backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan
Konten

Ciri Bahasa Cinta Receiving Gifts dan Cara Mengungkapkannya

Ditinjau secara medis oleh dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa · General Practitioner · Universitas La Tansa Mashiro


Ditulis oleh Nabila Azmi · Tanggal diperbarui seminggu yang lalu

Ciri Bahasa Cinta Receiving Gifts dan Cara Mengungkapkannya

Receiving gifts merupakan salah satu dari lima love languages alias bahasa cinta yang dijelaskan oleh Gary Chapman dalam konsep “The 5 Love Languages”. Uniknya, bahasa cinta ini kerap dikaitkan dengan sifat matrealistis karena berkaitan dengan pemberian dan penerimaan hadiah. Namun, benarkah demikian?

Apa itu receiving gifts?

Receiving gifts adalah bahasa cinta yang diungkapkan melalui pemberian atau penerimaan hadiah.

Dalam konteks ini, mereka yang senang menerima hadiah tidaklah semata-mata memiliki sifat materialisme atau mengukur nilai cinta dengan barang-barang mahal.

Lebih dari itu, love language ini adalah tentang memberikan dan menerima sesuatu dengan penuh perhatian dan makna sebagai bentuk ekspresi cinta dan kasih sayang.

Receiving gifts bukan hanya sekadar memberi atau menerima barang fisik, tetapi juga mengandung makna dan perasaan yang mendalam. 

Saat seseorang menerima hadiah dari pasangannya, hal itu bisa membuatnya merasa dihargai, dicintai, dan diperhatikan.

Begitu pula sebaliknya, saat memberikan hadiah, seseorang menyampaikan pesan bahwa mereka memikirkan dan peduli terhadap pasangannya. 

Ciri-ciri love language receiving gifts

pria romantis

Bagaimana cara mengetahui apakah receiving gifts merupakan love language seseorang? Berikut adalah beberapa ciri-ciri yang bisa membantu Anda mengenalinya, dilansir dari situs Simply Psychology.  

1. Menghargai setiap hadiah

Bagi Anda, hadiah bukan sekadar benda, melainkan simbol kasih sayang dan perhatian dari pasangan. Bahkan hadiah kecil sekalipun bisa sangat berarti untuk Anda.

2. Merasa bahagia dan dihargai

Penerima hadiah dengan love language ini akan merasa sangat bahagia dan dihargai setiap kali menerima sesuatu. Anda melihat hadiah sebagai bukti nyata bahwa Anda penting di mata pasangan.

3. Menginginkan sentuhan personal

Bagi Anda, hadiah yang memiliki sentuhan pribadi atau memiliki makna khusus memiliki nilai yang lebih besar daripada hadiah mahal.

Anda lebih menghargai hadiah yang menunjukkan bahwa pasangan Anda benar-benar memperhatikan dan memahami diri Anda.

4. Ekspresi cinta

Bagi orang-orang dengan love language ini, memberi atau menerima hadiah merupakan cara mereka untuk mengekspresikan dan menerima cinta.

Cara ini bertujuan untuk menyampaikan perasaan kasih sayang dan kepedulian yang mendalam, baik sebagai pemberi maupun penerima hadiah. 

5. Menerima surprise dengan senang hati

Orang dengan love language satu ini akan sangat menyukai kejutan. Anda yang memilikinya mungkin merasa dihargai dan dicintai ketika pasangan memberikan hadiah secara tidak terduga.

Bahkan, hadiah-hadiah acak sekalipun akan membuat Anda merasa lebih dekat dan terhubung dengan pasangan. 

Tips melakukan love language receiving gifts

Jika Anda menyadari bahwa pasangan Anda memiliki receiving gifts sebagai bahasa cintanya, berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda.

1. Perhatikan detailnya

Perhatikan hal-hal kecil yang diinginkan atau diinginkan oleh pasangan Anda dan berikan hadiah secara tiba-tiba. Hal-hal kecil ini bisa sangat berarti bagi mereka.

Sebagai contoh, Anda bisa membawa pulang makanan favorit pasangan setelah bekerja atau memberikan buket bunga pada hari-hari yang tidak biasa.

2. Tambahkan sentuhan personal

Buat hadiah Anda lebih bermakna dengan menambahkan sentuhan personal, seperti pesan pribadi atau kenangan bersama.

Misalnya, Anda bisa menyisipkan kartu ucapan yang ditulis tangan atau menyertakan foto kenangan dalam rangkaian hadiah.

3. Berikan kejutan

Berikan hadiah secara tidak terduga untuk mengejutkan pasangan Anda dan membuatnya merasa dihargai dan dicintai.

Kejutan tersebut bisa berupa hadiah kecil yang muncul di tempat-tempat yang tidak terduga. Anda juga bisa mengajak pasangan liburan atau trip yang mereka awalnya tidak tahu. 

4. Berkomunikasi dengan jujur

Terbukalah tentang preferensi dan harapan pasangan Anda terkait dengan receiving gifts. Ajukan pertanyaan dan dengarkan dengan seksama apa yang mereka sukai atau tidak sukai dalam menerima hadiah.

Ini akan membantu Anda memberikan hadiah yang lebih bermakna dan sesuai dengan keinginan mereka.

Manfaat memberi hadiah untuk hubungan

proses kehamilan

Mencoba menerapkan love language receiving gifts dalam hubungan bisa memberikan efek terhadap kualitas hubungan. Berikut adalah beberapa efek yang bisa Anda rasakan. 

1. Menguatkan keterikatan emosional

Saat Anda secara konsisten memberikan hadiah yang bermakna dan penuh perhatian, pasangan Anda merasa dihargai, dicintai, dan diperhatikan.

Artinya, bahasa cinta receiving gifts akan membentuk ikatan emosional yang kuat di antara Anda berdua.

2. Membantu memahami pasangan dalam berkomunikasi

Proses memperhatikan preferensi dan keinginan pasangan dalam memilih hadiah membuka pintu untuk komunikasi yang lebih terbuka dan jujur.

Anda akan belajar lebih banyak tentang apa yang membuat pasangan merasa bahagia dan dicintai.

3. Membangun kepercayaan dan keterbukaan 

Dengan memberikan dan menerima hadiah yang bermakna, Anda membangun rasa kepercayaan dan keterbukaan dalam hubungan.

Pasangan Anda akan merasa nyaman dan percaya bahwa Anda peduli terhadapnya, sehingga memperkuat fondasi hubungan yang stabil dan harmonis.

4. Menambah keintiman

Hadiah-hadiah yang diberikan sebagai bentuk ekspresi cinta dan perhatian dapat meningkatkan kualitas intimasi dalam hubungan. 

Pasangan Anda merasa lebih terhubung secara emosional dan mendapatkan kepuasan yang lebih dalam dalam hubungan. Hal ini dapat meningkatkan keintiman fisik dan emosional di antara Anda berdua.

5. Membangun kenangan yang berharga

​​Setiap hadiah yang diberikan dalam konteks bahasa cinta ini akan menciptakan kenangan yang berharga bagi Anda dan pasangan.

Kenangan-kenangan ini menjadi bagian penting dari narasi romantis hubungan Anda dan memperkaya pengalaman hidup bersama. 

Memahami konsep love language ternyata bisa menjadi salah satu cara memperkuat hubungan dengan pasangan. Ini bisa dilakukan dengan memberi hadiah yang bermakna.

Jangan lupa, hal terpenting dalam memberi dan menerima hadiah adalah nilai emosional dan maknanya bagi pasangan.

Kesimpulan

Receiving gifts adalah bahasa cinta yang diungkapkan dengan cara memberi atau menerima hadiah. Bukan soal sifat matrealistis, love language ini adalah tentang memberikan dan menerima sesuatu dengan penuh perhatian dan makna sebagai bentuk ekspresi cinta dan kasih sayang.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa

General Practitioner · Universitas La Tansa Mashiro


Ditulis oleh Nabila Azmi · Tanggal diperbarui seminggu yang lalu

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan