Ini Alasan Mengapa Anda Harus Minum Air Putih Sebelum Tidur

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 28 September 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Seberapa sering Anda minum air putih dalam satu hari? Apakah Anda minum hanya ketika merasa haus saja? Banyak orang yang tak memedulikan kebutuhan cairan mereka padahal hal tersebut sangat penting untuk menjaga fungsi tubuh normal. sudah pernah coba membiasakan diri untuk minum air putih sebelum tidur? Ternyata kebiasaan tersebut tak hanya dapat menjaga status hidrasi Anda, namun juga bermanfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaat dari minum air putih sebelum tidur?  

Berbagai manfaat minum air putih sebelum tidur

Air adalah komposisi yang paling banyak membentuk tubuh. oleh karena itu, tak heran jika Anda selalu mendengarkan anjuran minum air putih setidaknya 8 gelas per hari atau sesuai kebutuhan. Namun saat ini, banyak orang yang masih belum menerapkan anjuran tersebut. Kebanyakan dari mereka hanya mengonsumsi air putih ketika mereka merasa haus saja, padahal tubuh juga membutuhkan cairan meskipun Anda tak merasakan haus.

Agar tubuh Anda semakin sehat dan baik, Anda dapat mencoba membiasakan diri untuk mengonsumsi air putih sebelum tidur, karena kebiasaan ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Berikut adalah manfaatnya:

1. Memenuhi kebutuhan cairan dalam satu hari

Jika Anda kurang minum di siang hari, maka dengan membiasakan diri untuk minum air putih sebelum tidur dapat membantu tubuh untuk menjaga status cairannya. Apalagi, selama kurang lebih 7 jam Anda tidur di malam hari, tubuh tak akan mendapatkan cairan apapun. Jadi, untuk mencegah tubuh Anda mengalami kondisi kekurangan cairan atau dehidrasi, maka Anda bisa memanfaatkan waktu malam sebelum tidur untuk minum satu sampai dua gelas air putih.

2. Membantu menurunkan berat badan

Bagi Anda yang sedang berdiet, Anda bisa membiasakan kebiasaan ini untuk membuat diet Anda lebih cepat berhasil. Hal ini salah satunya disebabkan oleh rasa lapar yang sering kali muncul di malam hari mendekati waktu tidur Anda. dengan minum air putih sebelum tidur akan mencegah Anda mengonsumsi atau ngemil makanan yang tak sehat dan pada akhirnya membuat berat badan naik.

3. Membantu membersihkan tubuh

Minum air putih sebelum tidur tak hanya membuat kebutuhan cairan tubuh terpenuhi saja, namun mengonsumsi air yang banyak dapat mencegah Anda dari gejala sembelit atau permasalahan pencernaan lain. Dalam sebuah penelitian yang dilaporkan dalam American Journal of Gastroenterology, diketahui bahwa minum air putih yang setidaknya sesuai dengan kebutuhan berdampak baik bagi kesehatan organ cerna.

Tak semua orang boleh minum air putih sebelum tidur

Namun, ternyata tak semua orang dianjurkan untuk minum air putih sebelum tidur. Beberapa kelompok orang yang mengalami suatu kondisi tertentu, justru harus menghindari konsumsi air sebelum tidur karena dapat meningkatkan komplikasi dari penyakitnya. Orang yang mengalami penyakit jantung atau pun gangguan fungsi ginjal biasanya diatur asupan cairannya, untuk meminimalkan risiko yang mungkin terjadi.

Perlu diingat juga, jika Anda minum air putih cukup banyak sebelum tidur maka ada kemungkinan tidur Anda akan terganggu karena Anda ingin buang air kecil di tengah tidur. Bagi orang yang memiliki keterbatasan untuk bergerak, tentu hal ini akan sedikit mengganggunya karena harus bolak-balik ke kamar mandi beberapa kali dalam semalam.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Hal yang Harus Anda Lakukan Ketika Menyaksikan Bullying

Anda sering melihat bullying tapi tidak tahu harus berbuat apa? Anda ingin menolong korban tapi takut? Cari tahu di sini apa yang harus Anda lakukan!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Hidup Sehat, Psikologi 24 September 2020 . Waktu baca 5 menit

Apakah Posisi Kencing Berdiri Berbahaya untuk Kesehatan?

Kencing dengan posisi berdiri kerap dilakukan pria, tapi mereka yang mengidap gangguan saluran kemih justru dilarang. Apa alasannya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Urologi, Kandung Kemih 24 September 2020 . Waktu baca 5 menit

Kenapa Cuaca Dingin Bikin Rematik Kumat dan Bagaimana Mengatasinya?

Istilah 'dingin sampai menusuk tulang' bisa terjadi pada penderita rematik Nyeri sendi akibat rematik kambuh bisa disebabkan oleh cuaca, bagaimana bisa?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 24 September 2020 . Waktu baca 3 menit

Terapi Urine dengan Minum Air Kencing, Benarkah Efektif?

Terapi urine dengan minum air kencing yang terdengar menjijikkan telah dipercaya sejak berabad-abad lalu. Apakah manfaatnya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Urologi, Kandung Kemih 23 September 2020 . Waktu baca 8 menit

Direkomendasikan untuk Anda

obat psoriasis alami

Sederet Bahan Herbal yang Berpotensi Sebagai Obat untuk Psoriasis

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 25 September 2020 . Waktu baca 9 menit
obat cacing kremi

Obat Paling Ampuh untuk Menghilangkan Cacing Kremi

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 25 September 2020 . Waktu baca 5 menit
ensefalopati uremikum

Ensefalopati Uremikum, Komplikasi Gangguan Ginjal yang Menyerang Otak

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 25 September 2020 . Waktu baca 4 menit
hubungan suami istri terasa hambar

3 Hal yang Membuat Seks Tidak Lagi Terasa Memuaskan, dan Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 24 September 2020 . Waktu baca 4 menit