Seperti Apa Prosedur Operasi Ambeien? Apakah Menyakitkan?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Ambeien atau yang sering disebut dengan wasir, adalah penyakit yang sering terjadi pada pria dan wanita. Ambeien dapat diobati dengan beberapa perawatan, salah satunya adalah operasi. Operasi ambeien termasuk cara yang paling efektif untuk mengobati ambeien yang berat dan berulang. Umumnya, tindakan medis ini akan disarankan dokter jika pengobatan lain untuk ambeien tidak berhasil. Sebelum menjalani operasi ambeien, sebaiknya ketahui dulu prosedur serta tahapannya.

Bagaimana prosedur operasi ambeien dilakukan?

Operasi ambeien atau disebut juga dengan hemoroidektomi, akan dilakukan untuk wasir dalam dan luar yang memiliki ukuran besar. Biasanya, wasir jenis ini sudah keluar dari dinding rektum ke anus, sehingga harus segera ditangani lebih lanjut.

Tindakan medis ini dapat dilakukan dengan bius lokal yang dikombinasikan dengan obat penenang. Dalam beberapa kasus juga dilakukan bius spinal atau bius umum, tergantung dengan kondisi masing-masing pasien.

Sebenarnya, wasir adalah kondisi di mana pembuluh darah vena meradang dan membengkak, sehingga terlihat seperti benjolan di sekitar anus dan rektum. Maka itu, dalam prosedur operasi yang akan dilakukan adalah mengangkat bagian yang berlebihan dan meradang tersebut.

Biasanya, dokter akan melakukan pembedahan pada benjolan, kemudian mengikat pembuluh darah vena yang ada di dalam ambeien agar tidak terjadi perdarahan. Pembedahan ini dilakukan dengan menggunakan pisau (scalpel), alat yang menggunakan listrik (cautery pencil), atau laser.

Apa yang terjadi setelah operasi ambeien?

Tepat setelah operasi ambeien, saat Anda masih menjalani anestesi, Anda akan diberi obat bius lokal yang harus berlangsung 6-12 jam. Hal ini dilakukan untuk mengurangi rasa sakit setelah operasi.

Jika setelah operasi, kondisi Anda membaik dan telah pulih sepenuhnya dari pengaruh obat bius, maka Anda tak perlu dirawat inap dan diizinkan untuk pulang. Tetapi sebelum pulang biasanya pasien harus dipastikan bisa buang air kecil terlebih dulu. Beberapa orang mungkin akan mengalami kesulitan untuk buang air kecil, hal ini karena adanya pembengkakan pada jaringan atau spasme otot pelvis.

Pemulihan setelah operasi ambeien

Umumnya, proses pemulihan setelah operasi ambeien membutuhkan sekitar dua minggu. Namun jika Anda ingin benar-benar pulih dan beraktivitas normal kembali, pemulihan bisa memakan waktu hingga 3-6 minggu.

Banyak pasien menunjukkan bahwa pemulihan dari jenis operasi ini sangat menyakitkan. Mungkin beberapa orang masih merasakan sakit dan tidak nyaman selama 2-3 minggu setelah operasi dilakukan. Namun sebagian besar pasien mulai merasa lebih baik pada akhir minggu pertama.

Dokter mungkin akan memberikan obat penghilang rasa sakit, seperti acetaminophen,  aspirin atau ibuprofen. Selain itu, dokter juga mungkin akan merekomendasikan obat pencahar, obat pelunak feses, atau keduanya untuk mencegah buang air besar yang keras.

Anda juga perlu mengonsumsi makanan berserat tinggi untuk melunakkan feses, dan minum air yang cukup selama proses pemulihan (sekitar 8-10 gelas per hari). Hal ini penting dilakukan untuk menghindari sembelit.

Anda mungkin merasa sakit saat membungkuk, jongkok, pindah posisi dari berdiri ke posisi duduk. Minimalkan aktivitas yang menyakitkan sebisa mungkin, terutama dalam beberapa hari pertama setelah operasi.

Pemeriksaan lanjutan dengan dokter bedah biasanya akan dilakukan 2-3 minggu setelah operasi untuk memeriksa hasil pembedahan.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca