backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

10 Rekomendasi Merk Agar-Agar yang Enak dan Tinggi Serat

Fakta medis diperiksa oleh Hello Sehat Medical Review Team


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 4 minggu lalu

10 Rekomendasi Merk Agar-Agar yang Enak dan Tinggi Serat

Siapa yang tidak suka agar-agar? Camilan dengan tekstur kenyal dan lembut ini kerap dijadikan sebagai camilan dengan rasa yang lezat. Dengan banyaknya merk agar-agar di pasaran, Anda mungkin bingung memilihnya. Yuk, simak beberapa rekomendasinya di sini!

Cara kami memilih produk agar-agar berkualitas

Rasanya yang menyegarkan dan teksturnya yang lembut membuat agar-agar disukai oleh berbagai kalangan, baik anak-anak, orang dewasa, dan bahkan lansia.

Sebagai makanan tinggi serat, manfaat utama agar-agar bagi kesehatan yakni membantu melancarkan buang air besar dan menurunkan berat badan.

Produk agar-agar instan yang tersedia di pasaran dapat memiliki label yang berbeda-beda, tergantung bahan dasarnya. Berikut adalah beberapa jenis agar-agar instan yang mungkin Anda temui.

  • Agar-agar: terbuat dari rumput laut atau alga merah, terutama dari kelompok Gracilaria. Tekstur agar-agar cenderung renyah, garing, dan lebih padat.
  • Jeli (jelly): berasal dari konjak (konnyaku), yaitu sejenis umbi yang juga dikenal sebagai porang atau iles-iles. Tesktur dari makanan ini umumnya lebih lembut dan kenyal.
  • Puding: terbuat dari campuran agar-agar atau jeli dengan bahan lain, seperti telur dan susu, sehingga memiliki tekstur lembut dan rasa yang lebih creamy.

Di samping itu, kami juga telah melakukan riset seputar merk agar-agar yang banyak disukai banyak kalangan dengan membaca ulasan pada situs-situs e-commerce.

Kami juga memastikan bahwa produk yang kami rekomendasikan telah mendapatkan izin edar dari Badan POM sehingga aman untuk Anda konsumsi.

10 rekomendasi merk agar-agar terbaik

Produk agar-agar instan hadir dalam berbagai varian rasa yang bisa dipilih sesuai selera Anda. Untuk menyajikannya, Anda cukup membaca petunjuk yang tertera pada kemasan. 

Berikut ini adalah sejumlah rekomendasi merk agar-agar terbaik yang bisa Anda jadikan pilihan camilan sehat di rumah.

1. Swallow Globe Agar-Agar Powder

Siapa yang tidak kenal dengan merk agar-agar legendaris ini? Swallow Globe diklaim sebagai pelopor produk tepung agar-agar di Indonesia yang hadir sejak tahun 1971.

Terbuat dari rumput laut berkualitas, Swallow Globe Agar-Agar Powder bisa dijadikan sebagai makanan tinggi serat yang baik untuk kesehatan pencernaan.

Swallow Globe tersedia dalam lima pilihan warna, yaitu merah, hijau, putih, coklat, dan kuning.

Produk ini cocok bagi Anda yang ingin melakukan diet jeli karena rendah kalori dan tidak mengandung gula tambahan.

Nomor registrasi BPOM: MD 318531018106

2. Nutrijell Plain

Dibandingkan dengan macam-macam merk agar-agar lainnya, Nutrijell Plain terbilang sebagai salah satu pilihan agar-agar yang aman untuk bayi.

Pasalnya, produk ini memiliki rasa tawar dan tidak mengandung gula tambahan sehingga pas untuk dicampurkan ke dalam menu makanan pendamping ASI alias MPASI bayi.

Menurut Harvard School of Public Health, agar-agar yang berasal dari rumput laut tinggi serat, polifenol, dan asam lemak omega-3 sehingga baik untuk proses tumbuh-kembang si Kecil.

Nomor registrasi BPOM: MD 043127003100019

3. Dunia Rajawali Agar-Agar Bubuk

Dunia Rajawali Agar-Agar Bubuk merupakan produk tepung agar-agar dengan tambahan perisa vanila yang memberikan aroma dan cita rasa yang khas.

Teksturnya yang padat dan renyah membuat merk agar-agar ini banyak dijadikan rekomendasi campuran hidangan, seperti puding atau es buah.

Produk agar-agar ini hadir dalam berbagai pilihan warna, seperti putih, merah, cokelat, serta hijau.

Nomor registrasi BPOM: MD 618528058066

4. Mom’s Recipe Silky Pudding Chocolate

Mom’s Recipe Silky Pudding Chocolate adalah bubuk pudding instan yang praktis untuk dibuat.

Anda hanya perlu mencampurkan bubuk puding dengan 500 ml air, lalu rebus hingga mendidih, tuang ke dalam cetakan, dan dinginkan sampai mengeras.

Bukan hanya praktis, merk agar-agar ini terbuat dari bahan-bahan yang sehat dan berkualitas tinggi, seperti tepung konjak, karagenan, susu skim, krimer nabati, dan cokelat bubuk.

Mom’s Recipe Silky Pudding juga hadir dalam berbagai varian rasa, seperti alpukat, persik, taro, leci, biskuit, dan permen karet.

Nomor registrasi BPOM: MD 804931335020

5. Agarpac Rasa Jahe

Terbuat dari rumput laut murni, Agarpac Rasa Jahe merupakan sumber serat yang praktis.

Dengan rasa jahe yang hangat dan menenangkan lambung, minuman agar-agar ini dapat Anda seduh langsung dengan air hangat atau dicampur dalam minuman lain, seperti teh.

Satu bungkus Agarpac mengandung sekitar 2 g serat pangan. Anda dianjurkan untuk minum minuman ini dua kali sehari untuk memenuhi asupan serat harian.

Nomor registrasi BPOM: MD 867009106019

6. FOX’S Instant Pudding Strawberry

Jika Anda tidak punya banyak waktu untuk menyalakan kompor dan memasak puding, FOX’S Instant Pudding Strawberry bisa Anda coba.

Untuk menghasilkan puding dengan tekstur lembut alias silky ini, Anda cukup menyeduk bubuk puding dengan air panas, lalu biarkan hingga dingin dan mengeras.

FOX’S Instant Pudding Strawberry lebih enak bila disajikan dalam kondisi dingin untuk dinikmati sendiri maupun saat berkumpul dengan teman dan keluarga.

Nomor registrasi BPOM: MD 243111002600097

7. Haan Pudding Mango

Haan dikenal memiliki varian produk instan yang punya cita rasa lezat dan mewah. Salah satu produk yang banyak direkomendasikan adalah Haan Pudding Mango.

Merk agar-agar ini punya rasa yang manis tanpa memerlukan tambahan gula. Tidak hanya itu, puding ini juga sangat terasa mangga dan susunya.

Haan Pudding Mango hadir dalam kemasan pouch yang praktis dan mudah dibawa. Produk ini cocok Anda jadikan makanan pencuci mulut kapan pun dan di mana pun.

Nomor registrasi BPOM: MD 204931177028

8. Agarasa Melon

Agarasa Melon menghadirkan cita rasa melon dengan sensasi segar serta aroma sedap untuk Anda nikmati sebagai camilan di kala senggang.

Tidak hanya itu, tekstur lembut dan kenyal dari Agarasa ini berasal dari rumput laut yang berkualitas.

Untuk menyajikan Agarasa Melon, Anda cukup masukkan tepung agar-agar dan gula ke dalam air, selanjutnya aduk rata dan panaskan hingga mendidih.

Lalu, tuangkan ke dalam cetakan lalu tunggu dingin dan mengeras. Selain rasa melon, Agarasa juga terseda dalam rasa cokelat, stroberi, dan vanila.

Nomor registrasi BPOM: MD 618531195020

9. Kristal Agar Lychee

Rekomendasi merk agar-agar terbaik lainnya adalah Kristal Agar Lychee. Produk ini menggabungkan tepung dari rumput laut dan umbi konjak di dalamnya.

Perpaduan ini menghasilkan camilan kaya serat yang punya tekstur garing, tetapi tetap kenyal.

Selain rasa buah leci yang menyegarkan, Kristal Agar juga memiliki enam varian rasa lainnya, yaitu jeruk, stroberi, nanas, cokelat, dan tawar (plain).

Nomor registrasi BPOM: MD 618509086019

10. Pondan Pudding Mix Vanilla

Pondan Pudding Mix Vanilla cocok dijadikan makanan ringan dalam berbagai momen, misalnya kumpul-kumpul bersama teman atau keluarga besar.

Untuk menyajikannya, Anda cukup memasukkan Pondan Pudding Mix Vanilla ke dalam 500 ml air mendidih dan aduk rata. Tuang dalam cetakan, lalu biarkan hingga dingin dan mengeras.

Produk ini juga praktis karena sudah menyediakan saus fla di dalamnya. Cukup seduh dengan air panas dan sajikan dengan puding Anda.

Nomor registrasi BPOM: MD 804931040018

Itu dia rekomendasi merek agar-agar terbaik yang tinggi serat dan baik untuk kesehatan Anda.

Selalu baca dengan cermat komposisi serta informasi nilai gizi pada kemasan produk sebelum mengonsumsinya. Jangan menambahkan gula terlalu banyak agar camilan ini lebih sehat.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.



Fakta medis diperiksa oleh

Hello Sehat Medical Review Team


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 4 minggu lalu

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan