Apa Itu Vaksin TORCH dan Seberapa Penting untuk Didapatkan?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Pernahkah Anda mendengar atau bahkan sudah mengetahui mengenai vaksin TORCH sebelumnya? Vaksin TORCH adalah pemberian vaksin yang bertujuan untuk mencegah serangan beberapa jenis penyakit, khususnya selama kehamilan. Bagi Anda yang ingin mencari tahu lebih lanjut seputar vaksin TORCH, mari simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Vaksin TORCH adalah vaksin wajib untuk wanita

vaksin TORCH

TORCH bukanlah suatu penyakit khusus, melainkan singkatan dari beberapa jenis penyakit berbeda. TORCH adalah kependekan dari Toksoplasmosis, Others atau penyakit lainnya, Rubella (campak Jerman),Cytomegalovirus, dan Herpes.

Jenis penyakit lain yang termasuk dalam TORCH bisa meliputi HIV, hepatitis, varicella (cacar air), dan parvovirus. Namun terkadang, TORCH juga disebut sebagai TORCHS dengan tambahan penyakit sipilis di belakangnya.

Sementara vaksin TORCH adalah tindakan pencegahan yang diberikan agar seseorang tidak terserang keempat jenis penyakit tersebut. Bagi Anda yang sedang merencanakan kehamilan, vaksin TORCH adalah salah satu jenis vaksin yang sebaiknya didapatkan oleh setiap wanita.

Bukan tanpa alasan, ini karena infeksi virus TORCH berisiko membahayakan kesehatan Anda dan janin di dalam kandungan selama kehamilan. Alhasil, kesehatan Anda dan janin bisa terganggu hingga berakibat fatal.

Kapan perlu mendapatkan vaksin TORCH?

vaksin HPV

Vaksin TORCH adalah tindakan pencegahan dari berbagai macam penyakit, seperti toksoplasmosis, rubella, cyromegalovirus, herpes, HIV, hepatitis, dan lainnya. Oleh karena bertujuan untuk mencegah infeksi virus dari berbagai penyakit tersebut, pemberian vaksin TORCH tidak bisa sembarangan.

Sebelum menikah adalah waktu yang dianjurkan bagi seorang wanita untuk mendapatkan vaksin TORCH. Atau atau paling tidak, vaksin TORCH bisa diberikan beberapa bulan lebih awal sebelum memulai kehamilan.

Pasalnya, setelah mendapatkan vaksin TORCH, tubuh membutuhkan waktu untuk bekerja di dalam tubuh. Dengan begitu, kondisi Anda dan janin selama kehamilan diharapkan senantiasa sehat dan prima.

Sedangkan jika Anda baru melakukan vaksin TORCH ketika hamil, justru vaksin ini tidak bisa bekerja dengan efektif. Bahkan, ada kemungkinan vaksin tersebut justru dapat mengancam kesehatan janin di dalam kandungan.

Ini karena vaksinasi pada dasarnya adalah proses untuk memasukkan virus (bibit penyakit) hidup atau mati yang sudah dilemahkan.

Pentingnya pemeriksaan TORCH sebelum menikah

medical checkup

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, vaksin TORCH adalah suatu hal penting yang ada baiknya didapatkan seorang wanita sebelum hamil. Namun sebelum itu, pemeriksaan atau screening TORCH tidak boleh luput dari perhatian.

Pemeriksaan TORCH biasanya telah masuk ke dalam serangkaian tes kesehatan wanita sebelum menikah. Jangan diselepekan, karena apabila tidak diketahui sejak dini, virus TORCH yang masuk ke dalam tubuh dapat menular ke janin melalui darah.

Kondisi ini tentu berbahaya, karena sistem kekebalan tubuh janin biasanya tidak mampu melawannya sehingga bisa membuat organ tubuhnya tidak berkembang sempurna. Bahkan, tidak menutup kemungkinan bisa sampai berakibat fatal.

Dampak yang terjadi pada janin umumnya tergantung seberapa parah infeksi virus yang berkembang di dalam tubuh. Jenis virus yang menginfeksi juga akan menimbulkan masalah yang berbeda-beda.

Misalnya saja, infeksi toxoplasmosis menyebabkan bayi mengalami penurunan penglihatan, retardasi mental, masalah pendengaran, dan kejang. Sedangkan infeksi rubella menyebabkan penyakit jantung, masalah penglihatan dan pertumbuhan terlambat.

Lain lagi jika ibu dan janin terinfeksi cytomegalivirus, kondisi ini akan menyebabkan bayi di dalam kandungan mengalami penurunan pendengaran, epilepsi dan gangguan intelektual.

Sebelum mendapatkan vaksin TORCH, biasanya Anda diminta untuk melakukan tes darah dulu. Hal ini untuk mengetahui apakah Anda kemungkinan memiliki virus TORCH.

Jika hasilnya negatif, Anda boleh bernapas lega karena tandanya tidak ada virus TORCH di dalam tubuh, baik untuk saat ini, maupun di masa lalu. Sementara ketika hasilnya ternyata positif, artinya ditemukan ada satu atau lebih infeksi TORCH di dalam tubuh.

Entah sekarang atau sebelumnya, Anda pernah mengalami satu atau lebih penyakit TORCH. Dalam hal ini, dokter yang akan menjelaskan lebih rinci mengenai hasil tes beserta tindakan selanjutnya yang harus dilakukan.

Bagi Anda yang dinyakatakn positif TORCH padahal sedang merencanakan kehamilan, dokter dapat menentukan rencana perawatan khusus untuk kondisi ini.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca