home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

7 Cara yang Bisa Dicoba Agar Hamil Anak Laki-laki

7 Cara yang Bisa Dicoba Agar Hamil Anak Laki-laki

Banyak calon orangtua menginginkan kehamilan dengan jenis kelamin yang cukup spesifik, anak laki-laki misalnya. Lantas, adakah cara yang terbukti efektif agar bisa hamil anak laki-laki? Berikut ulasannya untuk Anda.

Bagaimana caranya agar bisa hamil anak laki-laki?

Cara agar hamil anak laki-laki

Nyatanya, tidak ada cara pasti dan terbukti efektif untuk bisa menentukan jenis kelamin bayi Anda secara alami.

Hal ini karena peluang hamil anak perempuan mau pun laki-laki adalah acak serta hampir sama persis untuk setiap kehamilan.

Perlu diketahui bahwa sperma yang dihasilkan pria mempunyai dua kromosom berbeda.

Yaitu, kromosom X yang apabila bertemu sel telur maka akan menjadi perempuan. Sedangkan kromosom Y jika bertemu sel telur diklaim bisa menjadi anak laki-laki.

Kondisi ini dibahas dalam jurnal Sex Selection for Nonhealth – Related Reasons.

Melalui penerapan teknologi baru, pemilihan jenis kelamin kemungkinan bisa menjadi lebih tepat dan mencapai tujuan.

Namun untuk hamil secara alami, tidak ada salahnya mencoba beberapa cara atau tips agar bisa mendapatkan anak laki-laki.

Berikut cara atau program agar bisa hamil anak laki-laki yang beberapa di antaranya diambil dari The Shettles Method, yaitu:

1. Berhubungan seks tepat di hari ovulasi

Kemampuan renang sperma kromosom Y lebih cepat daripada sperma kromosom X. Akan tetapi, lebih cepat mati dalam lingkungan vagina.

Oleh karena itu, Shettles menyarankan untuk melakukan hubungan intim pada masa subur dan sedekat mungkin dengan waktu ovulasi.

Waktu terbaik adalah dengan menjadwalkan sesi bercinta bertepatan dengan hari ovulasi (tidak lebih awal dari 24 jam sebelum Anda akan berovulasi).

Cara ini dikatakan dapat meningkatkan kemungkinan agar hamil anak laki-laki.

Hal ini karena sperma kromosom Y akan mengungguli kecepatan sperma kromosom X tanpa harus berlama-lama menunggu sel telur muncul.

Jika Anda berhubungan seks beberapa hari sebelum ovulasi, maka kemungkinan sperma kromosom Y yang kurang tangguh lebih cepat mati

Jika Anda tidak yakin bagaimana cara mengetahui kapan masa subur Anda, coba untuk menghitungnya dengan kalkulator masa subur berikut ini.

2. Posisi bercinta dengan penetrasi dalam

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa sperma mempunyai dua jenis kromosom berbeda.

Salah satu cara agar hamil anak laki-laki adalah mengusahakan agar kromosom Y bisa bertemu dengan sel telur.

Maka, yang bisa dilakukan adalah mencoba posisi seks tertentu agar penetrasi lebih dalam sehingga kromosom Y yang bergerak lebih cepat bisa langsung menuju sel telur.

Menurut Dr. Landrum Shettles, MD, penulis How to Choose the Sex of Your Baby, penetrasi yang lebih dalam selama hubungan seksual adalah faktor penting bagi pasangan untuk bisa hamil anak laki-laki.

Beberapa posisi ketika berhubungan seksual yang bisa dilakukan adalah doggy style, sambil berdiri, atau woman on top.

Namun, ada hal yang perlu diperhatikan mengenai masing-masing kromosom pada sperma. Tidak semua pria mempunyai jumlah kromosom X dan Y yang berimbang.

3. Wanita perlu orgasme

Orgasme saat berhubungan seks dikatakan bisa menjadi salah satu cara cepat hamil anak laki-laki.

Alasannya, orgasme yang dialami oleh wanita memicu produksi cairan vagina bersifat basa.

Hal ini bisa membantu sperma kromosom Y bertahan hidup lebih lama dengan menciptakan lingkungan yang kurang bersahabat bagi sperma kromosom X.

Orgasme wanita juga memudahkan pergerakan sperma menuju serviks.

Jadi, ini sama saja seperti memfasilitasi sperma kromosom Y untuk merebut satu-satunya kesempatan pembuahan sel telur.

Kalkulator Masa Subur

Kalkulator Masa Subur

Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Berapa lama siklus haid Anda?

(hari)

28

Berapa lama Anda haid?

(hari)

7

4. Mengonsumsi makanan tertentu

Penelitian dari Proceedings of the Royal Society B tahun 2008 menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi makanan dengan kandungan natrium dan kalium memiliki peluang lebih tinggi mendapatkan anak laki-laki.

Beberapa makanan dengan kandungan tersebut adalah makanan asin, sereal, pisang, atau telur.

Lalu, cara atau tips lainnya agar Anda hamil dan mendapatkan anak laki-laki adalah dengan mengonsumsi makanan yang mempunyai kandungan tinggi basa.

Sebagai contoh seperti tomat, kentang, wortel, kol, jamur, jagung, bayam, alpukat, ikan, pepaya, semangka, dan lain-lainnya.

Dari beberapa tips di atas, direkomendasikan untuk rutin mengonsumsinya setidaknya satu bulan sebelum Anda mencoba hamil.

Konsultasikan pula dengan dokter terlebih dahulu agar nutrisi serta makanan untuk program hamil yang dibutuhkan lebih tepat.

5. Minum sirup obat batuk

Minum sirup obat batuk beberapa jam sebelum berhubungan intim diklaim dapat dijadikan cara agar hamil anak laki-laki.

Katanya, kandungan guaifenesin dalam obat batuk selain bekerja mengencerkan lendir tenggorokan juga ampuh mengencerkan lendir serviks.

Ini menjadikan kondisi dalam vagina lebih menguntungkan bagi sperma kromosom Y yang notabene mampu berenang lebih gesit.

Namun, bijaksanalah jika Anda ingin melakukan tips yang satu ini dan jangan lupa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Mengonsumsi obat sembarangan bila tidak diperlukan mungkin berisiko dan mempunyai efek samping tersendiri. Pasalnya, dugaan ini juga belum terbukti secara ilmiah.

6. Ikut program bayi tabung

Tips atau cara lainnya agar Anda bisa hamil anak laki-laki adalah dengan melakukan salah satu penanganan infertilitas, yaitu bayi tabung.

Prosedur yang dilakukan adalah dengan menguji embrio untuk mengetahui kondisi genetik serta jenis kelamin tertentu sebelum ditempatkan pada rahim wanita.

Melalui prosedur ini, Anda bisa memilih apakah menginginkan anak laki-laki atau perempuan.

Namun yang perlu dipahami, program bayi tabung butuh biaya yang lumayan tinggi dan prosesnya juga cukup rumit.

Cara ini juga pada umumnya hanya digunakan sebagai pilihan terakhir saat semua cara mencoba kehamilan tidak kunjung berhasil.

7. Menyortir sperma

Prosedur ini juga bisa dijadikan pilihan bagi Anda yang merencanakan kehamilan dan masih mencari cara agar hamil anak laki-laki.

Teknik pemilihan sperma untuk mengetahui jenis kelamin anak ini dapat dilakukan dengan menggunakan metode bayi tabung atau inseminasi buatan.

Namun, prosedur ini tidak dianjurkan untuk memilih jenis kelamin bayi karena alasan yang tidak berhubungan dengan kondisi medis tertentu.

Pada dasarnya, baik anak perempuan maupun anak laki-laki semuanya sama saja asalkan janin tumbuh dan berkembang sehat hingga proses kelahiran nanti.

Namun, jika Anda sangat menginginkan hamil anak laki-laki, tak ada salahnya mencoba berbagai cara tersebut untuk meningkatkan peluangnya.

Agar lebih aman, konsultasikan terlebih dahulu pada dokter dan mintalah saran darinya.

Punya cerita soal kehamilan?

Ayo gabung dengan komunitas Ibu Hamil Hello Sehat dan temukan berbagai cerita menarik seputar kehamilan.


Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Aghajanova, L., & Valdes, C. (2012). Sex Selection for Nonhealth-Related Reasons. AMA Journal Of Ethics, 14(2), 105-111. Retrieved from https://journalofethics.ama-assn.org/article/sex-selection-nonhealth-related-reasons/2012-02

Can you choose your baby’s sex?. (2020). Retrieved 28 September 2020, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/getting-pregnant/expert-answers/babys-sex/faq-20058219

  1. de Wert, W. (2010). Preconception sex selection for non-medical and intermediate reasons: ethical reflections. Facts, Views & Vision In Obgyn, 2(4), 267. Retrieved from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4086011/

Timing of Sexual Intercourse in Relation to Ovulation — Effects on the Probability of Conception, Survival of the Pregnancy, and Sex of the Baby | NEJM. (2020). Retrieved 28 September 2020, from https://www.nejm.org/doi/full/10.1056/NEJM199512073332301

Sex Selection: Option for Regulation. (2020). Retrieved 28 September 2020, from http://image.guardian.co.uk/sys-files/Guardian/documents/2003/11/12/HFEAreport.pdf

Smits, L., de Bie, R., Essed, G., & van den Brandt, P. (2005). Time to pregnancy and sex of offspring: cohort study. BMJ, 331(7530), 1437-1438. doi: 10.1136/bmj.331.7530.1437

Choosing the baby’s sex. (1980). British Medical Journal, 280(6210), 272. Retrieved from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1600168/?page=1

How To Conceive A Boy – 6 Expert Tips to Have A Baby Boy. (2013). Retrieved 28 September 2020, from https://www.bellybelly.com.au/conception/how-to-conceive-a-boy/

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Atifa Adlina Diperbarui 28/07/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita