Hydroxychloroquine?

Hydroxychloroquine biasanya diminum dengan makanan atau susu untuk mencegah sakit perut. Dosis dan lamanya pengobatan didasarkan pada kondisi medis Anda dan respon terhadap terapi. Pada anak-anak, dosis juga didasarkan pada berat badan. Untuk pencegahan malaria, minum obat ini seminggu sekali pada hari yang sama dalam seminggu, atau seperti yang diarahkan oleh dokter Anda. Tandai kalender untuk membantu Anda mengingatnya. Obat ini biasanya mulai diminum 2 minggu sebelum Anda memasuki daerah yang terjangkit malaria. Minum sekali seminggu ketika sedang berada di daerah yang terjangkit malaria, dan dan terus minum obat tersebut selama 4-8 minggu setelah meninggalkan daerah yang terjangkit malaria atau sesuai yang diarahkan oleh dokter Anda. Untuk mengobati malaria, ikuti sesuai dengan petunjuk dari dokter Anda.

Untuk lupus atau rheumatoid arthritis, minum obat ini, biasanya sekali atau dua kali sehari atau seperti yang diinstruksikan oleh dokter Anda, mungkin secara bertahap dokter akan meningkatkan dosis Anda. Saat kondisi Anda mulai membaik, dokter mungkin meminta Anda untuk menurunkan dosis Anda sampai Anda menemukan dosis yang paling tepat dan terbaik agar setidaknya efek samping yang muncul tidak terlalu banyak. Gunakan obat ini secara teratur untuk mendapatkan manfaat terbaiknya. Jika Anda minum dengan jadwal harian, maka minumlah pada waktu yang sama setiap hari. Minum obat ini persis seperti yang telah ditentukan. Jangan berhenti minum obat tersebut tanpa berbicara dengan dokter Anda, terutama jika Anda minum obat tersebut dengan tujuan untuk mengobati malaria. Sangat disarankan untuk terus minum obat ini dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Menghentikan pencegahan atau pengobatan terlalu cepat dapat menyebabkan infeksi atau dapat membuat infeksi datang kembali.

Informasikan dokter Anda jika kondisi Anda tetap atau memburuk. Cara pengobatan ini mungkin memakan waktu beberapa minggu atau bulan untuk melihat peningkatan kondisinya, jika Anda minum obat ini untuk lupus atau rheumatoid. Hydroxycholorquine tidak dapat mencegah malaria dalam semua kasus. Jika Anda mengalami demam atau gejala lain dari penyakit tersebut, segera cari pertolongan medis. Anda mungkin perlu obat yang berbeda. Hindari gigitan nyamuk.

Bagaimana cara menyimpan Hydroxychloroquine?

Simpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa yang harus diperhatikan sebelum menggunakan obat Hydroxychloroquine?

Sebelum minum Hydroxychloroquine, beri tahu dokter dan apoteker:

  • Jika Anda alergi terhadap hydroxychloroquine, chloroquine (Aralen), primaquine, atau obat lain.
  • Mengenai obat resep dan nonresep yang Anda gunakan, terutama acetaminophen (Tylenol, others), digoxin (Lanoxin), iron-containing obat-obatan (termasuk multivitamins), isoniazid (Nydrazid), methotrexate (Rheumatrex), niacin, rifampin (Rifadin, Rimactane), dan vitamins dan produk herbal.
  • Jika Anda memiliki atau pernah memiliki penyakit hati, psoriasis, porphyria atau kelainan darah lainnya, defisiensi G-6-PD, dermatitis (radang kulit), atau jika Anda minum alkohol dalam jumlah besar.
  • Jika Anda pernah memiliki gangguan penglihatan saat minum hydroxychloroquine, chloroquine (Aralen), atau primaquine.
  • Jika Anda sedang hamil, berencana untuk hamil, atau menyusui. Jika Anda hamil ketika mengkonsumsi hydroxychloroquine, hubungi dokter Anda.

Apakah obat Hydroxychloroquine aman bagi ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C. (A = Tidak berisiko, B = Tidak berisiko pada beberapa penelitian, C = Mungkin berisiko, D = Ada bukti positif dari risiko, X = Kontraindikasi, N = Tidak diketahui)

Sejumlah studi menunjukkan bahwa pada wanita yang menyusui obat ini menimbulkan risiko minimal untuk bayi.

Efek Samping

Apa efek samping Hydroxychloroquine yang mungkin terjadi?

Cari bantuan medis segera jika Anda mengalami tanda-tanda reaksi alergi berikut ini: gatal-gatal, kesulitan bernapas, pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Hubungi dokter Anda jika Anda memiliki efek samping yang serius seperti:

  • Lemah otot, kedutan, atau gerakan yang tidak terkendali
  • Hilangnya keseimbangan atau koordinasi
  • Penglihatan kabur, sensitivitas cahaya, melihat lingkaran cahaya di sekitar lampu
  • Kulit pucat, mudah memar atau berdarah
  • Kebingungan, pikiran atau perilaku yang tidak biasa
  • Kejang

Efek samping Hydroxychloroquine yang kurang serius termasuk:

  • Sakit kepala, dering di telinga, sensasi berputar
  • Mual, muntah, sakit perut
  • Nafsu makan hilang, penurunan berat badan
  • Perubahan suasana hati, merasa gugup atau mudah marah
  • Ruam kulit atau gatal; atau
  • Rambut rontok

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Interaksi Obat

Obat-obatan apa yang bisa mengganggu kerja obat Hydroxychloroquine?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini.

Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

  • Acetaminophen (Tylenol)
  • Antibiotik, obat antijamur, obat sulfa, atau obat tuberkulosis
  • Pil KB atau terapi penggantian hormon
  • Obat tekanan darah
  • Obat kanker
  • Obat penurun kolesterol seperti Crestor, Lipitor, Pravachol, Simcor, Vytorin, Zocor
  • Obat encok atau arthritis (termasuk suntikan emas)
  • Obat HIV/AIDS
  • Obat-obatan untuk mengobati gangguan kejiwaan;
  • NSAID seperti Advil, Aleve, Arthrotec, Cataflam, Celebrex, Indocin, Motrin, Naprosyn, Treximet, Voltaren
  • Obat kejang

Apakah makanan dan minuman tertentu bisa mengganggu kerja obat Hydroxychloroquine?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang bisa mengganggu kinerja obat Hydroxychloroquine?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

  • Penyakit darah (parah) – Hydroxychloroquine dapat menyebabkan gangguan darah
  • Masalah penglihatan – Hydroxychloroquine dapat menyebabkan efek samping berat pada mata, terutama dalam dosis tinggi
  • Kekurangan Glucose-6-phosphate dehydrogenase (G6PD)- Hydroxychloroquine dapat menyebabkan efek samping darah yang serius pada pasien dengan defisiensi ini
  • Penyakit Ginjal – mungkin ada kesempatan peningkatan efek samping pada pasien dengan penyakit ginjal
  • Penyakit hati – mungkin menurunkan peluruhan Hydroxychloroquine dari darah, meningkatkan kemungkinan efek samping
  • Penyakit otak dan syaraf (berat), termasuk kejang – Hydroxychloroquine dapat menyebabkan kelemahan otot dan dalam dosis tinggi, kejang
  • Porphyria – Hydroxychloroquine dapat memperburuk gejala porphyria
  • Psoriasis – Hydroxychloroquine dapat menimbulkan serangan psoriasis parah
  • Penyakit perut atau penyakit usus (parah) -Hydroxychloroquine dapat menyebabkan iritasi lambung

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti resep dokter. SELALU konsultasi pada dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan.

Berapa dosis obat Hydroxychloroquine untuk dewasa?

Dosis Dewasa biasa untuk Malaria:

Pengobatan serangan akut : 800 mg (620 mg basa) lanjutkan dalam 6-8 jam dengan 400 mg (310 mg basa), lalu 400 mg (310 mg basa) sekali sehari selama 2 hari berturut-turut; alternatif, dosis tunggal 800 mg (620 mg basa) juga efektif.

Dosis Dewasa biasa untuk Malaria Profilaksis:

Supresi: 400 mg (310 mg basa) secara oral pada hari yang sama setiap minggu

Dosis Dewasa biasa untuk Rheumatoid Arthritis:

Dosis awal: 400-600 mg (310-465 mg basa) secara oral sekali sehari

Dosis pemeliharaan: 200-400 mg (155-310 mg basa) secara oral sekali sehari

Dosis Dewasa biasa untuk Systemic Lupus Erythematosus:

Discoid dan systemic lupus erythematosus:

Dosis awal: 400 mg (310 mg basa) secara oral sekali atau dua kali sehari selama beberapa minggu atau bulan tergantung pada respon pasien

Dosis pemeliharaan: 200-400 mg (155-310 mg basa) secara oral sekali sehari

Berapa dosis obat Hydroxychloroquine untuk anak-anak?

Dosis anak-anak biasa untuk Malaria:

Pengobatan serangan akut: 1 tahun keatas:

Dosis pertama: 10 mg basa/kg (tidak melebihi 620 mg basa)

Dosis kedua: 5 mg basa/kg (tidak melebihi 310 mg basa) 6 jam setelah dosis pertama

Dosis ketiga: 5 mg basa/kg 18 jam setelah dosis kedua

Dosis keempat: 5 mg basa/kg 24 jam setelah dosis ketiga

Dosis anak-anak biasa untuk Malaria Profilaksis:

1 tahun keatas: 5 mg basa/kg berat badan (tidak melebihi 310 mg basa) secara oral pada hari yang sama setiap minggu

Dosis anak-anak biasa untuk Dermatomyositis: Kasus Ulasan (n = 25)

Juvenile Dermatomyositis (JDMS):

1,5-15 tahun: 7 mg/kg secara oral per hari (ditambahkan ke terapi pengobatan pertama untuk JDMS jika pasien mengalami persebaran ruam kulit yang luas dan membutuhkan steroid dalam dosis tinggi)

Dalam dosis dan sediaan apa Hydroxychloroquine tersedia?

Hydroxychloroquine tersedia dalam dosis tablet, oral: 200 mg

Apa yang harus dilakukan dalam keadaan darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Overdosis Hydroxychloroquine bisa berakibat fatal, terutama pada anak-anak.

Pengobatan yang disebabkan overdosis Hydroxychloroquine harus dimulai dengan cepat. Anda mungkin akan diarahkan untuk melakukan induksi muntah langsung (di rumah, sebelum transportasi ke ruang gawat darurat). Tanyakan pusat kontrol racun bagaimana untuk melakukan induksi muntah dalam kasus overdosis Hydroxychloroquine.

Gejala overdosis mungkin termasuk sakit kepala, mengantuk, gangguan penglihatan, denyut jantung yang lambat, nyeri dada atau dada terasa berat, nyeri menyebar ke lengan atau bahu, mual, berkeringat, kejang, pernapasan yang pendek, atau pernapasan yang berhenti.

Apa yang harus dilakukan kalau lupa minum obat atau lupa pakai obat?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan konsultasi medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Juli 28, 2017 | Terakhir Diedit: September 28, 2017

Yang juga perlu Anda baca