Perut Berbunyi Bikin Malu? Ini 5 Cara Mengatasinya

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Anda pasti pernah mengalami perut yang bunyi krucuk-krucuk saat lapar. Bahkan, kondisi ini juga bisa terjadi saat sedang tidak lapar. Kondisi ini umumnya normal, meski dalam beberapa kasus bisa merupakan tanda gangguan pencernaan. Lantas, bagaimana cara mengatasi perut yang bunyi krucuk-krucuk ini? 

Berbagai cara mengatasi perut bunyi 

Perut yang menimbulkan bunyi krucuk-krucuk sebenarnya adalah hal yang normal. Bunyi-bunyian itu terdengar karena proses pencernaan tengah berlangsung.

Meski normal, tak jarang kondisi ini membuat orang yang mengalaminya harus menahan malu karena suara keras yang tahu-tahu dikeluarkan tanpa permisi.

Agar Anda tak terus-terusan dihantui perasaan khawatir perut akan bunyi, berikut beberapa cara mengatasi yang dapat Anda lakukan

1. Makan

jadwal ngemil

Benar, ketika merasa perut Anda kosong bahkan hingga mengeluarkan suara yang cukup mengganggu, usahakan untuk langsung makan sesuatu. Bila Anda sering mengalami masalah ini, mungkin selalu sedia camilan di kantong merupakan langkah yang tepat. 

Cara ini cukup efektif karena begitu makanan tercerna dan sampai di perut, makanan akan meredam suara dalam jangka waktu yang cukup lama. Jika perut Anda berbunyi pada waktu yang sama setiap harinya, mungkin Anda membutuhkan makanan dalam porsi normal pada waktu tersebut.

Perut yang selalu bunyi pada waktu yang sama setiap harinya bisa menjadi pertanda Anda kurang makan. Oleh karena itu, cobalah untuk membiasakan diri makan 3-4 kali sehari agar dapat memperbaiki proses pencernaan dan mencegah timbulnya suara perut.

2. Minum air

menyetir mobil saat haus

Saat di tengah meeting yang hening, pernahkah tahu-tahu Anda mendengar perut Anda berbunyi padahal belum waktunya makan siang? Tentu saja hal ini akan membuat muka Anda memerah karena menahan malu.

Cara pertama untuk mengatasi perut Anda yang bunyi ketika tak ada makanan yang bisa dimakan adalah dengan minum air putih. Cara ini mungkin memang tidak akan bertahan lama, tetapi setidaknya dapat meredam suara tersebut pada saat itu.

Dengan meneguk air putih, perut Anda terisi oleh air yang akan menenangkan reaksi tubuh ketika lapar. Selain itu, air putih juga memperlancar proses pencernaan, sehingga bunyi perut Anda akan mereda untuk sementara waktu. 

3. Mengubah kebiasaan makan

Kebiasaan makan yang buruk tentu dapat mengakibatkan gangguan pencernaan dan menyebabkan perut Anda bunyi. Oleh karena itu, usahakan untuk memperbaiki kebiasaan makan Anda, seperti:

a. Mengunyah dengan pelan

mengunyah makanan

Pada saat makan, proses pencernaan dimulai dari mulut. Seberapa banyak Anda mengunyah dapat memengaruhi tahapan selanjutnya. Bila Anda menikmati setiap gigitan makanan yang Anda kunyah dengan perlahan, Anda membantu pekerjaan organ pencernaan Anda sehingga menjadi lebih mudah. 

Selain itu, melumatkan makanan dengan lambat juga dapat mencegah terjadinya perut kembung dan gangguan pencernaan lainnya. 

b. Tidak makan terlalu banyak

menggemukkan badan menambah porsi makan

Selain mengunyah dengan perlahan, salah satu kebiasaan makan yang dapat mengatasi perut bunyi adalah tidak makan terlalu banyak

Jika Anda terbiasa makan melebihi porsi normal, tidak jarang kebiasaan tersebut dapat membuat proses pencernaan terganggu, sehingga menyebabkan perut bunyi. Oleh karena itu, biasakan untuk makan makanan dengan porsi secukupnya. 

4. Berjalan setelah makan

manfaat jalan kaki

Berjalan sehabis makan ternyata dapat membantu proses memindahkan makanan melalui perut dan usus Anda. 

Hal ini dibuktikan melalui sebuah penelitian pada tahun 2008 yang melibatkan 10 pria yang tidak merokok dan bukan pengguna obat-obatan. Di dalam penelitian, kesepuluh pria tersebut diminta untuk sarapan dengan menu makanan dan minum kopi yang sudah diatur oleh para peneliti. 

Setelah makan, mereka diminta untuk berjalan selama beberapa menit di treadmill. Hasilnya, aktivitas fisik yang ringan tersebut dapat mempercepat pengosongan lambung dan mengurangi masalah perut bunyi. 

Akan tetapi, perlu diingat bahwa olahraga berat yang dilakukan sesaat setelah makan justru akan membuat Anda mual. Anda tak perlu melakukan olahraga berat untuk mengatasi perut yang bunyi, cukup dengan berjalan santai selama beberape menit

5. Mengurangi asupan makanan tertentu

Pada saat Anda memakan camilan agar bunyi perut berkurang, jangan lupa untuk menghindari jenis makanan tertentu yang justru dapat memperparah kondisi Anda, seperti:

a. Makanan yang mengandung asam tinggi

kulit jeruk untuk jerawat

Makanan dan minuman yang memiliki keasaman tinggi ternyata dapat memperparah bunyi perut Anda. Oleh karena itu, usahakan untuk tidak mengonsumsi beberapa makanan di bawah ini untuk mengatasi bunyi perut. 

  • Buah citrus
  • Tomat
  • Kopi
  • Minuman bersoda

b. Membatasi makanan yang memproduksi gas

meningkatkan kesuburan pria

Makanan dan minuman tertentu memproduksi gas berlebih, sehingga bisa menjadi penyebab perut Anda kembung dan menyebabkan bunyi krucuk-krucuk

Hal ini disebabkan ketika Anda mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gas tinggi akan mengakibatkan gas masuk ke usus Anda dan membuat perut Anda bersuara. Beberapa makanan yang diketahui dapat menciptakan gas di perut Anda, antara lain:

  • Kacang-kacangan
  • Alkohol
  • Kol dan brokoli
  • Bawang
  • Jamur
  • Makanan yang mengandung gandum utuh. 

Mengatasi perut yang bunyi karena proses pencernaan normal bisa dilakukan dengan cara-cara di atas. Namun, jika Anda mencurigai bahwa bunyi perut yang Anda alami adalah gangguan pencernaan, jangan ragu untuk segera konsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

Sumber Foto: Azcentral

Baca Juga:

Sumber