backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

8 Rekomendasi Merk Panci Kukus Terbaik dengan Berbagai Bahan

Fakta medis diperiksa oleh Hello Sehat Medical Review Team


Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 09/11/2023

8 Rekomendasi Merk Panci Kukus Terbaik dengan Berbagai Bahan

Salah satu cara memproses makanan agar lebih sehat yaitu dengan cara dikukus. Cara memasak tanpa digoreng ini menghemat waktu dan praktis. Gunakanlah panci kukus agar makanan matang sempurna. Jenis panci seperti apa yang terbaik? Simak rekomendasi merek panci kukus yang bagus berikut ini. 

Cara kami memilih merk panci kukus yang bagus

Panci kukusan yang ada di pasaran tersedia dalam berbagai jenis bahan. Panci untuk mengukus sebaiknya terbuat dari aluminium, enamel, atau granit antilengket.

Bahan alumunium lebih kuat, ringan, dan tahan karat. Selain itu, masakan jadi lebih cepat matang karena panas lebih cepat menyebar ke seluruh bagian.

Panci berbahan dasar enamel lebih tahan lama, lebih tahan panas, dan lebih stabil menghantarkan panas dari panci aluminium. Enamel juga mudah dibersihkan.

Di antara ketiganya, panci granit antilengket paling kuat menahan suhu tinggi sambil menghantarkan panas secara merata. Kekurangannya, panci ini punya lubang pada dasar kukusan yang cenderung lebar.

Selain dari pemilihan bahan, dikutip dari Century Life, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih panci kukus, yaitu sebagai berikut.

  • Pilih panci pengukus dengan lobang kecil-kecil tapi lebih banyak. Hal ini agar tidak bocor saat Anda mengukus kacang atau bahan masakan lain yang lebih kecil.
  • Pilih ukuran 20 cm, 24 cm, atau 28 cm yang merupakan standar di beberapa negara. Jika lebih kecil dari itu, khawatir tidak masuk jenis makanan apa pun.
  • Pastikan penutup panci pas dengan bagian saringan. Hal ini agar makanan lebih cepat matang dan matang sempurna. 

Berdasarkan pertimbangan di atas, kami telah memilih beberapa merek panci kukus yang bagus.

Daftar rekomendasi merk panci kukus yang bagus

panci presto terbaik

Berikut ini berbagai daftar rekomendasi merk panci kukus yang bagus dengan berbagai bahan yang bisa diikuti sesuai dengan kebutuhan Anda.

1. Asta Panci Stainless Steel 

Merk panci kukus yang bagus pertama yaitu Asta Panci Stainless Steel. Asta terbuat dari stainless steel tebal berkualitas, antikarat, dan sangat kuat.

Dengan desain yang cantik dan elegan, panci ini cocok digunakan untuk mengukus, memasak dan menghangatkan makanan. 

Produk ini dilengkapi steamer rack bisa digunakan untuk mengukus dimsum, jagung, ubi, dan sebagainya. Asta Panci tersedia ukuran diameter 23 cm hingga 29 cm. Seluruh bahan yang digunakan pun sudah 100% food grade sehingga aman digunakan.

2. BOLDe Electric Skillet Picanto

Merek panci kukus yang bagus lainnya yaitu BOLDe Electric Skillet Picanto. Produk ini merupakan panci kukusan steamer listrik berukuran 1,2 liter.

Dengan ukurannya yang mini dan praktis, panci kukusan ini cocok digunakan untuk Anda yang hanya memasak dalam porsi kecil.

Produk ini memiliki beberapa keunggulan berupa material pot berbahan stainless steel 304, food grade, aman untuk makanan, pemanasan yang lebih merata, serta dual temperature control yaitu tombol untuk mengatur 2 tingkat suhu yang diinginkan.

3. Pamosroom Steamer Susun Stainless 2 Tingkat

Rekomendasi panci steamer lainnya yaitu Pamosroom Steamer Stainless 2 tingkat. Produk ini berbahan dasar stainless steel berkualitas dan antikarat, aman digunakan untuk memasak rumahan ataupun usaha. 

Keunggulan produk ini yaitu dilengkapi dengan tutup kaca untuk melihat kondisi masakan saat masak.

Bagian atas untuk mengukus, sedangkan bagian bawah bisa digunakan untuk merebus. Panci ini memiliki spesifikasi yaitu diameter 28 cm, tinggi 12,3 cm, tinggi panci 6,7 cm, dan tinggi kukusan 6,5 cm.

4. Chefina Double Steamer 24 cm Marble Panci Enamel

Chefina Marble Series adalah salah satu merk panci kukus yang bagus berbahan enamel.

Produk ini memiliki warna dan desain trendy menjadikan dapur Anda lebih berwarna. Series Marble ini terinspirasi dari corak dan keindahan kilau batu marmer yang dikombinasikan dengan warna modern dan kekinian.

Corak dari marble series ini juga diibaratkan seperti proses mengaduk atau mencampur masakan. Menggunakan material terbaik standar internasional, produk ini menjamin kualitas makanan lebih sehat karena tidak mengubah kandungan dan cita rasa makanan.

5. Mayba Panci Set Granit Flower Balita pan

Mayba Panci Set Granit Flower Balita Pan merupakan merk panci kukus yang bagus dan banyak dipakai untuk memasak MPASI.

Hal ini karena ukurannya yang kecil, praktis, dan desainnya yang lucu. Produk ini berbahan dasar granit hasil penyempurnaan dari versi sebelumnya. 

Versi terbaru ini memiliki keunggulan berupa bahan coating menggunakan lapisan super premium pearl ceramic nonstick, menggunakan teknologi die casting aluminium dicor padat, dan memiliki ketebalan 4,5 millimeter yang sebelumnya 3 millimeter.

6. Calypso Korean Steamer Pot

Calypso Korean Steamer Pot Panci Rebus Korea merupakan panci kukusan yang bagus berbahan stainless steel.

Panci kukusan ini dapat digunakan untuk merebus dan mengukus makanan dalam waktu bersamaan. 

Dengan mempunyai dua handle kayu yang super kuat dan mewah. Terdapat juga tutup kaca untuk  memudahkan melihat hasil masakan.

7. GM Bear Panci Listrik Keramik

GM Bear Panci Listrik merupakan alat masak serbaguna untuk mengukus, merebus, menumis, atau memasak nasi.

Panci ini cocok buat Anda yang tidak mau repot harus membeli banyak alat masak. Selain itu, desainnya minimalis, praktis, dan ringan.

Produk ini juga dilengkapi dengan steamer, pegangan antipanas, tutup kaca transparan tebal, serta dua pengaturan suhu sehingga memudahkan untuk menyesuaikan suhu yang digunakan saat memasak.

8. HAN RIVER panci listrik 1.5L

Han River Panci Listrik merupakan panci untuk kukus, goreng, panggang, rebus, dan tumis. Panci ini memiliki permukaan antilengket dan ditenagai dengan daya 700 watt. 

Merk panci kukus yang bagus ini dilengkapi dengan penutup kaca tahan panas, kontrol suhu yang dapat disesuaikan, dan pegangan yang tidak panas.

Panci ini mudah dicuci, aman untuk mesin pencuci piring, dan hemat energi. Nah, itu tadi adalah beberapa pilihan merek panci yang bagus.

Pastikan untuk mempertimbangkan ukuran, bahan, dan desain yang sesuai dengan kebutuhan Anda saat memilih panci kukus.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Fakta medis diperiksa oleh

Hello Sehat Medical Review Team


Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 09/11/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan