Sering Kesemutan Bisa Menadakan Aliran Darah Anda Tidak Lancar, Berikut Gejala Lainnya

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 20/04/2020 . 4 mins read
Bagikan sekarang

Sirkulasi darah yang berjalan dengan baik penting bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Darah Anda membawa berbagai nutrisi penting dan oksigen yang diperlukan seluruh sel dalam tubuh untuk bisa beraktivitas. Sirkulasi darah yang buruk dapat menghambat kerja sel atau bahkan menyebabkan sel mati. Lalu, apa saja tanda yang bisa dirasakan jika aliran darah tidak lancar?

Tanda-tanda aliran darah tidak lancar

Aliran darah tidak lancar membuat beberapa bagian tubuh tidak mendapatkan pasokan darah sehat yang cukup untuk menjalankan fungsinya. Beberapa tanda yang bisa Anda rasakan jika mengalami sirkulasi darah buruk adalah:

1. Kesemutan pada tangan dan kaki

Menekuk kaki atau tangan dapat membuat aliran darah ke bagian tersebut menjadi terhambat sehingga Anda pun akan merasa kesemutan. Sering kesemutan atau merasa kebas ketika berlama-lama menekuk kaki merupakan salah satu tanda aliran darah tidak lancar.

Mengganti posisi duduk adalah solusi yang baik agar kesemutan tidak bertambah buruk.

2. Tangan dan kaki terasa dingin

Salah satu fungsi darah dalam tubuh adalah untuk mengatur suhu tubuh. Jika aliran darah tidak lancar, Anda mungkin akan merasa kedinginan. Umumnya, jari kaki dan tangan Anda akan terasa dingin dan berwarna pucat. Anda mungkin perlu menggunakan sarung tangan dan sarung kaki untuk membantu menghangatkan tubuh Anda. Atau, Anda juga bisa mengonsumsi minuman hangat untuk menghangatkan tubuh.

3. Sering kelelahan

Apakah Anda pernah mengalami kelelahan walaupun sudah tidur lama? Mungkin hal ini disebabkan oleh sirkulasi darah Anda yang buruk. Sirkulasi darah buruk dapat membuat organ (seperti otak) dan otot tidak mendapatkan nutrisi dan oksigen yang cukup dari darah. Padahal, kedua hal ini dibutuhkan sel-sel tubuh untuk menghasilkan energi dalam melakukan aktivitas. Akibatnya, tubuh Anda akan kekurangan energi dan merasa lelah berlebihan.

4. Kehilangan nafsu makan

Ternyata saluran pencernaan Anda dapat memengaruhi dan dipengaruhi oleh banyak hal. Salah satunya adalah sirkulasi darah ke saluran pencernaan. Sirkulasi darah yang buruk dapat membuat organ pencernaan tidak menerima darah yang mengandung nutrisi dan oksigen yang cukup. Akibatnya, nafsu makan Anda bisa menurun dan metabolisme tubuh bisa melambat.

5. Bengkak pada beberapa bagian tubuh

Pembengkakan umum terjadi jika sirkulasi darah Anda berjalan buruk. Biasanya darah akan menumpuk di sekitar pergelangan kaki sehingga membuat kaki Anda menjadi bengkak atau juga biasa disebut edema. Kaki bengkak biasanya terjadi pada ibu hamil, atau jika Anda menderita penyakit, seperti penyakit ginjal. Selain kaki, tangan juga menjadi bagian tubuh yang sering mengalami pembengkakan. Bengkak pada kaki atau tangan bisa menjadi pertanda kondisi yang lebih serius.

Tak hanya itu, sirkulasi yang buruk juga bisa menyebabkan vena varikosa atau juga biasa dikenal sebagai varises pada kaki. Pada kasus yang parah, varises dapat menyakitkan. Selain itu, juga sering terasa gatal.

6. Gangguan fungsi kognitif

Sirkulasi darah yang buruk juga dapat memengaruhi kerja otak Anda. Otak membutuhkan nutrisi dan oksigen yang dibawa darah untuk melakukan fungsinya. Sehingga, jika pasokan darah ke otak terhambat, maka hal ini dapat menyebabkan sering lupa, sulit konsentrasi, dan kurang fokus.

Berdasarkan penelitian dalam Journal of Geriatric Cardiology, kurangnya pasokan darah ke otak dan ke seluruh tubuh, serta perubahan tekanan darah merupakan faktor utama yang menyebabkan menurunnya fungsi kognitif.

Apa penyebab aliran darah tidak lancar?

Darah yang tidak mengalir lancar bisa disebabkan oleh berbagai kondisi dan penyakit, seperti:

Namun, aliran darah tidak lancar masih mungkin Anda perbaiki sebelum terlambat. Caranya yaitu dengan mengubah pola makan Anda menjadi lebih sehat dan melakukan olahraga teratur. Dengan begitu, kesehatan Anda secara keseluruhan pun bisa diperbaiki.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

4 Tips Mudah Mengurangi Makan Garam Agar Tak Kena Hipertensi

Katanya, makanan tanpa garam tak sedap. Namun, jika makan garam terlalu banyak bikin tekanan darah naik. Lalu, bagaimana cara mengurangi makan garam?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hipertensi, Health Centers 15/11/2019 . 4 mins read

Normalkah Jika Payudara Bengkak Saat Menyusui?

Saat masa menyusui, Anda mungkin memerhatikan perubahan payudara yang terlihat bengkak. Sebenarnya, apa penyebab kondisi ini dan bagaimana penanganannya?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Bayi, Parenting, Menyusui 18/10/2019 . 8 mins read

Benarkah Sering Mendengar Suara Pesawat Bikin Tekanan Darah Naik?

Bukan hanya mengganggu telinga, suara bising pesawat katanya bisa membuat tekanan darah naik. Benarkah demikian? Simak penjelasan studi berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Hidup Sehat, Fakta Unik 15/10/2019 . 4 mins read

4 Kebiasaan Penyebab Tangan 3K (Kesemutan, Kebas, dan Kram)

Tangan kesemutan bisa mengganggu aktivitas Anda. Bukan hanya masalah kesehatan, beberapa kebiasaan bisa jadi penyebab tangan kesemutan. Apa saja?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Nyeri Kronis, Health Centers 02/09/2019 . 4 mins read

Direkomendasikan untuk Anda

kacang almond

Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 5 mins read
mengukur tekanan darah anak

Panduan Lengkap Mengukur Tekanan Darah Anak di Rumah

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 22/04/2020 . 7 mins read
edema makula diabetik

Edema Makula Diabetik, Komplikasi Diabetes yang Bisa Sebabkan Kebutaan

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 13/02/2020 . 4 mins read
vitamin melancarkan peredaran darah

Ragam Vitamin dan Suplemen untuk Melancarkan Peredaran Darah

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 09/02/2020 . 4 mins read