backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

10 Merk Gula Pasir Terbaik untuk Maniskan Hidangan

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 15/08/2023

Berikut adalah daftar produk yang bisa bermanfaat untuk Anda. Perlu diketahui, kami bisa saja mendapatkan sedikit komisi setiap kali Anda membeli produk via link ini. Tenang, tidak ada penambahan biaya. Pelajari lebih lanjut soal konten produk marketing kami di sini.

10 Merk Gula Pasir Terbaik untuk Maniskan Hidangan

Sebagian besar orang menggunakan gula pasir atau gula kristal untuk memberikan rasa manis pada makanan atau minumannya. Untuk mengetahui merk gula pasir yang bagus di pasaran, simak rekomendasi selengkapnya di bawah ini.

Cara kami memilih produk gula pasir yang bagus

jenis gula pasir

Di pasaran, ada gula pasir berwarna kuning dan putih. Meskipun berbeda warna, keduanya terbuat dari pengolahan tanaman tebu (Saccharum officinarum Linn).

Untuk memilih jenis gula pasir yang sesuai dengan kebutuhan Anda, berikut ini penjelasannya.

Gula kuning

Gula pasir kuning juga sering disebut sebagai gula mentah atau raw cane sugar. Pasalnya, gula ini tidak melalui proses penyulingan untuk memisahkan kristal gula dan tetes tebu (molase).

Kandungan molase membuat gula kuning memiliki rasa yang lebih manis dibandingkan dengan gula putih. Banyak orang menyukai gula ini sebagai pemanis teh atau kopi.

Gula putih

Gula pasir putih merupakan gula tebu yang melalui proses penyulingan untuk memisahkan kristal gula dan molase. Jenis gula ini juga disebut sebagai gula rafinasi atau refined sugar.

Rasa manis dari gula putih memang tidak sekuat gula kuning. Gula putih biasanya digunakan pada pembuatan kue atau agar-agar karena tidak akan mengubah warnanya. 

Lantas, apakah gula putih lebih baik daripada gula kuning? Tidak, keduanya punya jumlah kalori dan kandungan gizi yang kurang lebih sama.

Dikutip dari laman U.S. Department of Agriculture, ada 16 kalori (kkal) dalam tiap satu sendok teh atau setara 4 gram (g) gula pasir.

Saat memilih merk gula pasir yang bagus, kami telah melakukan riset dengan membaca ulasan pembeli pada beberapa situs e-commerce di Indonesia.

Kami juga memastikan produk yang kami rekomendasikan di bawah ini aman untuk digunakan karena telah memperoleh izin edar dari BPOM.

10 rekomendasi merk gula pasir terbaik

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi produk gula pasir yang mudah Anda temukan, baik di toko maupun e-commerce favorit Anda.

1. Gulaku Gula Tebu

Siapa yang tidak kenal dengan Gulaku? Merek gula pasir terbaik di Indonesia ini diproduksi dari tanaman tebu segar bermutu baik langsung dari perkebunan.

Gulaku Gula Tebu dalam kemasan warna kuning ini memiliki kandungan 100% gula tebu alami.

Oleh karena itu, merk gula pasir ini memiliki warna agak kuning keemasan. Kebanyakan pembeli memilih produk Gulaku Gula Tebu ini karena rasanya manis alami.

Nomor registrasi BPOM: MD 251408001024

2. Gulaku Gula Tebu Premium

Selain gula pasir kuning, Gulaku juga punya jenis gula pasir putih yang tersedia dalam kemasan warna hijau.

Gulaku Gula Tebu Premium terbuat dari gula tebu asli yang diproses secara higienis dan telah memenuhi standar mutu. Proses ini menghasilkan produk akhir berupa gula yang murni dan bersih.

Berbekal tekstur yang halus dan warna yang lebih bersih, merk gula pasir ini cocok digunakan untuk membuat hidangan, kue, atau agar-agar yang berwarna bening.

Nomor registrasi BPOM: MD 251408044005

3. Rose Brand Gula Kristal Premium

Rose Brand tidak hanya dikenal dengan produk tepung beras berkualitas baik. Merk asli Indonesia ini juga memiliki produk gula pasir yang tidak kalah populer di pasaran.

Rose Brand Gula Kristal Premium adalah produk gula kristal yang terbuat dari tebu pilihan dan telah melalui pengolahan yang higienis.

Gula pasir ini punya tekstur kristal yang halus sehingga lebih cepat larut dalam minuman atau makanan Anda.

Nomor registrasi BPOM: MD 251408002027

4. Food Station Gula Pasir Premium

Food Station Gula Pasir Premium berasal dari tebu pilihan. Selanjutnya, tebu diproses dengan teknologi modern dan dikemas secara higienis sampai ke tangan konsumen.

Produk bahan pokok dari Food Station atau FS ini aman untuk Anda konsumsi karena memiliki label halal MUI, Standar Nasional Indonesia (SNI), dan BPOM.

Nomor registrasi BPOM: MD 251409001559

5. Raja Gula Gula Kristal Putih

Raja Gula Gula Kristal Putih terbuat dari 100% gula tebu murni. Produk gula pasir ini memiliki spesifikasi nilai ICUMSA 250–350 yang membuat warnanya cenderung kekuningan.

Berbekal standar mutu yang tinggi, pemrosesan gula tebu ini menghasilkan produk gula pasir yang murni, bersih, dan manis alami untuk makanan atau minuman Anda.

Produk Raja Gula juga dijamin aman karena memiliki sertifikasi halal MUI, SNI, serta BPOM.

Nomor registrasi BPOM: MD 140267000200050

6. GulaVit Vitamin C+D

GulaVit Vitamin C+D adalah gula pasir yang melalui proses fortifikasi dengan vitamin C dan D.

Tak hanya memberikan rasa manis, setiap bulir kristal dari merk gula pasir ini punya kandungan vitamin yang membantu menjaga kesehatan saluran cerna dan meningkatkan imun tubuh.

Bahkan, produsen mengeklaim bahwa satu sendok makan (13 gram) GulaVit dapat memenuhi 35% Angka Kecukupan Gizi (AKG) vitamin harian yang tubuh butuhkan.

Nomor registrasi BPOM: MD 251428001520

7. GMP Gula Kristal Putih

GMP atau Gunung Madu Plantations memiliki produk gula pasir lokal dengan kualitas premium.

GMP Gula Kristal Putih aman untuk Anda dan keluarga konsumsi karena terbuat dari gula tebu pilihan dan diproses menggunakan teknologi modern.

Produk gula pasir ini mengandung sukrosa alami yang memberikan rasa manis pada hidangan makanan dan minuman kesukaan Anda.

Nomor registrasi BPOM: MD 251408001019

8. Manis Kita Gula Pasir

Badan Usaha Milik Negara atau BUMN memiliki produk gula pasir dengan merek Manis Kita.

Manis Kita Gula Pasir menyediakan gula pasir lokal dengan standar mutu tinggi, terutama untuk kebutuhan sehari-hari dan industri rumahan, seperti katering.

Sebagai merk gula pasir dari BUMN, Manis Kita dibanderol dengan harga terjangkau. Produk ini juga bisa Anda temukan dengan mudah di toko kelontong atau pasar tradisional.

Nomor registrasi BPOM: MD 251409001426

9. PSM Gula Pasir Premium

PSM Gula Pasir Premium adalah merk gula pasir yang bagus dan berasal dari tebu berkualitas. 

Produk gula ini diproses menggunakan teknologi modern dengan standar mutu tinggi sehingga terjamin kebersihan dan keamanannya untuk Anda konsumsi.

Gula pasir dari PSM ini cocok untuk digunakan sebagai bahan masakan dan dapat menambah rasa manis pada minuman kesukaan Anda.

Nomor registrasi BPOM: MD 120867000200055

10. Segi Tiga Emas Gula Pasir

Segi Tiga Emas Gula Pasir adalah gula berkualitas tinggi yang menghadirkan kelezatan alami. 

Diproduksi melalui proses yang memenuhi standar, gula kristal putih ini memiliki kualitas tinggi untuk memberikan rasa manis pada minuman dan makanan Anda.

Produk dari Segi Tiga Emas ini juga telah terjamin berkat sertifikasi halal MUI, SNI, dan BPOM.

Nomor registrasi BPOM: MD 251428029389

Demikian rekomendasi merk gula pasir terbaik yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

Perhatikan juga batas konsumsi gula yang aman, yakni tidak lebih dari 4 sendok makan atau 54 gram per hari berdasarkan rekomendasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Konsumsi gula berlebihan dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan, seperti gula darah tinggi, obesitas, dan diabetes melitus.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Carla Pramudita Susanto

General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 15/08/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan