Tips Mengurangi Polusi di dalam Rumah Agar Udara Lebih Berkualitas

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 25/10/2019 . 5 menit baca
Bagikan sekarang

Sumber polusi di dalam ruangan, seperti asap rokok dan debu kotoran, menyebabkan kualitas udara di rumah Anda menjadi menurun. Apalagi jika rumah atau ruangan tempat Anda berdiam tidak memiliki ventilasi yang baik, sehingga pertukaran udara tidak terjadi dan tidak dapat mencairkan emisi dalam ruangan. 

Selain itu, tingkat kelembapan yang tinggi juga memengaruhi buruknya kualitas udara di rumah Anda. Maka itu, diperlukan strategi tertentu agar Anda bisa menghirup kembali udara yang baik di dalam ruangan. 

Tips mengatasi polusi udara di dalam ruangan

Seperti yang dilansir dari laman United States Environmental Protection Agency, ada tiga prinsip yang harus Anda ingat ketika memperbaiki kualitas udara di dalam ruangan, yaitu:

  • Mengurangi sumber polusi dalam ruangan. 
  • Menambah atau memperbaiki ventilasi ruangan. 
  • Menggunakan pembersih udara. 

Selain itu, ada beberapa cara lain yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi polusi yang terjadi di dalam ruangan, agar kualitas udara menjadi lebih baik. 

1. Rutin membersihkan lantai rumah

seberapa sering harus membersihkan rumah

Salah satu cara untuk mengatasi polusi udara di dalam ruangan Anda adalah dengan rutin membersihkan lantai rumah Anda minimal dua hari sekali. Lantai merupakan tempat bersarangnya mikroba, alergen, dan bahan kimia yang dapat menjadi polutan di dalam ruangan. 

Anda bisa menggunakan penyedot debu yang memiliki penyaring dan kotorannya tidak kembali ke pipa penyedot. Jangan lupa untuk menyedot kotoran yang ada pada karpet dan furnitur yang mempunyai lapisan, seperti sofa dan tempat tidur.

Beberapa tips lain agar lantai rumah Anda tetap bersih dari debu dan kotoran, antara lain: 

  • Mengepel lantai dengan kain pel microfiber yang dapat menangkap lebih banyak debu dan kotoran. Biasakan untuk melakukan hal ini setelah Anda menyedot debu atau menyapu lantai. 
  • Meletakkan keset di setiap pintu masuk sebuah ruangan, terutama pintu depan agar kotoran, debu, dan polutan lain yang ada di kaki berkurang. 

2. Menjaga kelembapan ruangan 

cara membersihkan humidifier

Ruangan dengan kelembapan tinggi biasanya menjadi tempat favorit jamur dan tungau debu untuk berkembang. Akibatnya, jamur dan tungau ini menjadi sumber polusi udara dalam ruangan yang memberikan dampak buruk terhadap kesehatan Anda. 

Oleh karena itu, usahakan menjaga kelembapan ruangan sekitar 30-50% untuk memperlambat pertumbuhan mikroba. Anda pun bisa menggunakan beberapa strategi di bawah ini untuk menjaga kelembapan ruangan Anda, seperti: 

  • Memakai exhaust fan dan membuka jendela saat Anda mandi, memasak, dan mencuci piring. 
  • Tidak terlalu banyak menyiram air ke tanaman. 
  • Mengeringkan pakaian di luar ruangan. 
  • Memperbaiki atap atau pipa yang bocor untuk mencegah kelembapan yang berlebih. 
  • Menggunakan dehumidifier dan pendingin ruangan, terutama saat musim kemarau. 

3. Tidak merokok di dalam rumah

Menurut Philip Landrigan, dokter anak dari Mount Sinai School of Medicine, aspek utama yang seharusnya diperhatikan untuk mengurangi polusi udara dalam ruangan adalah merokok. 

Hal tersebut dikarenakan salah satu sumber utama polusi udara dalam rumah adalah asap rokok. Asap rokok melepaskan lebih dari 4.000 bahan kimia. Tak hanya yang mengisapnya, orang yang berada di sekitar meskipun tak merokok juga dapat menghirup berbagai bahan kimia yang berdampak buruk terhadap kesehatan mereka. 

Oleh karena itu, agar udara di dalam ruangan Anda menjadi lebih baik, Anda dapat memberlakukan larangan agar tidak merokok di dalam rumah. Walaupun menambah ventilasi dan penyaring udara membantu, senyawa kimia yang menempel di perabotan rumah tidak akan benar-benar hilang. 

Jika Anda merasa kesulitan untuk berhenti merokok, Anda bisa mencari komunitas atau kelompok yang biasanya memiliki program tersendiri untuk membantu Anda. Selain itu, Anda harus bisa membiasakan diri mencari tempat di luar ruangan yang benar-benar khusus untuk merokok. 

4. Menggunakan pengharum ruangan alami

tips rumah bebas bau

Jika Anda menggunakan pengharum ruangan sintetis elektronik, biasanya ketika wewangian mulai dikeluarkan, akan ada puluhan senyawa kimia pula yang dilepaskan di udara. 

Hal ini dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan oleh Environmental Protection Agency dari Amerika Serikat. Pengharum ruangan elektronik melepaskan 20 senyawa organik volatil yang berbeda, tujuh diantaranya termasuk dalam kategori risiko berbahaya. 

Oleh karena itu, untuk menghindari hal tersebut, cobalah mengganti pengharum ruangan Anda dengan yang lebih alami dan mengikuti beberapa tips di bawah ini: 

  • Menggunakan lemon dan soda kue sebagai pengharum alami di dapur. 
  • Meletakkan tanaman yang dapat membantu menyerap polusi udara dalam ruangan, seperti lidah buaya dan pakis. 
  • Membiarkan udara dari luar masuk dengan membuka jendela Anda. Jika Anda atau anggota keluarga memiliki alergi, Anda bisa menyaring udara dengan ventilasi dan pendingin ruangan. 

Berbagai cara di atas bisa membantu Anda mengurangi polusi di dalam ruangan dan membuat Anda memiliki kualitas udara yang lebih baik di dalam rumah. Meski mungkin agak berat awalnya untuk melakukan hal ini, cobalah perlahan-lahan demi kesehatan Anda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Benarkah Udara Kotor Bisa Bikin Susah Tidur?

Selain memberikan dampak buruk untuk kesehatan paru-paru dan jantung, udara kotor ternyata juga dapat mempengaruhi tidur Anda.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Hidup Sehat, Gangguan Tidur 01/04/2020 . 4 menit baca

Cegah Polusi di Dalam Ruangan Dengan 5 Cara Ini

Polusi tidak terjadi di luar saja, melainkan juga dalam ruangan. Supaya kesehatan Anda terjaga, cari tahu cara mencegah polusi udara dalam ruangan di sini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Tips Sehat 03/12/2019 . 7 menit baca

Polusi Udara Bikin Anda Tidak Bahagia, Ini Alasannya Menurut Penelitian

Tidak hanya menyebabkan penyakit, penelitian mengungkap ternyata dampak dari polusi udara juga berperan dalam penurunan tingkat kebahagiaan masyarakat.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Hidup Sehat, Fakta Unik 28/11/2019 . 4 menit baca

Kenali Berbagai Sumber Polusi yang Membuat Udara di Dalam Ruangan Tercemar

Mungkin Anda mengira bahwa di dalam ruangan tidak ada sumber polusi yang membahayakan kesehatan. Faktanya, ada sumber polusi di rumah tanpa Anda sadari.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Fakta Unik 22/10/2019 . 5 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

dampak menghirup udara kotor

Tak Hanya di Luar, Udara Kotor di Dalam Ruangan Bisa Ganggu Sistem Pernapasan

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 04/06/2020 . 6 menit baca
dampak polusi udara pada mata

Dampak Polusi Udara pada Kesehatan Mata dan Cara Mencegahnya

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 01/05/2020 . 4 menit baca
pelonggaran psbb dki efek covid-19 kondisi lingkungan

Begini Efek Pandemi COVID-19 Terhadap Lingkungan Sekitar

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 28/04/2020 . 5 menit baca
hidung

Keunggulan Nasal Spray Powder untuk Melindungi Hidung

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 24/04/2020 . 4 menit baca