home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Daftar Makanan yang Baik untuk Dimakan Sebelum Melahirkan

Daftar Makanan yang Baik untuk Dimakan Sebelum Melahirkan

Persalinan merupakan sebuah proses cukup panjang yang membutuhkan banyak tenaga. Untuk mempersiapkan diri sebelum melahirkan, sebaiknya isi tenaga Anda dulu dengan mengonsumsi makanan bernutrisi. Akan tetapi, selalu konsultasikan dengan dokter kandungan Anda terlebih dahulu sebelum makan. Pasalnya, setiap dokter mungkin memiliki pertimbangan yang berbeda karena kondisi ibu bersalin juga berbeda-beda. Jika Anda boleh makan, pastikan makanan yang dikonsumsi aman dan bermanfaat bagi proses persalinan.

Bolehkah makan sebelum bersalin?

Makan sebelum melahirkan pada dasarnya diperbolehkan, terutama di awal proses persalinan. Pada saat inilah ibu bersalin sebaiknya makan dan mengisi tenaga. Pada saat persalinan normal, ibu memerlukan banyak tenaga untuk memberikan dorongan pada bayi. Bila ibu tidak punya tenaga, tentu persalinan akan menjadi sulit. Namun, pastikan Anda tidak makan terlalu banyak. Cukup isi perut Anda dengan cairan dan camilan yang kaya karbohidrat. Hindari makanan yang tinggi kandungan lemaknya karena sulit dicerna tubuh dan bisa membuat Anda mual.

Pada beberapa kasus dokter kandungan atau bidan mungkin menganjurkan Anda untuk puasa. Ini biasanya terjadi kalau Anda memiliki kemungkinan atau rencana kelahiran melalui operasi caesar. Pasalnya, perut memang sebaiknya tidak dalam keadaan penuh ketika bedah caesar berlangsung. Supaya aman, tanyakan langsung pada dokter kandungan atau bidan Anda apakah Anda boleh makan dan ikuti anjurannya.

Makanan yang baik dikonsumsi sebelum melahirkan

Pada dasarnya, Anda membutuhkan karbohidrat sebagai sumber tenaga untuk melahirkan. Namun, pilih sumber karbohidrat yang mudah dicerna. Hindari makanan yang terlalu padat seperti daging sapi. Berikut adalah daftar makanan yang bisa membantu kelancaran proses persalinan Anda.

1. Yogurt

Yogurt kaya akan karbohidrat dan protein yang manjur untuk menambah energi Anda. Camilan ini juga mudah dibawa ke mana-mana, termasuk dalam perjalanan menuju rumah sakit atau ketika waktu bersalin sudah dekat. Jangan lupa sediakan beberapa cup kecil yogurt selama ibu bersalin. Jika proses persalinan berlangsung cukup lama, Anda mungkin akan diberikan jeda dulu untuk mengisi tenaga. Yogurt pun bisa jadi penyelamat Anda. Sajikan yogurt bersama buah-buahan segar atau kacang-kacangan.

2. Buah-buahan

Sumber karbohidrat alami yang mudah dicerna oleh tubuh adalah buah-buahan. Selain mengandung karbohidrat, buah-buahan juga mengandung banyak vitamin, mineral, dan air yang penting untuk melancarkan proses persalinan. Buah seperti pisang, alpukat, dan apel adalah pilihan yang tepat sebelum melahirkan.

3. Kentang

Jangan makan sembarang kentang sebelum melahirkan. Anda sebaiknya mengonsumsi kentang tumbuk (mashed potato) atau kentang rebus. Hindari kentang goreng karena kandungan lemak dan minyak yang tinggi bisa membuat Anda lebih mual saat persalinan.

4. Roti

Makan nasi dengan lauk-pauk mungkin terlalu berat buat ibu bersalin. Maka, ganti dengan makan roti sedikit-sedikit. Tak perlu memilih roti isi daging. Pasalnya roti polos atau roti tawar dengan selai buah saja sudah cukup untuk mengisi energi Anda. Supaya kenyangnya lebih lama, Anda bisa mengonsumsi roti dari gandum utuh.

5. Sup

Untuk memperbanyak asupan cairan, makan sup bening bisa menjadi pilihan terbaik ibu bersalin. Supaya nutrisinya lebih banyak, pastikan sup dibuat dari kaldu ayam atau daging asli. Tambahkan juga sayuran dan tahu supaya tidak terlalu hambar. Jika sudah dekat hari persalinan, masak dulu sup dan simpan di kulkas. Sebelum mulai proses persalinan, Anda pun tinggal menghangatkan supnya.

6. Biskuit

Sebagai camilan yang mengenyangkan, siapkan biskuit. Anda bisa memilih biskuit susu biasa atau biskuit gandum. Namun, usahakan untuk memilih biskuit yang plain. Hindari biskuit asin atau biskuit yang terlalu banyak krimnya. Biskuit asin bisa memicu hipertensi sementara biskuit krim mungkin membuat Anda mual.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

The Best Foods to Eat Before Labor.  http://www.livestrong.com/article/318768-the-best-foods-to-eat-before-labor/ Diakses pada 28 Februari 2017.

Eating Well During Labor. http://www.whattoexpect.com/pregnancy/eating-well/week-40/eating-well.aspx Diakses pada 28 Februari 2017.

Eating and Drinking During Labor. http://www.babycentre.co.uk/a544481/eating-and-drinking-in-labour Diakses pada 28 Februari 2017.

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Irene Anindyaputri
Tanggal diperbarui 18/10/2017
x