backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan
Konten

Fokus Kalbe Tingkatkan Nutrisi Seimbang untuk Lansia

Fakta medis diperiksa oleh Hello Sehat Medical Review Team


Ditulis oleh Reikha Pratiwi · Tanggal diperbarui 4 minggu lalu

Fokus Kalbe Tingkatkan Nutrisi Seimbang untuk Lansia

Untuk memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2024, PT Kalbe Farma Tbk. (Kalbe) melalui anak perusahaannya PT Finusolprima Farma Internasional (FIMA) mengadakan acara yang bertema Balance Nutrition for Geriatric di Jakarta (22/6). Acara peringatan oleh Kalbe ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran dalam menjaga nutrisi seimbang bagi lansia.

Perayaan yang dihadiri oleh sekitar 350 lansia ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian Kalbe terhadap kesehatan dan kesejahteraan orang lanjut usia (lansia).

Pentingnya nutrisi seimbang untuk lansia

Sejalan dengan visi yang dimiliki, yaitu “Bersama Sehatkan Bangsa”, Kalbe ingin turut meningkatkan kualitas hidup para lansia, khususnya dengan menjaga nutrisi yang seimbang.

Apalagi, jumlah lansia di Indonesia terus meningkat setiap tahunnya. Bahkan, pada tahun 2045, diperkirakan jumlah lansia akan mencapai seperlima dari total jumlah penduduk di Indonesia.

Sayangnya, lansia juga menjadi kelompok umur yang sering mengalami berbagai penurunan fungsi tubuh, sehingga terdapat berbagai penyakit yang kerap terjadi pada lansia.

Namun, Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Geriatri, Dr. dr. Noto. Dwimartutie, Sp.PD-K.Ger. menyatakan bahwa ini bukan berarti membuat semua lansia menjadi renta.

Meski telah memasuki usia lanjut, lansia juga harus tetap sehat secara fisik, mental, spiritual, dan sosial.

Maka dari itu, sangat penting untuk meningkatkan kesadaran terkait perawatan kesehatan pada lansia, salah satunya dengan menjalani pola makan dan pola hidup yang baik.

“Kesehatan yang prima pada lansia akan mendukung lansia beraktivitas dengan baik sehingga tetap aktif, produktif, dan menjadi teladan bagi kelompok masyarakat lain,” ujar dr. Noto.

Tips dari Kalbe untuk menjaga nutrisi seimbang lansia

menu makanan untuk lansia

Demi menjaga kesehatan tubuh di masa tua, Kalbe berharap para lansia bisa memiliki kesadaran yang lebih tinggi untuk menjalani pola hidup yang baik, salah satunya dengan menjaga kebutuhan nutrisi yang seimbang.

Untuk menjaga nutrisi seimbang yang sesuai bagi lansia, Kalbe memberikan tips pola makan sehat untuk lansia yang bisa diterapkan.

Pertama, menyediakan dan mengonsumsi beraneka ragam makanan sehat untuk lansia sesuai kebutuhan.

Kedua, hindari makanan tertentu yang menjadi pantangan sesuai masalah kesehatan yang dialami. Misalnya, lansia dengan diabetes harus membatasi makanan dan minuman manis.

Namun, bukan hanya makan makanan bergizi, pola hidup sehat untuk lansia juga perlu diterapkan demi menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Di antaranya, kesehatan lansia juga harus disertai dengan melakukan aktivitas fisik dan menjaga pola istirahat yang cukup.

Mager alias malas gerak pada lansia tentu tidak dianjurkan. Aktivitas jalan pagi dan berbagai latihan beban dianjurkan sekali untuk menjaga tubuh lansia, khususnya untuk mempertahankan kekuatan otot.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Geriatri Dr. dr. Noto. Dwimartutie, Sp.PD-K.Ger.

Dalam hal ini, dukungan dari anggota keluarga juga bisa membantu para lansia untuk lebih disiplin dalam menjaga pola makan dan pola hidup sehat.

Sebagai contoh, dalam acara perayaan HLUN oleh Kalbe 2024, aktor senior Herdin Hidayat dan putrinya, Anesya Anggun, menceritakan kekompakannya sebagai orangtua dan anak dalam menjaga kondisi kesehatan di usia lanjut.

Herdin Hidayat menyatakan, di usianya yang sudah memasuki 65 tahun, ia selalu menerapkan pola hidup sehat sebagai investasi terbaik.

Dengan menjadi sehat sebagai lansia, ia bisa beraktivitas dengan baik, sehingga bisa membuat dirinya dan keluarga selalu bahagia.

Sebagai anak dari Herdin, Anesya juga menegaskan bahwa ia sangat mendukung ayahnya untuk terus aktif berkarier dan melakukan aktivitas fisik.

“Walaupun sudah lansia, bukan berarti Papa hanya berdiam diri di rumah. Walaupun aku sudah besar, bukan berarti aku juga meninggalkan orangtuaku,” ujar Anesya.

Perannya sebagai anak juga dianggap tidak kalah penting bagi Anesya untuk tetap mendampingi orangtuanya dalam melakukan berbagai aktivitas.

Hal ini kerap mereka lakukan dengan mengisi kegiatan bersama seperti dalam acara dari Kalbe ini hingga jalan-jalan dan olahraga untuk lansia bersama.

Komitmen Kalbe dalam mendukung nutrisi seimbang untuk lansia

Bukan pertama kalinya bagi Kalbe merayakan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN).

Selama 30 tahun lebih, Kalbe senantiasa merayakannya setiap tahun sebagai bentuk komitmen dalam membantu meningkatkan kualitas hidup para lansia di Indonesia.

Pada tahun ini, acara HLUN oleh Kalbe dirayakan dengan melakukan ragam aktivitas menarik, berupa seminar kesehatan, pemeriksaan kesehatan, konsultasi dengan ahli gizi, minum minuman bergizi seimbang, hingga lomba karaoke lansia yang disertai pembagian doorprize.

Dengan dihadiri 35o lansia dari berbagai komunitas di Jabodetabek, acara ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya nutrisi yang seimbang untuk kesehatan para lansia.

Presiden Direktur PT Finusolprima Farma Internasional (FIMA) a Kalbe Company Liliana Susilowati menyatakan, Kalbe bekerja sama dengan berbagai komunitas, perhimpunan tenaga kesehatan, serta stakeholder untuk mencapai tujuan tersebut.

“Selain di Jakarta, perayaan HLUN oleh Kalbe ini juga diadakan di Medan,” kata Liliana.

Selain perayaan Hari Lanjut Usia Nasional pada 2024, Kalbe juga berkomitmen mendukung nutrisi seimbang lansia melalui produk yang dimilikinya.

Kalbe memiliki Entramix sebagai makanan cair dengan gizi seimbang dilengkapi dengan 100% protein hewani. Selain itu, Kalbe berinovasi memenuhi kebutuhan gizi lansia yang vegetarian dan lebih suka susu kedelai melalui produknya Entrasoy.

Ahli Gizi sekaligus Brand Owner Entramix dan Entrasoy Airin Levina, S.Gz mengatakan Entramix dan Entrasoy merupakan produk yang terdaftar di BPOM dan dapat diperoleh di apotek, marketplace, dan toko susu.

Entramix memiliki dua varian rasa, yaitu vanila dan cokelat. Sementara Entrasoy memiliki rasa almond soya yang enak dan tidak langu.

“Dua produk ini tinggal diseduh, diminum teratur, sehingga lansia mendapatkan manfaat dari komposisi gizinya,” ujar Airin.

Kesimpulan

Meski telah memasuki usia lanjut, lansia juga harus tetap sehat secara fisik, mental, spiritual, dan sosial. Hal ini bisa dilakukan dengan menjaga nutrisi yang seimbang serta menerapkan pola hidup yang sehat, seperti melakukan aktivitas fisik dan beristirahat yang cukup. Dukungan dari anggota keluarga juga penting untuk membantu para lansia lebih disiplin dalam menjaga pola hidup sehatnya.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.



Fakta medis diperiksa oleh

Hello Sehat Medical Review Team


Ditulis oleh Reikha Pratiwi · Tanggal diperbarui 4 minggu lalu

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan