home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Mana yang Lebih Bijak: Eyelash Extension Atau Pakai Bulu Mata Palsu?

Mana yang Lebih Bijak: Eyelash Extension Atau Pakai Bulu Mata Palsu?

Sulam bulu mata, yang juga dikenal dengan istilah eyelash extension, saat ini diminati oleh banyak orang. Teknik memasangkan bulu mata buatan tersebut memang praktis dan membuat penampilan jadi lebih segar. Namun, ternyata eyelash extension ada plus dan minusnya. Lalu apakah lebih baik kalau pakai bulu mata palsu saja? Mana yang lebih baik dan aman buat mata, eyelash extension atau pakai bulu mata palsu? Simak pertimbangannya di bawah ini.

Apa bedanya eyelash extension dengan bulu mata palsu?

Sulam bulu mata yang dikenal dengan sebutan eyelash extension dilakukan dengan memasangkan serat buatan pada bulu mata Anda. Tujuannya adalah menambah panjang dan volume bulu mata Anda. Karena prosesnya mirip seperti menanamkan atau menyulam bulu mata tambahan ke kelopak mata, hasilnya pun tahan lama (meskipun tidak permanen). Hanya para ahli kecantikan yang sudah terlatih dan berpengalaman yang boleh melakukan prosedur sulam bulu mata.

Sedangkan bulu mata palsu merupakan bulu mata buatan yang akan direkatkan pada mata Anda dengan lem khusus. Bedanya dengan sulam bulu mata, siapa pun bisa dengan mudah membeli bulu mata palsu di toko kosmetik dan memasang sendiri bulu mata palsunya. Selain itu, karena hanya direkatkan sekadarnya, bulu mata palsu tentu mudah dilepas dan dipasang lagi. Ya, hasilnya memang tidak tahan lama dan biasanya hanya digunakan untuk acara tertentu.

Apa saja yang perlu dipersiapkan bila ingin melakukan eyelash extension?

Bila Anda ingin sulam bulu mata, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, antara lain:

  • Saat akan melakukan perawatan ini, jangan menggunakan makeup.
  • Sesudah pemasangan, Anda jangan mencuci atau membasuh daerah mata Anda kira-kira hingga 24 jam setelah bulu mata disulam.
  • Jangan berenang, berendam, atau melakukan aktivitas-aktivitas yang berhubungan dengan air. Ini dapat melemahkan pemasangan bulu mata anda. Terutama 48 jam sesudah pemasangan.
  • Hindari kebiasaan tidur dengan posisi tengkurap karena akan merusak bulu mata.
  • Hindari penggunaan krim mata pada daerah sekitar bulu mata Anda.
  • Tidak perlu melentikkan dengan penjepit bulu mata. Hal ini hanya menyebabkan bulu mata buatan Anda lebih mudah rontok.
  • Jika ingin menggunakan maskara, gunakanlah maskara khusus yang memang sudah disesuaikan dengan penggunaan eyelash extension.

Yang perlu diperhatikan kalau mau pakai bulu mata palsu

  • Sesuaikan pemakaiannya dengan mata Anda.
  • Anda dapat menggunakan maskara, tapi jangan berlebihan. Penggunaan maskara ini bertujuan untuk menyamarkan bulu mata palsu yang Anda gunakan, sehingga terlihat lebih alami.
  • Gunakan pula eyeliner untuk meyamarkan batas bulu mata asli Anda dengan bulu mata palsu.
  • Jangan menggosok-gosok bulu mata palsu Anda.

tanam bulu mata extension

Apakah terdapat kelebihan dari melakukan eyelash extension?

Salah satu keunggulan utama eyelash extension dibandingkan pasang bulu mata palsu adalah sifatnya yang sangat praktis. Saat bepergian Anda tidak perlu duduk di meja rias dan memasang bulu mata palsu Anda. Sebab sudah ada bulu mata lentik nan indah pada mata Anda.

Bila Anda bisa melakukan perawatan dengan baik, bulu mata indah Anda dapat bertahan hingga beberapa bulan.

Eyelash extension juga memiliki kekurangan. Apa saja?

Pada beberapa kasus, bulu mata sintesis dan bulu mata asli Anda malah menjadi mudah rontok. Hal ini disebabkan karena bulu mata sintetis yang ditempel sepanjang garis atas bulu mata asli lambat laun akan rontok akibat memudarnya lem perekat. Terutama saat mandi, mencuci muka, atau bahkan saat berkeringat.

Perawatan jenis ini sangat memerlukan perhatian khusus, karena bila tidak akan menjadi berantakan. Posisi tidur yang tidak tepat, kebiasaan mengucek mata, atau penyebab lainnya bisa menggeser bulu mata sehingga mata terasa tidak nyaman.

Anda harus ekstra hati-hati saat mencuci muka, pakai riasan wajah, atau menghapus makeup pada wajah. Posisi tidur Anda juga perlu diperhatikan. Anda tidak bisa tidur dengan posisi tengkurap karena akan membuat bulu mata menjadi rontok dan berantakan.

Perlu diperhatikan pula bahwa penggunaan eyelash extension dapat memengaruhi kesehatan mata Anda bila tidak melakukan perawatan dengan benar. Beberapa penggunaan bahkan dapat menyebabkan mata gatal, mata kering, bahkan kelopak mata menjadi bengkak dan nyeri.

Sering kali saat Anda sudah merasa tidak nyaman dan ingin mencabut eyelash extension, ternyata pencabutan malah dapat menyebabkan iritasi. Beberapa pengguna eyelash extension mengaku mengalami rasa nyeri dan bengkak pada kelopak mata sesudah melepaskan bulu mata tersebut. Pencabutan yang terjadi berulang kali juga bisa menyebabkan kerusakan pada folikel bulu mata asli.

Bagaimana dengan bulu mata palsu?

Tentu mata Anda akan tampak lebih indah saat Anda memakai bulu mata palsu. Selain itu, bulu mata palsu mudah dilepas dan dipasang, tidak perlu bantuan ahli.

Anda juga bebas tidur dengan posisi apa pun dan tidak perlu khawatir saat mencuci muka atau pakai makeup. Ini karena sesudah Anda beraktivitas, bulu mata tersebut dapat Anda lepaskan.

Karena itu, dari sisi medis sebenarnya risiko pakai bulu mata palsu masih lebih minim daripada risiko eyelash extension. Bulu mata palsu tidak disulam, hanya menempel saja pada kelopak mata (biasanya agak di atas bulu mata asli Anda, tidak seperti eyelash extension). Maka melepas dan memasangnya pun jadi lebih mudah dan tidak begitu berisiko menyebabkan iritasi, bengkak, atau bulu mata asli Anda rontok.

Akan tetapi, buat orang yang harus pakai bulu mata palsu setiap hari, hal ini bisa terasa merepotkan. Belum lagi Anda mungkin harus beli bulu mata palsu berkali-kali bila yang saat ini Anda gunakan kualitasnya menurun.

Jadi harus pakai yang mana?

Keputusan ini kembali lagi ke tangan Anda. Bulu mata seperti apa yang Anda butuhkan? Apakah Anda rajin dan pandai merawat bulu mata? Pasalnya, eyelash extension kurang cocok untuk orang yang malas merawat bulu mata. Sedangkan bulu mata palsu biasa jauh lebih mudah dirawat.

Namun, jika Anda memang harus selalu pakai bulu mata, eyelash extension bisa memudahkan Anda. Sekali lagi, dengan catatan Anda betul-betul merawatnya dengan baik.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Pikir-Pikir Dulu Sebelum Extension Bulu Mata, Kenapa? Ini Alasannya! Nova Grid. 2015: 1-3. Tersedia pada http://nova.grid.id/Mode-Dan-Kecantikan/Kecantikan/Pikir-Pikir-Dulu-Sebelum-Extension-Bulu-Mata-Kenapa-Ini-Alasannya. Diakses pada 3 Maret 2018

Eyelash Extensions. Simonson’s Spa. 1-2

Eye Enhancements: The Good, The Bad, and The Ugly. 2011: 1

Koffuor G, et al. Ocular discomforts following eyelash extension. Journal of Medical and Biomedical Sciences. 2012 (3): 55-61

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh dr. Ivena Diperbarui 07/03/2018
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x