backup og meta
Kategori
Tanya Dokter
Simpan
Cek Kondisi

9 Rekomendasi Sabun Mandi Ibu Hamil untuk Atasi Kulit Gatal

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 29/09/2023

Berikut adalah daftar produk yang bisa bermanfaat untuk Anda. Perlu diketahui, kami bisa saja mendapatkan sedikit komisi setiap kali Anda membeli produk via link ini. Tenang, tidak ada penambahan biaya. Pelajari lebih lanjut soal konten produk marketing kami di sini.

9 Rekomendasi Sabun Mandi Ibu Hamil untuk Atasi Kulit Gatal

Memilih sabun mandi untuk ibu hamil tidak boleh sembarangan. Pasalnya, kulit Anda cenderung lebih sensitif selama masa kehamilan. Maka dari itu, amat penting bagi Anda untuk memilih produk perawatan tubuh yang tepat seperti dalam pembahasan berikut ini.

Cara memilih sabun mandi ibu hamil yang aman

sabun mandi untuk ibu hamil

Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), wanita akan mengalami beberapa perubahan kondisi kulit selama masa kehamilan.

Mulai dari melasma, stretch mark, jerawat, hingga perut terasa gatal bisa Anda rasakan. Produk sabun mandi untuk ibu hamil membantu meredakan gejala perubahan kulit tersebut.

ACOG menganjurkan ibu hamil untuk menggunakan produk sabun mandi yang lembut dan bebas pewangi.

Secara khusus, ibu hamil juga perlu menghindari sabun mandi yang mengandung bahan-bahan yang berisiko, seperti retinoid, asam salisilat, paraben, dan phthalate.

Beberapa penelitian menunjukkan paparan bahan kimia tersebut, terutama dalam jumlah besar, dapat meningkatkan risiko komplikasi kehamilan, seperti kelahiran prematur hingga cacat lahir.

Lantas, bagaimana cara memilih sabun mandi yang aman untuk ibu hamil? Para ahli umumnya menyarankan ibu hamil untuk memilih produk berlabel “natural” atau mengandung bahan alami.

Baca juga kandungan dalam sabun mandi dan konsultasikan dengan dokter untuk memastikan bahwa produk tersebut aman untuk Anda gunakan.

9 rekomendasi merk sabun mandi untuk ibu hamil

Untuk membantu menemukan merk sabun mandi yang aman untuk ibu hamil, berikut ini merupakan rangkuman beberapa produk yang bisa Anda pertimbangkan.

1. Dove Sensitive Skin Nourishing Body Wash

Dove Sensitive Skin Nourishing Body Wash memiliki kandungan bahan yang tidak mengiritasi kulit (hypoallergenic) sehingga cocok untuk ibu hamil yang memiliki kulit sensitif.

Produk dari Dove ini dibekali dengan teknologi NutriumMoisture untuk memberikan nutrisi alami hingga ke lapisan dalam dan mengatasi kulit kering dari sumbernya.

Hasilnya, pemakaian sabun mandi untuk ibu hamil ini dapat memberikan hasil kulit yang lembut, halus, dan kenyal dari dalam sampai ke luar.

Nomor registrasi BPOM: NA18190705384

2. Cetaphil Ultra Gentle Body Wash

Cetaphil Ultra Gentle Body Wash adalah produk sabun mandi yang cocok dan aman untuk ibu hamil dengan kulit kering, normal, maupun sensitif.

Pembersih tubuh ini mengandung lidah buaya (Aloe vera) dan pro-vitamin B5 yang efektif untuk membersihkan dan mencerahkan kulit tanpa mengganggu keseimbangan alaminya.

Kandungan pada sabun mandi dari Cetaphil ini juga tergolong ringan sehingga tidak mengiritasi kulit (hypoallergenic) dan tidak menyumbat pori-pori (non-comedogenic). 

Nomor registrasi BPOM: NC16180701015

3. Sensatia Botanicals Balancing Body Wash

Apabila Anda memiliki kulit berminyak dan gampang berjerawat, Sensatia Botanicals Balancing Body Wash adalah salah satu merk sabun mandi yang bisa dipertimbangkan.

Kandungan tea tree oil dalam sabun mandi ini dipercaya membantu mengatasi kulit berjerawat.

Studi dalam jurnal Antioxidants (2023) menemukan bahwa penggunaan tea tree oil membantu mengurangi peradangan, terutama akibat jerawat papula dan pustula.

Dengan aroma mint yang menyegarkan, Sensatia Botanicals Balancing Body Wash dapat memberikan pengalaman mandi yang menyenangkan.

Nomor registrasi BPOM: NA18210700155

4. Sebamed Olive Face & Body Wash

Kesibukan pada siang hari kadang kala membuat Anda terpaksa mandi larut malam saat hamil. Untuk menyegarkan tubuh, Anda bisa memakai Sebamed Olive Face & Body Wash.

Sesuai namanya, produk Sebamed ini bisa Anda gunakan sebagai pembersih wajah dan tubuh.

Sebamed Olive Face & Body Wash mengandung minyak zaitun (olive oil) yang menjaga supaya kulit tetap lembap dan terlindungi dari kerusakan akibat radikal bebas.

Merk sabun mandi dengan pH 5,5 ini juga membantu melindungi kulit kering dari paparan iritan, alergen, dan mikroorganisme berbahaya lainnya.

Nomor registrasi BPOM: NC16140700936

5. The Body Shop Almond Milk & Honey Shower Cream

The Body Shop Almond Milk & Honey Shower Cream merupakan salah satu merk sabun mandi cocok untuk ibu hamil karena tidak mengandung sodium lauryl sulfate (SLS).

SLS membantu menghasilkan busa dalam produk perawatan tubuh. Meski penggunaannya cukup umum, zat ini berisiko mengiritasi kulit ibu hamil yang lebih sensitif.

Sabun yang aman untuk ibu hamil ini mengandung minyak almond, minyak bunga matahari, dan ekstrak kelapa yang mampu membersihkan dan menjaga kelembapan kulit.

Nomor registrasi BPOM: NC52220700101

6. Aveeno Daily Moisturizing Body Wash

Beberapa orang berendam air hangat dengan campuran oatmeal untuk meredakan masalah kulit, termasuk kulit kering dan gatal. Cara ini juga dipercaya efektif selama kehamilan.

Anda tidak perlu repot-repot lagi menghaluskan oatmeal. Kini, sudah ada merk sabun gatal untuk ibu hamil yang mengandung oatmeal, yaitu Aveeno Daily Moisturizing Body Wash.

Kandungan oatmeal dalam produk sabun mandi ini ampuh menjaga kelembapan alami kulit ibu hamil. Sabun ini juga bersifat hypoallergenic sehingga aman untuk kulit sensitif.

Nomor registrasi BPOM: NA49230700007

7. Suave Essentials Cocoa Butter & Shea Moisturizing Body Wash

Shea butter pada Suave Essentials Cocoa Butter & Shea Moisturizing Body Wash telah dikenal secara turun-temurun memiliki beragam manfaat untuk kesehatan kulit.

Kandungan bahan alami ini membantu melembapkan kulit serta mengurangi gejala kemerahan dan gatal yang terkait dengan stretch mark.

Asam linoleat dan asam oleat dalam shea butter juga membantu mengontrol produksi minyak (sebum) berlebih sehingga bisa mencegah munculnya jerawat.

Nomor registrasi BPOM: NE51210700250

8. Suu Balm Dual Cooling & Moisturising Cream Body Wash

Suu Balm Dual Cooling & Moisturising Cream Body Wash adalah sabun mandi yang aman dan cocok untuk ibu hamil dan menyusui. 

Produk yang diformulasikan oleh National Skin Centre Singapura ini tidak mengandung sulfat, pewangi, paraben, maupun pengawet yang berisiko mengiritasi kulit. 

Sabun mandi ini juga membantu mengatasi berbagai gangguan kulit, termasuk kulit gatal, kulit kering, kulit bersisik, bahkan eksim dan psoriasis.

Nomor registrasi BPOM: NA32190705010

9. MuTouch Goat’s Milk Shower Cream with Habbatussauda

MuTouch Goat’s Milk Shower Cream with Habbatussauda mengandung biji jintan hitam (Nigella sativa) yang berpotensi membantu mencegah infeksi kulit selama masa kehamilan.

Sebuah studi pada Journal of Contemporary Islamic Studies (2017) menemukan bahwa ekstrak habbatussauda memiliki sifat antibakteri yang efektif dalam melawan bakteri gram positif.

Selain itu, produk sabun susu kambing yang aman untuk ibu hamil ini juga dipercaya membantu meremajakan kulit sehingga tampak lebih cerah dan berseri.

Nomor registrasi BPOM: NA32190705046

Itulah dia beberapa rekomendasi merk sabun mandi yang aman untuk ibu hamil. Produk di atas bisa membantu melindungi kulit Anda yang cenderung lebih sensitif selama kehamilan.

Hentikan penggunaan sabun mandi bila Anda merasakan iritasi kulit. Segeralah berkonsultasi dengan dokter Anda untuk menemukan produk perawatan yang tepat.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Carla Pramudita Susanto

General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 29/09/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan