Waktu Paling Ideal untuk Mulai Olahraga Lagi Setelah Operasi Usus Buntu

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 21 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Pemulihan tubuh setelah operasi usus buntu cukup memakan waktu, meski pada dasarnya operasi ini tidak termasuk operasi besar dan risikonya cukup minim. Salah satu cara untuk mempercepat pemulihan tubuh adalah dengan berolahraga. Namun, tentu durasi dan intensitas olahraga setelah operasi usus buntu tidak bisa disamakan seperti yang biasa Anda lakukan sebelumnya. Lantas, kapan waktu yang tepat untuk mulai olahraga lagi sekembalinya dari operasi? Olahraga apa yang boleh dilakukan selama masa pemulihan ini? Simak informasi lengkapnya di artikel ini.

Kapan boleh mulai olahraga setelah operasi usus buntu?

Proses penyembuhan operasi usus buntu pada umumnya bervariasi, tergantung dari jenis operasi yang Anda jalani. Jika usus buntu diangkat lewat laparoskopi, pemulihannya bisa lebih cepat daripada lewat operasi pembedahan. Biasanya Anda sudah boleh kembali beraktivitas setelah 1-3 minggu setelah laparoskopi dilakukan, sementara kalau lewat bedah besar, lama pemulihannya bisa memakan waktu 2-4 minggu.

Prosedur manapun yang Anda jalani, sebenarnya Anda sudah bisa langsung olahraga setelah operasi usus buntu. Dengan catatan, intensitasnya sedang, contohnya seperti jalan kaki keliling komplek.

Namun Anda harus menghindari mengangkat benda berat, seperti olahraga angkat beban, selama 2 minggu setelah menjalani laparoskopi atau selama 4-6 minggu setelah menjalani pembedahan terbuka. Selain absen dulu dari olahraga berat di gym, hindari pula mengangkat benda dengan berat melebihi empat kilogram, misalnya membawa kantong belanja bulanan, koper kecil, atau menggendong bayi.

Olahraga seperti apa yang bisa dilakukan setelah operasi usus buntu?

Jalan kaki

Setelah operasi usus buntu berhasil Anda lalui, tidak apa-apa untuk langsung memulai proses pemulihan dengan berolahraga ringan seperti jalan kaki jarak pendek. Selama jalan-jalan ini, perhatikan postur tubuh Anda. Cobalah untuk mengurangi menumpu sebagian besar berat badan Anda pada otot perut. Berhenti berjalan segera setelah Anda merasa lelah dan jangan memaksakan olahraga dalam jangka waktu yang lama.

Mengencangkan otot perut

Setelah beberapa minggu proses pemulihan, melakukan latihan perut dasar akan membantu menguatkan otot inti tubuh Anda. Mulailah dengan duduk di tepi tempat tidur dengan kaki menggantung dari tepi tempat tidur. Luruskan dan kencangkan punggung lurus, sementara angkat kaki perlahan sampai sejajar di atas lantai. Tahan posisi ini selama beberapa detik sebelum perlahan-lahan menurunkan kaki Anda kembali ke posisi semula. Ulangi sampai gerakan ini hingga Anda mulai berkeringat, dan hentikan ketika Anda kelelahan.

Renang

Berenang adalah jenis olahraga santai yang dapat membantu melemaskan persendian Anda. Setelah pulih dari radang usus buntu, cobalah untuk mulai berenang dengan jarak yang pendek. Renang gaya bebas dilaporkan mampu mengurangi ketegangan pada otot perut yang umum terjadi setelah operasi usus buntu. Tapi jangan lupa pastikan kalau luka jahitan Anda sudah benar-benar pulih, ya!

Berhenti berenang segera setelah Anda kelelahan atau merasa sakit di daerah perut bagian bawah. Seiring kekuatan Anda kembali, tingkatkan jumlah putaran yang Anda lakukan di kolam renang.

 

Normal Kah Detak Jantung Anda?

Kalkulator detak jantung kami bisa memperkirakan berapa target detak jantung saat olahraga yang perlu Anda capai.

Coba Hitung!
active

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Usus Buntu Pecah, Seberapa Berbahaya Kondisi Ini?

Penyakit usus buntu yang tidak segera tertangani dapat menyebabkan usus buntu pecah. Apa maksudnya dan apa saja gejalanya?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Kesehatan Pencernaan, Radang Usus Buntu 5 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

Gejala Usus Buntu Ringan Hingga Berat yang Wajib Anda Kenali

Penting untuk mewaspadai ciri-ciri dan gejala usus buntu. Jika tidak, usus buntu bisa pecah sehingga meningkatkan risiko komplikasi serius, bahkan kematian.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Kesehatan Pencernaan, Radang Usus Buntu 3 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit

Cara Mengobati Radang Usus Buntu Melalui atau Tanpa Operasi

Radang usus buntu harus segera diobati. Cara mengobati usus buntu ternyata bisa dengan atau tanpa operasi. Cari tahu lebih jelas di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan Pencernaan, Radang Usus Buntu 24 Desember 2020 . Waktu baca 7 menit

Penyakit Usus Buntu (Apendisitis)

Penyakit radang usus buntu (apendisitis) adalah suatu kondisi yang menyebabkan peradangan pada bagian appendix. Baca selengkapnya di sini.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan Pencernaan, Radang Usus Buntu 22 Desember 2020 . Waktu baca 12 menit

Direkomendasikan untuk Anda

ilustrasi pasca operasi usus buntu

Semua Hal yang Penting Diperhatikan Pasca Operasi Usus Buntu

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
sakit gejala usus buntu

Cara Membedakan Sakit Perut Gejala Usus Buntu dan Maag

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
penyakit pada sistem pencernaan

11 Penyakit yang Paling Sering Terjadi pada Sistem Pencernaan

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 13 Januari 2021 . Waktu baca 12 menit
sakit perut sebelah kanan

Penyebab Paling Umum Sakit Perut Sebelah Kanan

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 6 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit