14 Cara Menghilangkan Bau Mulut Tak Sedap Dalam Sekejap

Oleh

Meski bukan masalah medis serius, bau mulut bisa bikin kita tidak pede. Aroma tidak sedap yang keluar dari mulut membuat kita seringkali merasa minder untuk bercakap-cakap dengan orang sekitar. Namun, kini Anda tidak perlu khawatir lagi. Ada banyak cara mudah nan ampuh untuk menghilangkan bau mulut. Apa saja? Yuk kulik jawabannya dalam ulasan berikut.

Cara paling ampuh menghilangkan bau mulut

Lebih dari 90 persen kasus bau mulut berasal dari gigi dan mulut yang kotor karena bakteri. Setiap kali Anda makan, sisa-sisa potongan makanan dapat menempel atau tersangkut di sela gigi.

Sisa-sisa makanan yang terselip di gigi lama kelamaan akan dihampiri bakteri jika Anda jarang menggosok gigi. Bakteri ini dapat melepaskan senyawa sulfur yang menyebabkan mulut Anda jadi berbau menyengat.

Meski begitu, ada banyak faktor lainnya yang juga bisa menyebabkan bau mulut. Mulai dari merokok, makan makanan beraroma kuat, hingga tanda dari kondisi medis serius.

Apa pun penyebabnya, jangan sampai bau mulut menurunkan kepercayaan diri Anda. Sejumlah cara sederhana di bawah ini bisa Anda coba untuk menghilangkan bau mulut mengganggu.

1. Minum air putih

tips banyak minum air putih

Tahukah Anda bahwa mulut kering dapat menyebabkan bau mulut? Ya. Mulut kering menandakan produksi air liur yang sedikit. Ini dapat memengaruhi kebersihan mulut Anda.

Tanpa air liur, bakteri penyebab bau mulut sangat mudah berkembang biak. Pasalnya, bakteri penyebab napas bau paling bisa tumbuh subur dalam kondisi lingkungan yang kering.

Bakteri yang tumbuh meliar ini kemudian menghasilkan senyawa sulfur (belerang) yang menyengat. Ketika Anda membuka mulut, maka aroma tidak sedap akan menyerbak keluar.

Itu sebabnya, banyak minum air putih jadi cara termudah untuk menghilangkan bau mulut. Asupan cairan yang cukup dapat meningkatkan produksi air liur. Dengan begitu, mulut akan lebih lembap dan napas pun terasa tetap segar.

Tidak ada takaran pasti berapa banyak Anda harus minum. Pastikan saja untuk langsung minum segelas air setiap kali Anda merasa haus. Ingat, perbanyak minum air putih, ya. Bukan minuman berkafein ataupun manis.

2. Sikat gigi

penyebab bau mulut

Para ahli sepakat bahwa gigi dan mulut yang kotor adalah penyebab paling umum dari bau napas. Itu sebabnya, menjaga kebersihan dan kesehatan mulut merupakan cara paling ampuh menghilangkan bau mulut.

Pastikan Anda menyikat gigi dua kali sehari pada pagi dan malam hari menggunakan pasta gigi ber-fluorida. Fluorida adalah mineral yang efektif membantu melindungi gigi dari kerusakan.

Namun, jangan asal menyikat gigi. Terapkan teknik yang tepat supaya Anda dapat merasakan hasil yang lebih optimal.

Hindari menyikat gigi terlalu keras. Bukannya membuat gigi semakin bersih, menggosok kencang-kencang malah mengikis enamel gigi. Ini adalah asal mula dari gigi sensitif.

Jangan lupa untuk ganti sikat Anda setiap 3-4 bulan sekali. Bulu sikat yang tipis tidak akan efektif untuk membersihkan gigi dari plak dan sisa makanan.

3. Flossing gigi

Gigi putih, bersih, dan napas wangi sepanjang hari merupakan dambaan setiap orang. Agar tidak jadi impian semata, Anda harus flossing setelah menggosok gigi.

Flossing adalah teknik membersihkan sela-sela gigi menggunakan benang gigi. Benang gigi dapat membantu membersihkan sisa makanan yang tersangkut di sela gigi dan tidak terjangkau oleh bulu sikat.

Bila dilakukan rutin dengan cara yang tepat, flossing gigi dapat menjadi salah cara jitu untuk menghilangkan bau mulut. Hindari menggesek atau menarik benang terlalu keras. Pasalnya, hal ini justru akan melukai gusi Anda dan membuatnya berdarah.

4. Pakai obat kumur

pakai obat kumur

Mau bau mulut hilang langsung dalam sekejap? Berkumurlah dengan mouthwash, alias obat kumur.

Selain menghilangkan bau mulut, berkumur juga dapat membersihkan keseluruhan rongga mulut dari sisa makanan dan plak. Baiknya berkumur rutin dua kali sehari setelah menyikat gigi dan flossing.

Agar manfaatnya optimal, pastikan Anda mengetahui cara penggunaannya. Sebelum pakai obat kumur, perhatikan baik-baik daftar komposisinya.

Hindari membeli obat kumur yang mengandung alkohol. Alkohol dapat membuat mulut kering sehingga malah memperburuk bau mulut Anda.

Selain itu, gunakan obat kumur sesuai dengan dosisnya. Pastikan Anda tidak menggunakannya secara berlebihan. Obat kumur yang digunakan secara berlebihan dapat menyebabkan overdosis yang berdampak buruk pada tubuh.

Penting untuk dipahami bahwa berkumur tidak bisa menggantikan peran menyikat gigi dan flossing. Obat kumur hanya membantu mengurangi bakteri dan menyegarkan napas. Maka, pastikan Anda juga tetap rajin sikat gigi, flossing, dan menyikat lidah setiap hari.

5. Membersihkan lidah

lidah bersih

Tanpa disadari, lidah Anda dipenuhi oleh plak dan bakteri penyebab bau mulut. Bila plak dan bakteri terus dibiarkan tumbuh dan bersarang di sana, maka napas bau akan terus menghantui.

Sayangnya, hanya dengan berkumur pakai mouthwash tidak cukup untuk membasmi plak dan bakteri di lidah. Saat berkumur, hanya lapisan terluar dari plak yang akan luruh. Sementara bakteri di bawahnya masih tetap menempel di sela permukaan lidah.

Itu sebabnya, membersihkan lidah harus jadi bagian dari rutinitas kita sehari-hari. Anda bisa membersihkan lidah menggunakan sikat gigi sebagai cara menghilangkan bau mulut.

Gosok mulai dari pangkal lidah paling dalam sampai bagian ujung secara perlahan menggunakan sikat gigi. Setelah itu, kumur-kumur dengan air bersih. Lidah Anda pun akan bersih dan segar kembali.

Jika sikat gigi tidak dapat mencapai bagian belakang lidah atau Anda merasa tidak nyaman menggunakan sikat gigi, coba pakai scraper. Scraper merupakan alat khusus untuk membersihkan lidah.

Alat ini dapat membersihkan bakteri, sisa-sisa makanan, dan sel-sel kulit mati yang menempel di lidah. Jadi, setelah menyikat gigi, flossing, dan berkumur jangan lupa untuk membersihkan lidah, ya!

6. Kumur soda kue

obat kumur

Faktanya, soda kue tidak hanya digunakan untuk membuat kue saja. Soda kue alias natrium bikarbonat juga dapat digunakan sebagai obat kumur alami untuk menghilangkan bau mulut.

Penelitian menunjukkan bahwa soda kue efektif membunuh bakteri penyebab bau mulut. Rutin berkumur dengan larutan soda kue juga dapat membantu membersihkan plak dan sisa makanan yang menempel di permukaan gigi.

Cara menghilangkan bau mulut pakai soda kue mudah. Anda cukup melarutkan 2 sendok teh soda kue ke dalam segelas air hangat.

Kumur-kumur di segala penjuru mulut selama 30 detik. Setelah itu buang air bekas kumurannya. Lakukan cara ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

7. Hindari makanan penyebab bau mulut

petai dan jengkol

Meski rasanya nikmat, ternyata ada sejumlah makanan yang bisa jadi sumber bau mulut. Contohnya saja bawang putih, durian, petai, dan jengkol.

Pada prinsipnya, semua makanan yang Anda makan akan memengaruhi bagaimana aroma mulut dan napas Anda nantinya. Sebab, senyawa penyebab bau mulut yang terkandung dalam makanan-makanan tersebut dapat bertahan di mulut Anda.

Senyawa tersebut juga dapat masuk ke aliran darah dan paru-paru, menyebabkan aroma tak sedap ketika Anda membuka mulut.

Maka itu, bijaklah dalam memilih menu makan  sehari-hari untuk menghindari dan mengatasi bau mulut.

8. Berhenti merokok

cara berhenti merokok dengan olahraga

Bau mulut orang yang merokok cenderung beraroma kuat yang tidak sedap. Ini karena perokok aktif lebih mudah untuk mengalami berbagai masalah gigi dan mulut.

Berbagai penelitian bahkan melaporkan bahwa perokok dua kali lebih berisiko mengalami penyakit gusi dibanding mereka yang tidak merokok. Penyakit gusi sendiri merupakan salah satu penyebab Anda mengalami bau mulut.

Kalau sudah begini, cara terbaik untuk menghilangkan bau mulut adalah dengan berhenti merokok. Awalnya memang tidak mudah. Namun, tidak mustahil untuk mulai berhenti merokok sekarang juga.

Anda pasti bisa melakukannya jika membulatkan tekad dan niat bersungguh-sungguh. Jangan ragu untuk meminta dukungan dari orang-orang terdekat di sekitar Anda ketika terasa sulit.

Ingat, berhenti merokok tidak hanya membuat napas Anda jadi lebih segar. Berhenti merokok juga meningkatkan kesehatan tubuh Anda secara menyeluruh.

Jika masih tetap saja sulit, berkonsultasi ke dokter jadi pilihan terbaik. Dokter dapat meresepkan obat-obatan tertentu atau terapi berhenti merokok.

9. Konsultasi ke dokter gigi

pakai behel dokter gigi

Bau mulut yang menyengat dapat menjadi tanda dari kondisi medis yang lebih serius, misalnya diabetes dan penyakit ginjal.

Oleh sebab itu, bila sejumlah cara yang di atas tidak juga mempan menghilangkan bau mulut, segera berobat ke dokter gigi.

Dokter akan mencari tahu penyebab mulut bau dengan memeriksa rongga mulut Anda secara menyeluruh. Ia juga akan menanyakan riwayat kesehatan serta cara Anda dalam merawat kebersihan gigi dan mulut.

Bila diperlukan, dokter juga akan meminta Anda untuk melakukan serangkaian pemeriksaan laboratorium untuk memastikan diagnosisnya.

Setelah penyebabnya diketahui, barulah dokter dapat menentukan perawatan yang tepat sesuai dengan kondisi Anda.

Anda mungkin akan diresepkan obat kumur khusus yang dapat digunakan untuk menyegarkan napas sekaligus membersihkan mulut. Pasta gigi khusus juga dapat diberikan untuk membantu melindungi gigi Anda dari ancaman plak dan bakteri penyebab bau mulut.

Idealnya, rutinlah cek kesehatan gigi dan mulut Anda setidaknya 6 bulan sekali.

Beragam makanan penghilang bau mulut

Ternyata ada makanan dan minuman yang dapat meredakan bau mulut untuk sementara waktu. Hal ini disampaikan oleh Gerald P. Curatola, seorang dosen kedokteran gigi di New York University College of Dentistry dalam laman Everyday Health. 

Ketika Anda tidak bisa langsung membersihkan gigi, coba sejumlah makanan dan minuman di bawah ini.

1. Permen karet

mengunyah permen karet

Mengunyah permen karet bisa jadi cara menghilangkan bau mulut dengan sekejap di kala darurat. Mengunyah permen karet dapat membantu meningkatkan produksi air liur untuk membilas sisa-sisa plak yang menyelip di gigi.

Namun, jangan asal makan permen karet. Pilihlah permen karet tanpa gula (sugarfree) dengan rasa mint. Kenapa begitu? Rasa mint dapat menyamarkan bau tak sedap di mulut.

Di samping itu, permen karet tanpa gula juga lebih aman buat mulut karena tidak mengundang bakteri. Seperti yang anda tahu, bakteri di dalam mulut Anda suka sekali dengan gula.

Ketika Anda makan makanan manis, bakteri akan menghasilkan asam. Nah, asam inilah yang menyebabkan kerusakan gigi sekaligus bau mulut.

2. Yogurt

punya maag boleh makan yogurt

Yogurt bisa jadi cara ampuh lainnya untuk menghilangkan bau mulut. Kandungan probiotik dalam yogurt dapat melawan bakteri jahat di mulut.

Bukan hanya itu saja, probiotik dalam yogurt juga dapat menurunkan jumlah hidrogen sulfida yang dihasilkan oleh bakteri penyebab bau mulut. Hidrogen sulfida merupakan senyawa yang menyebabkan bau khas dari mulut Anda.

Yogurt plain alias yang tanpa rasa jadi pilihan terbaik untuk menghilangkan bau mulut. Pasalnya, tambahan gula dalam yogurt aneka rasa justru dapat menarik perhatian bakteri jahat.

3. Buah apel

manfaat kulit apel

Manfaat apel untuk kesehatan memang tak perlu diragukan lagi. Selain kaya serat yang baik untuk melancarkan metabolisme, apel juga efektif meredakan bau mulut.

Buah apel dapat membantu menghambat aktivitas bakteri penyebab bau mulut berkat kandungan polifenolnya. Polifenol dalam buah apel juga dapat membantu menghilangkan senyawa atau gas yang berbau seperti belerang di mulut.

Sementara itu, tekstur apel yang renyah saat dikunyah juga dapat membantu melepaskan sisa-sisa makanan yang masih tersangkut di gigi. Tak berhenti di situ. Mengunyah apel juga dapat membuat mulut memproduksi lebih banyak air liur.

Jadi, bukan hal yang aneh bila makan buah apel bisa jadi cara jitu untuk menghilangkan bau mulut.

4. Makanan kaya vitamin C

kebutuhan vitamin C saat puasa

Sayur dan buah yang kaya akan vitamin C juga dapat menjadi cara sehat serta praktis menghilangkan bau mulut tak sedap.

Buah seperti seperti jeruk, stroberi, jambu, dan anggur diketahui dapat menghasilkan asam pada mulut. Begitu pula dengan sayur kubis, brokoli, dan kembang kol yang sama-sama tinggi vitamin C.

Asam yang dihasilkan buah dan sayuran ini dapat membantu mencegah bakteri jahat berkembang biak di dalam mulut.

Di sisi lain, vitamin C dibutuhkan untuk menguatkan sistem imun tubuh guna melawan bakteri penyebab penyakit. Termasuk, bakteri penyebab bau mulut.

Baca Juga:

Sumber