Ini Alasan Mengapa Anda Harus Minum Air Putih Sebelum Tidur

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 20/05/2020
Bagikan sekarang

Seberapa sering Anda minum air putih dalam satu hari? Apakah Anda minum hanya ketika merasa haus saja? Banyak orang yang tak memedulikan kebutuhan cairan mereka padahal hal tersebut sangat penting untuk menjaga fungsi tubuh normal. sudah pernah coba membiasakan diri untuk minum air putih sebelum tidur? Ternyata kebiasaan tersebut tak hanya dapat menjaga status hidrasi Anda, namun juga bermanfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaat dari minum air putih sebelum tidur?  

Berbagai manfaat minum air putih sebelum tidur

Air adalah komposisi yang paling banyak membentuk tubuh. oleh karena itu, tak heran jika Anda selalu mendengarkan anjuran minum air putih setidaknya 8 gelas per hari atau sesuai kebutuhan. Namun saat ini, banyak orang yang masih belum menerapkan anjuran tersebut. Kebanyakan dari mereka hanya mengonsumsi air putih ketika mereka merasa haus saja, padahal tubuh juga membutuhkan cairan meskipun Anda tak merasakan haus.

Agar tubuh Anda semakin sehat dan baik, Anda dapat mencoba membiasakan diri untuk mengonsumsi air putih sebelum tidur, karena kebiasaan ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Berikut adalah manfaatnya:

1. Memenuhi kebutuhan cairan dalam satu hari

Jika Anda kurang minum di siang hari, maka dengan membiasakan diri untuk minum air putih sebelum tidur dapat membantu tubuh untuk menjaga status cairannya. Apalagi, selama kurang lebih 7 jam Anda tidur di malam hari, tubuh tak akan mendapatkan cairan apapun. Jadi, untuk mencegah tubuh Anda mengalami kondisi kekurangan cairan atau dehidrasi, maka Anda bisa memanfaatkan waktu malam sebelum tidur untuk minum satu sampai dua gelas air putih.

2. Membantu menurunkan berat badan

Bagi Anda yang sedang berdiet, Anda bisa membiasakan kebiasaan ini untuk membuat diet Anda lebih cepat berhasil. Hal ini salah satunya disebabkan oleh rasa lapar yang sering kali muncul di malam hari mendekati waktu tidur Anda. dengan minum air putih sebelum tidur akan mencegah Anda mengonsumsi atau ngemil makanan yang tak sehat dan pada akhirnya membuat berat badan naik.

3. Membantu membersihkan tubuh

Minum air putih sebelum tidur tak hanya membuat kebutuhan cairan tubuh terpenuhi saja, namun mengonsumsi air yang banyak dapat mencegah Anda dari gejala sembelit atau permasalahan pencernaan lain. Dalam sebuah penelitian yang dilaporkan dalam American Journal of Gastroenterology, diketahui bahwa minum air putih yang setidaknya sesuai dengan kebutuhan berdampak baik bagi kesehatan organ cerna.

Tak semua orang boleh minum air putih sebelum tidur

Namun, ternyata tak semua orang dianjurkan untuk minum air putih sebelum tidur. Beberapa kelompok orang yang mengalami suatu kondisi tertentu, justru harus menghindari konsumsi air sebelum tidur karena dapat meningkatkan komplikasi dari penyakitnya. Orang yang mengalami penyakit jantung atau pun gangguan fungsi ginjal biasanya diatur asupan cairannya, untuk meminimalkan risiko yang mungkin terjadi.

Perlu diingat juga, jika Anda minum air putih cukup banyak sebelum tidur maka ada kemungkinan tidur Anda akan terganggu karena Anda ingin buang air kecil di tengah tidur. Bagi orang yang memiliki keterbatasan untuk bergerak, tentu hal ini akan sedikit mengganggunya karena harus bolak-balik ke kamar mandi beberapa kali dalam semalam.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Penyebab Mulut Anda Terasa Pahit Saat Puasa

Penyebab mulut terasa pahit saat puasa biasanya tidak berbahaya. Bisa jadi, mulut terasa pahit karena Anda lalai melakukan hal yang satu ini! Apa ya?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hari Raya, Ramadan 19/05/2020

Rutin Minum Madu Saat Sahur Bisa Memberikan 5 Kebaikan Ini

Katanya, minum madu saat sahur bisa memberikan segudang manfaat baik bagi tubuh selama menjalani puasa. Tertarik ingin coba? Simak beragam khasiatnya.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Hari Raya, Ramadan 17/05/2020

3 Buah Selain Kurma yang Baik untuk Berbuka Puasa

Kurma bukan satu-satunya buah yang baik dimakan saat berbuka puasa. Lihat berbagai pilihan lainnya.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Monika Nanda
Hari Raya, Ramadan 14/05/2020

7 Cara Menjaga Tubuh Agar Tetap Fit Saat Puasa

Jangan sampai karena puasa Anda jadi lemas, lesu, dan mudah sakit. Simak rutinitas yang bisa dilakukan agar tetap fit saat puasa.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Hari Raya, Ramadan 09/05/2020

Direkomendasikan untuk Anda

resep membuat bakwan

4 Resep Membuat Bakwan di Rumah yang Enak Tapi Sehat

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020

Berbagai Manfaat Daun Kale, Si Hijau yang Kaya Zat Gizi

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020
panduan diet sehat untuk menurunkan berat badan, cara diet sehat, menu diet sehat, makanan diet sehat, diet sehat alami

Cara Diet Turun Berat Badan yang Aman Tanpa Bahayakan Kesehatan

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020
diagnosis hiv

Apa Bedanya Stres dan Depresi? Kenali Gejalanya

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 26/05/2020