home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Apakah Efektif Melakukan Diet "Puasa Nabi Daud"?

Apakah Efektif Melakukan Diet "Puasa Nabi Daud"?

Ada beragam program diet yang katanya bisa menurunkan berat badan. Salah satunya ini alternate day fasting (ADF) atau yang lebih dikenal dengan julukan diet puasa Nabi Daud. Dari segi medis, apakah pola makan ini sehat untuk dilakukan?

Bagaimana cara melakukan diet puasa ala Nabi Daud?

menurunkan berat badan pada penderita diabetes

Diet puasa Nabi Daud adalah nama lain dari alternate day fasting (ADF) di mana Anda puasa berselang sehari.

Sebenarnya, alternate day fasting termasuk bagian dari diet puasa (intermittent fasting). Anda memang diharuskan melakukan puasa untuk menurunkan berat badan Anda.

Jika puasa Nabi Daud merupakan anjuran dalam agama Islam, tujuan metode ADF yakni menurunkan berat badan. Anda tidak harus terus-terusan berpuasa karena programnya dilakukan secara berselang-seling hari.

Misalnya, hari ini Anda memutuskan untuk melakukan diet, maka esok harinya Anda tak perlu berpuasa. Anda harus kembali puasa pada esok lusa, dan begitu seterusnya.

Saat Anda berpuasa, kalori yang masuk ke dalam tubuh tak lebih dari 1.000 kalori. Sementara, keesokan harinya Anda bisa makan seperti biasa, bahkan mengonsumsi apa pun yang Anda sukai.

Banyak yang memilih melakukan diet puasa Nabi Daud karena dianggap lebih mudah dan tak terlalu ketat.

Apakah diet puasa Nabi Daud bisa menurunkan berat badan?

Saat melakukan diet ini, berat badan akan perlahan-lahan turun karena pembatasan asupan kalori Anda. Hal ini bahkan telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada jurnal The JAMA Internal Medicine.

Penelitian ersebut melibatkan sebanyak 100 orang yang memiliki kondisi obesitas. Hasilnya, peserta yang melakukan pola makan ini sukses menurunkan berat badannya.

Selain itu, pada penelitian lainnya diketahui bahwa cara diet alternate day fasting juga dapat mencegah terkena penyakit jantung dan beberapa penyakit kronis lainnya.

Apa kekurangan pola makan ini?

Meskipun mudah dilakukan, para ahli menyatakan bahwa cara diet ini tak begitu ampuh menurunkan berat badan dengan cepat daripada diet ‘tradisional’ alias dengan cara membatasi kalori yang masuk ke tubuh.

Diet puasa Nabi Daud tidak akan membuat Anda membentuk kebiasaan makan yang baru dan sehat. Anda hanya harus menahan lapar selama sehari, sementara keesokan harinya Anda bebas untuk makan apa pun yang Anda sukai.

Justru kelonggaran yang menjadi salah satu prinsip diet ini membuat kalori yang masuk tak terkendali dan Anda cenderung melakukan ‘balas dendam’ setelah hari sebelumnya berpuasa.

Lalu, apa yang terjadi pada akhirnya? Berat badan mungkin akan turun pada awalnya, tapi Anda kemungkinan besar akan mengalami efek yoyo. Efek yoyo yaitu kenaikan berat badan yang tak terkendali pada kemudian hari.

Apakah ada cara lain untuk menurunkan berat badan?

Bila alternate day fasting dirasa kurang cocok untuk pola makan Anda, cara termudah untuk menurunkan berat badan yaitu mengontrol asupan kalori harian.

Yang perlu diperhatikan dalam melakukan pola makan sehat yakni mengendalikan kalori yang masuk tapi tetap memiliki jadwal makan yang teratur.

Penyebab berat badan berlebihan yaitu konsumsi kalori yang terlalu banyak. Hal ini bisa terjadi karena kebiasaan dan nafsu makan yang tak terkontrol.

Oleh karena itu, cara terbaik dalam menurunkan berat badan yakni dengan membatasi asupan kalori yang masuk dan konsisten untuk terus mengonsumsi makanan yang sehat. Penting juga untuk melakukan olahraga (aktivitas fisik) secara rutin.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Medscape. (2017). Same Weight Loss With Alternate-Day Fasting vs Cutting Calories . [online] Available at: http://www.medscape.com/viewarticle/879329  [Accessed 10 Jul. 2017].

Nhs.uk. (2017). Alternate-day fasting diets ‘no better’ than traditional dieting – Health News – NHS Choices. [online] Available at: http://www.nhs.uk/news/2017/05May/Pages/Alternate-day-fasting-diets-no-better-than-traditional-dieting.aspx  [Accessed 10 Jul. 2017].

Healthline. (2017). Does the Alternate Day Fast Really Work?. [online] Available at: http://www.healthline.com/health-news/does-alternate-day-fasting-really-work#8  [Accessed 10 Jul. 2017].

Adda Bjarnadottir, M. (2016). Alternate-Day Fasting – A Comprehensive Beginner’s Guide. [online] Authority Nutrition. Available at: https://authoritynutrition.com/alternate-day-fasting-guide/  [Accessed 10 Jul. 2017].

Webmd.boots.com. (2017). [online] Available at: http://www.webmd.boots.com/diet/features/is-fasting-good-for-your-health?page=2  [Accessed 10 Jul. 2017].

 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Nimas Mita Etika M Diperbarui 28/04/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x