backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

Mengenal Arti An Apple a Day Keeps the Doctor Away

Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan · General Practitioner · None


Ditulis oleh Dwi Ratih Ramadhany · Tanggal diperbarui 14/03/2023

Mengenal Arti An Apple a Day Keeps the Doctor Away

Ungkapan an apple a day keeps the doctor away dianggap sebagai pengingat akan pentingnya manfaat apel. Ini artinya, makan sebuah apel setiap hari dapat membantu tubuh Anda agar tetap sehat, sehingga tidak perlu berobat ke dokter.

Namun, dari mana ungkapan ini berasal dan bagaimana penjelasan medisnya?

Asal ungkapan an apple a day keeps the doctor away

Ungkapan an apple a day keeps the doctor away yang artinya makan satu apel setiap hari sebenarnya berasal dari negara Wales di Eropa.

Menurut studi dalam JAMA Internal Medicine (2015), ungkapan ini pertama kali muncul pada tahun 1866 dengan istilah yang berbeda, yaitu “Eat an apple on going to bed and you’ll keep the doctor from earning his bread“.

Maknanya tidak jauh berbeda, makan apel setiap sebelum tidur akan membantu Anda terhindar dari masalah kesehatan yang memerlukan perawatan dokter. 

Pada tahun 1913, ungkapan tersebut muncul dengan versi terbaru seperti yang disebutkan di awal.

Ungkapan ini didasarkan pada kandungan gizi pada apel yang kaya akan serat, vitamin, mineral, dan sejumlah senyawa antioksidan lainnya.

Dengan rutin mengonsumsinya setiap hari, timbul anggapan bahwa kesehatan akan lebih terjaga, sehingga Anda jadi tidak perlu sering ke dokter karena sakit.

Apakah benar baik untuk kesehatan?

Sebenarnya, studi tentang an apple a day keeps the doctor away tidak menemukan kaitan langsung antara efek makan apel setiap hari dengan berkurangnya frekuensi kunjungan ke dokter.

Pasalnya, makan apel saja tidak cukup untuk membuat Anda sehat secara keseluruhan tanpa diimbangi dengan pola makan sehat dan olahraga tepat.

Meskipun begitu, memasukkan apel ke dalam menu harian Anda memang dapat memberikan manfaat pada beberapa aspek kesehatan.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, apel kaya akan zat gizi yang diperlukan oleh tubuh.

Artinya, Anda yang menjalankan pola hidup sehat disertai mengonsumsi apel setiap hari, mungkin berpotensi mendapatkan manfaat berikut ini.

1. Kesehatan jantung terjaga

buah sehat apel

Riset dalam jurnal Nutrients (2015) menemukan adanya hubungan antara sering mengonsumsi apel dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular.

Hal ini dikarenakan apel kaya akan sumber polifenol dan serat yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat di tubuh dan berdampak pada jantung.

Dengan begitu, an apple a day keeps the doctor away dapat membantu Anda terhindar dari perawatan dokter karena penyakit ini.

2. Berat badan terkendali

Buah apel mengandung serat dan air yang cukup tinggi. Ini tidak hanya akan membantu menjaga pencernaan, tapi juga membuat Anda lebih cepat kenyang.

Dengan begitu, Anda tidak akan mudah tergiur untuk makan terlalu banyak dan berat badan jadi lebih terkendali.

3. Terhindar dari risiko kanker

telementoring program kanker nasional

Kandungan senyawa fitonutrien pada buah apel seperti antosianin memiliki sifat antikarsinogenik yang bermanfaat untuk menurunkan risiko terkena kanker.

Senyawa ini bekerja dengan cara mengikat radikal bebas, mengaktifkan sistem detoks alami tubuh, dan menghambat perkembangan sel kanker.

4. Risiko terkena diabetes menurun

Seperti yang Anda ketahui, pasien diabetes tipe 2 biasanya memiliki kadar gula darah yang cenderung tinggi.

Dengan mengikuti ungkapan an apple a day keeps the doctor away, Anda dapat terhindar dari risiko ini.

Pasalnya, selain untuk menurunkan kolesterol, serat pada buah apel dapat membantu mengendalikan kadar gula dalam darah.

5. Memelihara kesehatan tulang

Kalium dan zat besi merupakan jenis mineral yang terkandung dalam sebuah apel. Mineral ini berperan penting dalam menjaga kekuatan dan kepadatan tulang. 

Kandungan antioksidan pada apel juga dapat membantu menjaga massa tulang seiring bertambahnya usia.

Adakah efek makan apel setiap hari?

manfaat dan kandungan gizi buah apel

Mengikuti ungkapan makan apel setiap hari akan mencegah kunjungan ke dokter sebenarnya tidak membahayakan kesehatan Anda secara langsung.

Namun, apa pun yang dikonsumsi secara berlebihan, biasanya akan menyebabkan beberapa efek samping yang merugikan.

Menambah asupan serat terlalu banyak dalam waktu singkat  juga dapat menyebabkan gejala masalah pencernaan seperti produksi gas berlebih dan sakit perut.

Selain itu, buah apel merupakan salah satu buah sumber karbohidrat.

Meskipun ini bukan masalah bagi kebanyakan orang, mereka yang mengikuti diet karbo atau ketogenik mungkin perlu mengatur asupannya.

Ungkapan an apple a day keeps the doctor away mungkin bukan hal yang bisa dipastikan kebenarannya. Namun, Anda tetap bisa mendapatkan manfaat kesehatan dengan mengonsumsi apel secukupnya.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Andreas Wilson Setiawan

General Practitioner · None


Ditulis oleh Dwi Ratih Ramadhany · Tanggal diperbarui 14/03/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan