Dibuang Sayang, Bolehkah Pakai Produk Skin Care yang Sudah Kedaluwarsa?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 03/12/2019 . 5 menit baca
Bagikan sekarang

Memilih produk skin care yang cocok untuk kulit itu tidak mudah. Ada saja yang membuat Anda tidak jadi pakai suatu produk padahal sudah menggelontorkan banyak uang untuk membelinya. Mungkin justru sebaliknya? Anda sudah sangat cocok pakai produk A tapi merasa sayang dan takut cepat habis jika terus-terusan dipakai. Akhirnya, skin care Anda ini jadi terbengkalai di atas meja rias dan kedaluwarsa. Sebenarnya boleh tidak, sih, pakai skin care kedaluwarsa atau sudah lama tidak digunakan?

Kenapa harus cek tanggal kedaluwarsa produk?

Setiap produk kosmetik dan skin care komersil pasti punya tanggal kedaluwarsa masing-masing. Entah itu krim tabir surya, pelembap wajah dan badan (body lotion), krim mata, hingga serum wajah. Keterangan waktu kedaluwarsa biasa tercantum di bagian bawah wadah, samping wadah, tutup wadah, atau pada kotak pembungkusnya.

Rata-rata produk perawatan kulit dapat digunakan selama satu sampai dua tahun jika sudah dibuka. Sementara untuk produk yang masih tersegel rapat bisa bertahan hingga tiga tahun. Namun, dibanding dengan krim lainnya, krim mata biasanya lebih mudah dan cepat berubah kualitasnya jika sudah satu tahun digunakan.

Pencantuman batas waktu pemakaian ini bertujuan supaya Anda tidak sampai menggunakan produk melewati tanggal yang sudah ditentukan. Memangnya kenapa?

Skin care kedaluwarsa mungkin sudah tidak lagi berkhasiat

Sama seperti makanan, setiap produk skin care pabrikan pada umumnya juga mengandung senyawa aktif atau zat kimia tertentu yang rentan berubah dan punya “batas usia hidup”.

Maka meski sedari awal kemasannya sudah tertutup rapat atau bahkan belum dibuka sama sekali, zat-zat aktif ini tetap rentan berubah seiring waktu. Perubahan pH atau tingkat keasaman suatu zat lambat laun akan mengubah sifat molekul-molekul dasarnya sehingga membuat kandungan dalam skin care tersebut jadi berkurang kualitas dan khasiatnya.

Apalagi jika Anda menyimpannya sembarangan atau dengan cara yang tidak benar. Misalnya disimpan di tempat yang terpapar sinar matahari. Kandungan zat bisa saja rusak. Ambil contoh kandungan asam vitamin C yang sangat mudah teroksidasi begitu terpapar cahaya atau suhu panas.

Kemungkinan bakteri juga sudah mulai berkembang biak di dalam produk lama tersebut. Terutama jika Anda menyimpannya asal-asalan, atau produk tersebut mengandung bahan alami atau skin care organik yang tidak mengandung tambahan pengawet.

krim pemutih wajah

Apa akibatnya jika pakai skin care kedaluwarsa?

Memakai produk skincare yang sudah lama terbengkalai sebenarnya tidak jadi masalah apabila belum melewati tanggal kedaluwarsanya dan disimpan dengan benar (tertutup rapat, menjauhi sinar matahari).

Seperti yang telah dijelaskan di atas, rata-rata produk skin care bisa awet sampai 2 tahun setelah kemasannya dibuka. Di samping itu, beberapa hal lain yang perlu Anda perhatikan jika ingin menggunakan skincare yang sudah lama, yaitu:

  • Rasakan bagaimana teksturnya, lebih lengket atau lebih encer?
  • Lihat apakah warnanya berubah? Produk sudah tidak layak pakai jika muncul bercak kekuningan atau kecokelatan.
  • Baunya jadi tidak enak.

Jika salah satu saja terjadi pada skincare Anda, sebaiknya segera buang ke tempat sampah. Meski umumnya tidak berbahaya bagi kulit, Anda tetap harus menghindari memakai skincare kedaluwarsa. Kandungan bahan aktif dan zat obatnya mungkin sudah berubah sehingga kemanjurannya jadi berkurang.

Itu kenapa memakai krim tabir surya yang sudah basi bisa menyebabkan kulit terbakar (sunburn). Selain itu pada beberapa kasus, skin care kedaluwarsa dapat berisiko menyebabkan iritasi pada kulit yang sensitif. Terutama di bagian mata.

Maka Anda tetap perlu berhati-hati dan mengecek kembali tanggal kedaluwarsa yang tercantum serta kondisi produk tersebut sebelum memakainya. Percuma, ‘kan, pakai produk yang ternyata tidak memberikan manfaat apa pun bagi kulit Anda? Apalagi berbalik malah jadi merugikan.

pelembap untuk psoriasis

Tips menjaga kualitas skin care tetap baik

Ada beberapa cara untuk menjaga kualitas produk perawatan kulit Anda tetap baik dan mencegahnya cepat kedaluwarsa, antara lain:

  • Pastikan lebih dulu produk yang Anda beli memang cocok dan perlukan. Jika Anda baru pertama kali mencoba produk tersebut, sebaiknya beli kemasan yang kecil dulu.
  • Beli produk di tempat yang terpercaya untuk menghindari produk palsu. Baca dengan cermat tanggal kedaluwarsa pada kemasan. Jika sudah mendekati batas waktu dan kemasannya rusak, jangan dibeli.
  • Simpan di tempat yang bersih dan terhindari dari sinar matahari langsung. Tutup rapat setiap kali habis digunakan dan bersihkan sisa krim yang berantakan di luar wadah.
  • Supaya Anda tidak lupa tanggal kedaluwarsa, tulis tanggal kedaluwarsanya pada kertas kecil dan tempelkan di tutupnya atau tulis langsung dengan spidol permanen.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

8 Manfaat Minyak Rosehip untuk Kecantikan Kulit

Salah satu jenis minyak yang bermanfaat untuk kecantikan kulit, yaitu minyak rosehip. Apa saja manfaat dari minyak rosehip ini?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Perawatan Kulit, Hidup Sehat, Kecantikan 14/04/2020 . 5 menit baca

Manfaat Tanaman Mugwort untuk Kesehatan Kulit

Mugwort mengandung vitamin serta senyawa antioksidan dan antiradang sehingga memiliki manfaat bagi kesehatan kulit. Apa saja manfaat tersebut?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Perawatan Kulit, Hidup Sehat 17/03/2020 . 3 menit baca

Manfaat Coenzyme Q10 (CoQ10) Dalam Produk Kecantikan

Siapa sangka manfaat coenzyme Q10 tidak hanya untuk kesehatan tubuh saja, melainkan juga berguna dalam produk perawatan kulit. Mengapa demikian?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Perawatan Kulit, Hidup Sehat, Kecantikan 05/03/2020 . 4 menit baca

Hydrating Toner vs Exfoliating Toner, Mana yang Lebih Baik?

Toner adalah produk yang esensial untuk rutinitas perawatan kulit. Lantas, manakah yang lebih baik, exfoliating toner atau hydrating toner?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Hidup Sehat, Kecantikan 03/03/2020 . 6 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

jerawat gara-gara kacamata

Cara Mencegah Masalah Jerawat Gara-gara Pemakaian Kacamata

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 22/05/2020 . 4 menit baca
Skin care dengan asam aktif

Manfaat dan Cara Aman Pakai Skin Care yang Mengandung Asam Aktif

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Dipublikasikan tanggal: 08/05/2020 . 4 menit baca
glass skin

5 Langkah Wujudkan Kulit Bening Bercahaya ala Glass Skin

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 03/05/2020 . 4 menit baca
merawat kulit saat karantina

Penyebab Masalah Kulit Saat Karantina dan Cara Merawatnya

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 27/04/2020 . 6 menit baca