backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

10 Rekomendasi Buku Self Improvement Best Seller, Wajib untuk Dibaca

Fakta medis diperiksa oleh Hello Sehat Medical Review Team


Ditulis oleh Adhenda Madarina · Tanggal diperbarui 4 minggu lalu

10 Rekomendasi Buku Self Improvement Best Seller, Wajib untuk Dibaca

Membaca buku bisa jadi salah satu upaya untuk menggali potensi untuk mengembangkan diri agar tidak berada dalam kehidupan yang itu-itu saja. Namun, tidak semua buku dapat memotivasi untuk jadi pribadi yang lebih baik. Yuk, simak ulasan rekomendasi buku self improvement terbaik berikut ini.

Cara memilih buku self improvement terbaik

Sesuai namanya, buku self improvement bertujuan untuk mendorong pembacanya dalam memahami diri sendiri. 

Mengutip situs MHFA England, membaca buku self improvement sedikitnya enam menit setiap hari dapat menurunkan tingkat stres hingga 60%.

Sementara itu, secara fisik membantu mengurangi detak jantung kita, meredakan ketegangan otot, dan menenangkan pikiran.

Bahkan, membaca buku pengembangan diri dapat menginspirasi 27% pembaca di Inggris untuk melakukan perubahan positif dalam hidup mereka, termasuk termotivasi untuk lebih menjaga kesehatannya.

Adapun hal yang penting yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih buku pengembangan diri yakni pastikan mencari bahasa yang mudah Anda mudah mengerti.

Apabila Anda ingin melatih cara berpikir dan hidup tenang dapat memilih buku pengembangan diri tentang mindfulness.

Selain itu, pertimbangkan buku yang mengadaptasi nilai-nilai wisdom Korea atau Jepang yang biasanya telah teruji berabad-abad.

Rekomendasi buku self improvement terbaik 

manfaat membaca buku fiksi

Membaca buku self improvement bisa jadi solusi untuk yang sering overthinking. Pasalnya, sejumlah buku dapat memberikan pengaruh terhadap diri sendiri agar kualitas hidupnya semakin meningkat. 

Kalau Anda cari buku self improvement terbaik, kami memiliki rekomendasinya untuk Anda berikut ini.

1. Atomic Habits

Banyak orang yang bilang kalau perubahan besar sering kali diawali dengan langkah-langkah kecil. Namun, tak jarang merasa bingung langkah kecil apa saja yang harus dilakukan dan diambil.

Apabila Anda sedang mengalami kondisi tersebut, baca rekomendasi buku self improvement berjudul “Atomic Habits” bisa jadi jawabannya.

Bahkan berbagai cerita tokoh terkemuka dan ilmuwan yang dapat menginspirasi hadir dalam buku ini. 

Dengan membaca buku ini, Anda juga akan mendapatkan tips menarik seputar kebiasaan kecil jadi lebih bermanfaat.

2. Aku Bukannya Menyerah, Hanya Sedang Lelah

Sebagai manusia, Anda pasti pernah merasa lelah, tak berdaya, dan merasa bersalah dalam diri. Terkadang, ada banyak hal yang sudah Anda usahakan dengan keras hasilnya tidak berjalan sesuai harapan.

Tenang, buku berjudul “Aku Bukannya Menyerah, Hanya Sedang Lelah” ini dapat memberikan sedikit pemikiran yang baik tentang diri Anda sendiri.

Salah satu buku self improvement terbaik ini ditulis berdasarkan pengalaman sang penulis sendiri, yakni Geulbaewoo.

Harapannya, setelah membaca buku ini, Anda yang lelah bisa sedikit beristirahat dan bisa menemukan hal yang disukai.

3. Duduk Dulu Jangan Lupa Jadi Manusia

“Duduk Dulu Jangan Lupa Jadi Manusia” termasuk rekomendasi buku self improvement yang best seller dan wajib Anda baca. 

Buku ke-8 karya dari Syahid Muhammad ini menceritakan tentang seseorang yang perlu duduk sejenak, bernafas, dan mengingat kalau dirinya hanya manusia biasa yang memiliki kekurangan serta berbagai macam emosi yang terbentuk dari pengalaman. 

Anda juga perlu menerima dan mengendalikan emosi diri sendiri, seperti marah, sedih, bahagia, dan sebagainya.

Selain itu, buku ini cocok dibaca dalam suasana hati apapun atau saat sore hari sambil bersantai karena bahasanya yang ringan.

4. The Psychology of Money

Sedang mengalami kecemasan berlebih seputar kondisi keuangan? Salah satu rekomendasi buku self improvement best seller ini cocok untuk dibaca oleh siapa saja yang ingin mengelola uang dengan lebih baik.

Ternyata kesuksesan mengelola keuangan tidak melulu soal rumus, kadang ada hal yang tidak Anda ketahui termasuk cara berperilaku dapat berpengaruh.

Bahkan, seorang genius yang kehilangan kendali atas emosinya bisa mengalami bencana keuangan.

Sebaliknya, orang biasa tanpa pendidikan finansial bisa kaya jika mereka punya sejumlah keahlian terkait perilaku yang tak berhubungan dengan ukuran kecerdasan formal.

Dalam The Psychology of Money, penulis pemenang penghargaan, Morgan Housel juga akan membagikan 19 cerita pendek yang mengeksplorasi cara-cara aneh orang berpikir tentang uang. 

5. Mindset Self Theories

Buku berjudul “Mindset Self Theories:” sudah terbukti telah mengubah cara orang melihat dunia dan kesuksesan hidup di berbagai belahan dunia. 

Tak heran, jika buku pengembangan diri ini bertengger jadi best seller di Amazon sejak 13 tahun lalu hingga sekarang.

Menariknya, buku ini mengontraskan dengan apik tokoh-tokoh dunia, baik di bidang musik, sastra, sains, olahraga, dan bisnis yang berpola pikir tetap (fixed mindset) dan berpola pikir tumbuh (growth mindset). 

6. The Things You Can See Only When You Slow Down

“The Things You Can See Only When You Slow Down” merupakan buku pengembangan diri karya seorang guru meditasi Buddhis terkenal yang lahir di Korea dan dididik di Amerika Serikat, yakni Haenim Sunim.

Buku terlaris dengan berjuta-juta salinan menceritakan tentang jalan menuju kedamaian batin dan keseimbangan di tengah banyaknya tuntutan kehidupan sehari-hari.

Selain itu, Haenim Sunim juga menekankan pentingnya menjalin hubungan yang lebih dalam dengan orang lain dan berbelas kasih serta memaafkan terhadap diri sendiri. 

Buku self improvement ini wajib dibaca khususnya bagi Anda yang saat ini tengah merasa sedih, bingung, takut, dan tertekan dengan kehidupan.

7. IKIGAI 

Rekomendasi buku self improvement selanjutnya adalah IKIGAI karya Hector Gracia dan Francesc Miralles.

Buku ini merupakan hasil penelitian terhadap rahasia hidup orang Jepang dengan rata-rata usia di atas 100 tahun (centenarian) yang tinggal di Zona Biru.

Mereka selalu bangun di pagi hari dengan semangat dan aktif bekerja di bidang yang mereka sukai sampai tua tanpa benar-benar “pensiun”.

Tak heran, jika buku IKIGAI ini bisa jadi inspirasi bagi Anda untuk selalu semangat dalam menjalani hidup.

8. How to Win Friends & Influence People

How to Win Friends & Influence People termasuk salah satu buku terlaris sepanjang masa tentang self improvement. 

Diketahui, nasihat-nasihat sang penulis yakni Dale Carnegie terbukti telah membawa banyak orang mendaki tangga kesuksesan dalam kehidupan pribadi dan bisnis. 

Harapannya, orang-orang yang membaca buku ini dapat memiliki relasi dan bersoalisasi lebih lagi.

9. The 7 Habits Of Highly Effective People

Buku self improvement berjudul “The 7 Habits of Highly Effective People” karya Stephen R. Covey yang pertama kali diterbitkan pada tahun 1989.

Buku ini mengajarkan prinsip-prinsip dasar untuk meningkatkan efektivitas pribadi dan profesional. 

Bahkan buku ini telah terjual lebih dari 30 juta kopi dan telah diterjemahkan ke dalam 38 bahasa, termasuk bahasa Indonesia. 

Keunggulan buku karya Stephen R. Covey ini terletak pada pendekatannya yang berfokus pada perubahan paradigma dan pengembangan kebiasaan yang efektif untuk mencapai kesuksesan dengan keluar dari zona nyaman.

10. Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat

Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat adalah buku fenomenal yang menjadi panduan pengembangan diri saat ini. 

Isinya sangat relevan dan kontekstual dengan fenomena-fenomena sosial zaman ini. Mengingat, saat ini banyak orang mudah terseret arus konsumerisme, gemar mencari validasi semu, dan sering merasa kesepian di tengah hingar bingar dunia.

Buka karya Mark Manson ini hadir dengan sampul yang ringan dan kemasan yang lebih dinamis, serta enak digenggam. 

Tentunya, akan memudahkan Anda untuk membawanya dalam perjalanan. Bahkan, Anda bisa leluasa untuk membacanya di taman, cafe, stasiun, atau di tempat umum lainnya. 

Demikian rekomendasi buku self improvement yang terbaik dan wajib Anda baca. Nah, kira-kira kalau ada waktu luang Anda tertarik untuk membaca buku yang mana?

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Fakta medis diperiksa oleh

Hello Sehat Medical Review Team


Ditulis oleh Adhenda Madarina · Tanggal diperbarui 4 minggu lalu

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan