5 Obat Mimisan Alami yang Ada di Dapur

Oleh

Mimisan adalah salah satu jenis perdarahan yang cukup sering terjadi. Biasanya mimisan tidak bersifat serius atau membahayakan. Namun, perdarahan hidung ini tentu sangat mengganggu dan tak nyaman. Jangan khawatir dulu, Anda bisa mengatasi mimisan secara mandiri di rumah. Selain menjepit hidung selama beberapa menit, ada lima obat mimisan alami yang mudah ditemukan di rumah Anda. Ingat baik-baik lima pereda mimisan berikut ini, ya.

Apa saja obat mimisan alami?

1. Air garam

Mimisan bisa disebabkan oleh berbagai hal. Beberapa di antaranya adalah udara yang terlalu dingin dan kering. Untuk itu, Anda membutuhkan air garam untuk meredakan perdarahan akibat udara dingin dan kering. Air garam akan membantu melembapkan lapisan dalam hidung dan mengurangi iritasi pada selaput hidung. Garam juga ampuh untuk mempersempit aliran pembuluh darah di hidung sehingga perdarahan akan terhenti.  

Untuk mengobati mimisan dengan air garam, larutkan garam dalam air hangat. Setelah itu, basahi kapas dengan air garam tersebut. Sambil sedikit mendongakkan kepala Anda, teteskan air garam secukupnya dari kapas melalui lubang hidung.

2. Kompres es

Siapkan es batu dan bungkus dengan kain lembut. Jangan pernah menempelkan es batu langsung pada hidung karena hal tersebut berisiko menyebabkan kerusakan jaringan. Setelah es batu dibungkus kain, kompres pada bagian luar hidung Anda selama beberapa menit. Seperti air garam, es yang dingin juga mampu menghentikan perdarahan dengan cara menyempitkan pembuluh darah Anda pada bagian hidung.

3. Bawang merah

Tak disangka-sangka, bawang merah bisa jadi penyelamat Anda ketika mimisan. Senyawa belerang yang terdapat dalam bawang merah mampu membantu pembekuan darah secara alami. Hal ini bisa meredakan perdarahan pada hidung. Selain itu, bawang merah juga kaya akan vitamin C dan zat bioflavonoid yang berfungsi untuk memperkuat pembuluh darah kapiler. Ini tentu berguna untuk menghentikan perdarahan akibat pembuluh darah yang pecah.

Sebagai obat mimisan, Anda hanya perlu menghirup aroma bawang merah. Potong bawang tipis-tipis dan tempelkan irisan bawang di bawah hidung Anda. Hirup aromanya selama beberapa menit untuk meredakan perdarahan.  

4. Perasan jeruk lemon

Jeruk lemon memiliki segudang khasiat yang baik untuk kesehatan, tak terkecuali untuk hidung yang mimisan. Lemon yang kadar keasamannya tinggi mampu menghentikan perdarahan. Sementara itu, kandungan vitamin C-nya baik untuk memperkuat pembuluh darah yang rusak di dalam hidung Anda. Peras lemon secukupnya dan teteskan satu atau dua tetes perasan lemon ke dalam hidung yang mimisan. Mimisan pun akan berhenti dalam waktu beberapa menit.

5. Daun ketumbar

Selain untuk memasak, daun ketumbar ternyata bisa jadi salah satu obat mimisan alami yang aman tapi manjur. Ketumbar dikenal sebagai salah satu bahan yang bisa membantu menghentikan perdarahan dan menyeimbangkan tekanan darah.

Untuk mengatasi mimisan di rumah, lumatkan daun ketumbar dalam blender atau dengan cobek sampai halus. Kemudian oleskan ketumbar yang sudah dihaluskan tersebut pada bagian dalam hidung Anda.

Kapan mimisan harus dibawa ke dokter?

Biasanya mimisan memang bisa diatasi sendiri di rumah. Akan tetapi, jika Anda mengalami tanda-tanda di bawah ini, sebaiknya segera kunjungi layanan kesehatan terdekat.

  • Mimisan tak kunjung berhenti setelah lebih dari 10 menit
  • Mimisan terjadi beberapa kali dalam sehari
  • Demam tinggi dan menggigil
  • Pusing, sakit kepala, atau perasaan seperti ingin pingsan
  • Batuk atau muntah darah

Baca Juga:

Sumber