Definisi

Apa itu gonioskopi?

Gonioskopi adalah pemeriksaan mata untuk melihat bagian depan mata Anda (ruang anterior) di antara kornea dan iris. Gonioskopi merupakan pemeriksaan tanpa rasa sakit untuk melihat apakah area di mana cairan keluar dari mata (disebut sudut drainase) terbuka atau tertutup. Prosedur ini biasa dilakukan saat pemeriksaan mata biasa, tergantung dari usia dan apakah Anda memiliki risiko tinggi untuk glaukoma.

Gonioskopi dilakukan apabila dokter merujuk Anda untuk memeriksakan glaukoma. Glaukoma adalah penyakit mata yang dapat menyebabkan kebutaan dengan merusak saraf optik. Apabila Anda memiliki glaukoma, gonioskopi dapat membantu dokter mata Anda melihat tipe glaukoma apa yang Anda memiliki.

Kapan saya harus menjalani gonioskopi?

Gonioskopi dilakukan untuk:

    • melihat ke bagian depan mata untuk memeriksa glaukoma
    • melihat apakah sudut drainase mata tertutup atau hampir tertutup. Ini membantu dokter anda melihat tipe glaukoma apa yang anda miliki. Gonioskopi dapat juga mencari luka atau kerusakan pada sudut drainase
    • mengobati glaukoma. Saat gonioskopi, cahaya laser dapat diarahkan melalui lensa spesial ke sudut drainase. Pengobatan laser dapat mengurangi tekanan pada mata dan mengontrol glaukoma
    • memeriksa cacat lahir yang dapat menyebabkan glaukoma

Pencegahan & peringatan

Apa yang harus saya ketahui sebelum menjalani gonioskopi?

Tes lain dapat dilakukan untuk memeriksa glaukoma atau masalah mata lainnya. Tes-tes ini termasuk pemeriksaan slit lamp, tonometry (mengukur tekanan di dalam bola mata), Ophthalmoscopy (memeriksa syaraf optik), dan perimetri (memeriksa penglihatan sisi). Penting bagi Anda untuk mengetahui peringatan dan pencegahan sebelum melakukan tes ini. Bila Anda memiliki pertanyaan, konsultasikan kepada dokter untuk informasi dan instruksi lebih lanjut.

Proses

Apa yang harus saya lakukan sebelum menjalani gonioskopi?

Apabila Anda menggunakan lensa kontak, lepas sebelum melakukan tes ini dan jangan dipakai kurang lebih 1 jam setelah tes atau sampai obat yang digunakan untuk mematikan rasa di mata berkurang. Apabila mata Anda terdilasi (pupil membesar) saat pemeriksaan, pastikan ada yang mengantar Anda pulang.

Bagaimana proses gonioskopi?

Gonioskopi biasa dilakukan oleh dokter yang mengobati masalah mata (ophthalmologist). Tetes mata akan diberikan untuk membius mata sehingga Anda tidak merasa lensa menyentuh mata Anda saat pemeriksaan dilakukan. Saat gonioskopi dilakukan, Anda akan diminta untuk berbaring atau duduk di kursi. Mikroskop (slit lamp) akan digunakan untuk melihat ke dalam mata Anda. Apabila Anda duduk, Anda akan menempatkan dagu Anda di sandaran dagu dan dahi akan diberi penopang, dan Anda akan diminta melihat lurus ke depan. Lensa khusus akan ditaruh dengan ringan di bagian depan mata Anda, dan seberkas sempit sinar terang akan diarahkan ke dalam mata. Dokter akan melihat lebarnya sudut drainase lewat slit lamp. Pemeriksaan akan berlangsung kurang dari 5 menit.

Apa yang harus saya lakukan setelah menjalani gonioskopi?

Apabila pupil Anda terdilasi, penglihatan Anda dapat menjadi kabur selama beberapa jam setelah pemeriksaan dilakukan. Jangan menggosok mata Anda dalam 20 menit pertama setelah pemeriksaan, atau setelah efek obat berkurang. Apabila Anda memiliki pertanyaan yang berkaitan dengan proses tes ini, konsultasikanlah kepada dokter Anda untuk pemahaman yang lebih baik.

Penjelasan dari Hasil Tes

Apa arti hasil tes yang saya dapat?

Normal:

Sudut drainase terlihat normal, terbuka lebar dan tidak tertutup.

Tergantung pada laboratorium pilihan Anda, jangkauan normal “tes ini” dapat bervariasi. Diskusikan pertanyaan yang Anda miliki seputar hasil tes kesehatan Anda kepada dokter.

Abnormal:   

Sudut drainase terlihat sempit, terbelah sedikit, atau tertutup. Ini artinya sudut tertutup sebagian atau seluruhnya, atau ada risiko sudut akan tertutup nantinya. Sudut drainase yang tertutup dapat berarti Anda memiliki glaukoma sudut tertutup. Ada banyak alasan mengapa sudut drainase tersumbat. Ini termasuk karena luka, pembuluh darah yang tidak normal, cedera atau infeksi, dan pigmen warna ekstra pada iris.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca