Hepatitis B Immunoglobulin obat apa?

Oleh

Nama Generik: Hepatitis B Immunoglobulin Merek: HepBQuin dan HyperHep-B S/D Hyperhep-.

Penggunaan

Untuk apa hepatitis b immunoglobulin?

Hepatitis B immunoglobulin umumnya digunakan untuk mencegah orang terjangkit hepatitis B setelah mendapat transplantasi hati, dan pada bayi yang lahir dari ibu yang terinfeksi hepatitis B. Juga dapat digunakan kepada orang orang yang telah terinfeksi hepatitis B melalui produk yang berhubungan dengan darah, melakukan kontak seksual dengan orang yang terinfeksi, atau hidup serumah dengan orang yang terinfeksi.

Hepatitis B immunoglobulin bukanlah sebuah vaksin, karena itu tidak dapat menyediakan perlindungan jangka panjang dari hepatitis B. Untuk perlindungan jangka panjang, Anda harus menerima vaksin hepatitis B seperti Engerix-B, Recombivax HB, atau Twinrix. Hepatitis B immunoglobulin juga dapat digunakan untuk tujuan yang tidak tercantum dalam panduan pengobatan ini.

Bagaimana cara penggunaan hepatitis b immunoglobulin?

Hepatitis B immunoglobulin disuntikkan ke otot atau pembuluh darah  melalui pompa infus. Seorang profesional di bidang kesehatan akan memberikan suntikan ini.

Untuk pencegahan setelah terpapar darah yang telah terkontaminasi:

Hepatitis B immunoglobulin biasanya segera diberikan setelah terpapar kepada orang yang terinfeksi, lebih baik dalam jangka waktu 7 hari. Obat penguat biasanya diberikan setelah 24 jam kemudian. Dokter mungkin juga menyarankan Anda agar menerima vaksin Hepatitis B ketika anda memulai terapi dengan Hepatitis B immunoglobulin

Untuk pencegahan sesudah kontak seksual dengan orang yang terinfeksi:

Hepatitis B immunoglobulin diberikan dengan dosis sekali dalam jangka waktu 14 hari setelah kontak terakhir. Anda juga harus menerima vaksin hepatitis B jika ingin terus melakukan kontak dengan orang tersebut.

Untuk pencegahan orang orang yang tinggal serumah dengna orang yang terinfeksi:

Obat ini harus diberikan kepada balita di bawah 12 bulan, perawat yang melakukan kontak dengan darah orang yang terinfeksi, dan orang orang yang berbagi alat cukur, sikat gigi, atau barang-barang pribadi lainnya dengan orang yang terinfeksi. Anggota keluarganya mungkin juga membutuhkan vaksin hepatitis B.

Untuk bayi yang lahir dari ibu yang terinfeksi hepatitis B:

Obat ini biasanya diberikan kurun waktu 12 jam setelah kelahiran, atau ketika bayi telah stabil secara medis. Sebagai tambahan hepatitis immunoglobulin, bayi juga harus menerima vaksin hepatits B, yang diberikan dalam rangkaian 3 kali suntikan.

Suntikan vaksin hepatitis B pertama biasanya diberikan ketika anak berumur 7 hari. Vaksinasi kemudian diberikan ketika 1 bulan dan 6 bulan setelah vaksin hepatitis B yang pertama. Jika bayi tidak menerima vaksin sebelum umur 3 bulan, dosis kedua Hepatitis B immunoglobulin harus diberikan. Jadwal vaksinasi anak anda juga dapat berbeda dengan pedoman di atas .Ikutilah petunjuk dokter Anda atau jadwal yang direkomendasikan bagian kesehatan di daerah Anda tinggal.

Jika bayi tidak mendapat vaksin hepatitis B sama sekali, dosis kedua dan ketiga hepatitis immuno globulin harus diberikan 3 dan 6 bulan setelah dosis pertama. Ketika menggunakan Hepatitis B immunoglobulin, Anda mungkin membutuhkan tes darah berkala. Pengobatan ini dapat berdampak pada hasil yang tak biasa pada tes gula darah tertentu.

Bagaimana cara penyimpanan hepatitis b immunoglobulin?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis hepatitis b immunoglobulin untuk orang dewasa?

Ikuti dosis yang telah ditetapkan dokter atau sesuai dengan yang tertera di kemasan obat.

Bagaimana dosis hepatitis b immunoglobulin untuk anak-anak?

Ikuti dosis yang telah ditetapkan dokter atau sesuai dengan yang tertera di kemasan obat.

Dalam dosis apakah hepatitis b immunoglobulin tersedia?

Obat ini tersedia dalam dosis-dosis sebagai berikut:

HepaGam B
– Suntikan > 312 units/mL

HyperHEP B S/D
– Suntikan 220 units/mL

Nabi-HB
– Suntikan> 312 units/mL

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena hepatitis b immunoglobulin?

Cari bantuan medis segera jika Anda mengalami tanda-tanda reaksi alergi berikut ini: gatal-gatal, kesulitan bernapas, pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Panggil segera dokter jika Anda mengalami:

  • demam, mulut terasa kering, gusi yang merah atau membengkak
  • kepala berkunang-kunang, seperti Anda ingin pingsan
  • masalah hati, sakit di perut bagian atas, kehilangan nafsu makan, air seni menghitam, kotoran berwarna seperti tanah liat, penyakit kuning (menguningnya kulit atau mata)
  • gejala cairan berkumpul di paru-paru (sakit di dada, sakit ketika bernafas, detak jantung yang cepat, terasa pusing atau sesak nafas terutama ketika berbaring
  • gejala pembekuan darah atau stroke—tiba-tiba mati rasa atau melemah (terutama di satu bagian tubuh), dada sakit, kesulitan bernafas, detak jantung cepat, batuk berdarah atau rasa sakit, membengkak, hangat, atau kemerahan di tangan atau kaki

Efek samping lain termasuk:

  • mual, muntah, diare, sakit perut
  • menggigil, masalah ingatan, serangan hawa panas, masalah penglihatan
  • gejala flu seperti hidung tersumbat, bersin-bersin, radang tenggorokan
  • ruam ringan atau
  • sakit, memerah, memar, atau melunaknya bagian tubuh di mana obat disuntikkan

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan hepatitis b immunoglobulin?

Anda sebaiknya tidak menerima hepatitis B imunne globulin jika Anda alergi teehadapnya.

Hepatitis B immunoglobulin mungkin menambah risiko terkena pembekuan darah khususnya apabila Anda mempunyai:

  • penyakit jantung, penyakit pembuluh darah koroner (pembuluh darah yang mengeras), sejarah pembekuan darah
  • risiko penyebab penyakit pembuluh darah koroner (seperti menopause, merokok, kelebihan berat badan, mempunyai tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, mempunyai keluarga yang punya sejarah penyakit pembuluh darah koroner, atau Anda adalah lansia)
  • jika Anda butuh pengencer darah
  • jika Anda menggunakan pill KB atau pengubah hormon
  • jika Anda menggunakan alat bantu saluran kencing
  • jika Anda terbaring di tempat tidur atau lemah
  • alergi terhadap immunoglobulin manusia
  • perdarahan atau pembekuan darah tak teratur seperti hemophilia atau
  • diabetes

Apakah hepatitis b immunoglobulin aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C menurut US Food and Drugs Administration (FDA)

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  •      A= Tidak berisiko,
  •      B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian,
  •      C=Mungkin berisiko,
  •      D=Ada bukti positif dari risiko,
  •      X=Kontraindikasi,
  •      N=Tidak diketahui

Belum ada informasi yang memadai tentang keamanan dalam menggunakan obat ini selama masa kehamilan dan menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan hepatitis b immunoglobulin?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan hepatitis B immunoglobulin?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan hepatitis B immunoglobulin?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

  • alergi (parah) terhadap globulin manusia, atau riwayatnya
  • kekurangan immunoglobulin (IgA)—jangan pernah diberikan kepada pasien dengan penyakit ini
  • aterosklerosis (mengerasnya pembuluh darah), atau riwayatnya
  • masalah pembekuan darah, atau riwayatnya
  • diabetes
  • punya penyakit jantung atau pembuluh darah
  • hyperviscosity (darah kental), terjangkit atau didiagnosis
  • kelumpuhan jangka panjang—gunakan secara saksama atkarenaau dapat menimbulkan efek samping yang lebih parah
  • pembekuan darah
  • thrombocytopenia (rendahnya jumlah platelets)—jangan diberikan kepada pasien yang telah terpapar prophylaxis kecuali keuntungannya melebihi kerugian.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Januari 1, 1970 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Yang juga perlu Anda baca