backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

10 Rekomendasi Mentega Tawar (Unsalted Butter) Terbaik

Fakta medis diperiksa oleh Hello Sehat Medical Review Team


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 4 minggu lalu

10 Rekomendasi Mentega Tawar (Unsalted Butter) Terbaik

Mentega tawar atau unsalted butter merupakan salah satu bahan dasar yang sering digunakan dalam berbagai olahan makanan, terutama kue dan roti. Untuk membantu Anda menemukan merk mentega tawar terbaik, simak rekomendasinya di bawah ini, yuk!

Cara kami memilih produk mentega tawar berkualitas

Mentega adalah sumber lemak yang umumnya berasal dari olahan susu sapi. Salah satu manfaat mentega yang kaya lemak ini ialah memperbaiki sel tubuh yang rusak.

Salah satu produk mentega yang ada di pasaran adalah unsalted butter. Sesuai dengan namanya, jenis mentega ini tidak mengandung garam tambahan.

Hal ini memungkinkan Anda untuk menyesuaikan takaran garam serta mengatur rasa makanan sesuai selera.

Dalam memilih merek unsalted butter yang sesuai dengan kebutuhan, kami mempertimbangkan beberapa hal berikut.

  • Kandungan lemak. Mentega biasanya mempunyai kandungan lemak sekitar 80 persen. Kandungan lemak yang lebih rendah atau tinggi dapat memengaruhi rasa dan tekstur dari produk tersebut.
  • Kombinasi. Beberapa produk mentega dikombinasikan dengan margarin atau mentega dari minyak nabati. Hal ini bertujuan untuk menurunkan kadar lemak jenuh serta melembutkan tekstur dan rasa dari mentega murni.
  • Jenis pakan sapi. Penelitian dalam Nutrition Journal (2010) menunjukkan bahwa mentega dari sapi yang diberikan pakan rumput (grass-fed) mengandung lemak sehat dalam bentuk asam lemak omega-3 dan conjugated linoleic acid (CLA) yang lebih tinggi.

Selain melihat beberapa poin di atas, kami juga melakukan riset seputar merk mentega tawar apa saja yang banyak dipilih dengan membaca ulasan pada situs-situs e-commerce.

Kami juga memastikan bahwa produk yang kami rekomendasikan telah memperoleh izin edar dari Badan POM sehingga aman untuk Anda konsumsi.

10 rekomendasi merk mentega tawar terbaik

Untuk memperkaya cita rasa dan menambah tekstur makanan Anda, berikut ini beberapa merk unsalted butter yang bagus untuk Anda coba.

1. Anchor Pure New Zealand Butter Unsalted

Anchor Pure New Zealand Butter Unsalted terbuat dari krim segar yang berasal dari 100% susu sapi Selandia Baru berkualitas tinggi.

Diproses melalui teknologi yang modern dan higienis, Anchor memastikan bahwa produknya ini aman untuk seluruh anggota keluarga karena bebas bahan pengawet.

Produk mentega tawar premium ini merupakan pilihan sempurna untuk menambah citra rasa berbagai resep masakan, baik yang manis maupun gurih.

Nomor registrasi BPOM: ML 240919000600667

2. Bridel Butter Unsalted

Menggunakan susu dari sapi yang dipelihara di padang rumput di Brittany, Prancis, Bridel Butter Unsalted memberikan mentega tawar dengan rasa yang segar dan alami.

Proses pemeliharaan sapi yang berkualitas sejak tahun 1846 ini dapat memberikan kesan yang lebih murni dan kaya aroma pada produk mentega tawar ini.

Kualitas alami inilah yang menjadikan Bridel Butter Unsalted pilihan utama untuk Anda yang ingin menikmati cita rasa mewah dalam tiap hidangan.

Nomor registrasi BPOM: ML 050919001100227

3. Elle & Vire Unsalted Gourmet Butter

Elle & Vire Unsalted Gourmet Butter adalah mentega murni dengan kadar lemak 82% yang memberikan cita rasa dan aroma yang menggugah selera.

Produk unsalted butter premium yang diproduksi di Normandy, Prancis, ini terbuat dari krim yang dipasteurisasi dari susu sapi berkualitas tinggi dan fermentasi laktat.

Mentega tawar dari Elle & Vire ini dapat digunakan langsung sebagai olesan roti untuk sarapan maupun untuk membuat hidangan gurih dan manis.

Nomor registrasi BPOM: ML 240919009800001

4. Elle & Vire Unsalted Tartine et Cuisine

Untuk Anda yang membutuhkan mentega tawar dengan kadar lemak lebih rendah, Elle & Vire Unsalted Tartine et Cuisine bisa Anda jadikan pilihan.

Dengan kandungan lemak sekitar 60% saja, produk ini banyak direkomendasikan sebagai unsalted butter untuk MPASI yang sesuai dengan kebutuhan si Kecil.

Menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG) dari Kementerian Kesehatan RI, bayi berusia di atas 6 bulan mempunyai kebutuhan lemak harian sebesar 35 gram (g).

Tambahan lemak dalam makanan pendamping ASI ini dapat mendukung perkembangan otak dan menambah berat badan bayi Anda.

Nomor registrasi BPOM: ML 610609226009

5. Arla Unsalted Butter

Arla Unsalted Butter adalah produk mentega murni yang aromatik dengan rasa sedikit asam.

Dihasilkan dari krim dari susu sapi berkualitas terbaik dan tanpa bahan pengawet, produk mentega tawar dari Arla ini dapat memberikan kelezatan dalam masakan Anda.

Untuk menjaga kualitas produk ini dalam waktu lama, simpanlah mentega dalam wadah tertutup.

Anda bisa menyimpan mentega ini pada suhu ruang di bawah 25℃ atau di dalam lemari pendingin dengan suhu 2–5℃.

Nomor registrasi BPOM: ML 240919005300017

6. Westgold Unsalted Butter

Salah satu keunggulan dari Westgold Unsalted Butter terletak pada bahan dasarnya. Susu sapi yang digunakan untuk produk mentega tawar ini berasal dari sapi Selandia Baru.

Susu dari sapi yang bebas mencari makan di padang rumput ini memiliki kandungan asam lemak omega-3 dan conjugated linoleic acid (CLA) yang lebih tinggi.

Bahan dasar tersebut juga menghasilkan warna kuning keemasan dan aroma mentega yang lebih khas pada produk unsalted butter dari Westgold ini.

Nomor registrasi BPOM: ML 610609020409

7. Président Unsalted Butter Bar

Président Unsalted Butter Bar merupakan pilihan sempurna untuk memperkaya hidangan manis dan gurih yang Anda buat.

Dengan tekstur yang lembut dan citra rasa yang kaya, unsalted butter ini akan menambahkan sentuhan istimewa pada roti, steak, hingga tumisan sayuran. 

Harganya yang relatif terjangkau daripada produk sejenis juga membuat Président Unsalted Butter Bar menjadi pilihan yang praktis untuk berbagai kebutuhan.

Nomor registrasi BPOM: ML 610609875008

8. Orchid Butter Unsalted

Orchid Butter Unsalted adalah salah satu contoh produk kombinasi unsalted butter dan margarin yang mudah ditemui di e-commerce maupun toko retail.

Dikemas dalam kardus yang higienis dan lebih kokoh, unsalted butter dari merk ini tetap memiliki kualitas rasa tinggi dengan harga yang lebih murah.

Kombinasi mentega dan margarin dari Orchid juga dilengkapi dengan vitamin A, vitamin D, dan vitamin E tambahan yang baik untuk memenuhi kebutuhan gizi Anda sekeluarga.

Nomor registrasi BPOM: MD 810809066116

9. Lurpak Unsalted Butter

Berproduksi sejak tahun 1901, Lurpak adalah merk mentega asal Denmark yang terkenal akan cita rasa dan kelembutan teksturnya.

Lurpak juga telah menjadi pilihan utama bagi koki profesional dan pencinta masakan di seluruh dunia.

Dibuat dari 100% susu sapi dan tanpa tambahan garam, Lurpak Unsalted Butter ini baik untuk digunakan dalam berbagai kreasi masakan, baik yang dipanggang maupun ditumis.

Nomor registrasi BPOM: ML 610609825134

10. Paysan Breton Unsalted Butter

Paysan Breton Unsalted Butter adalah mentega tradisional asli Prancis yang lezat dengan rasa krim yang khas dan tekstur lembut yang memanjakan lidah.

Susu sapi dari peternakan di Pays de la Loire dan Brittany yang menjadi bahan dasarnya diolah dengan teknologi modern hingga menghasilkan produk unsalted butter yang berkualitas.

Tanpa bahan tambahan pangan, termasuk pewarna, perasa, atau pengawet, mentega tawar ini tentunya aman untuk Anda konsumsi sehari-hari bersama keluarga.

Nomor registrasi BPOM: ML 610609098019

Itu dia beberapa contoh mentega tawar atau unsalted butter terbaik yang bisa Anda coba.

Dengan berbagai variasi kandungan lemak dan harga, tentu Anda dapat memilih merk mentega tawar seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Fakta medis diperiksa oleh

Hello Sehat Medical Review Team


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 4 minggu lalu

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan