6 Cara Ampuh untuk Menghilangkan Ketombe

Oleh

Tanggal update September 5, 2017
Bagikan sekarang

Ada banyak penyebab kulit kepala berketombe, mulai dari kulit kepala kering, kondisi kulit seperti seborrheic dermatitis atau psoriasis, hingga rutinitas harian seperti pola makan yang tidak mencukupi asupan vitamin dan pemakaian shampoo yang berkimiawi keras. Jika serpihan putih yang membumbui bahu Anda sudah menjadi bahan omongan orang-orang di sekitar, baca terus untuk cari tahu bagaimana cara menghilangkan ketombe yang paling efektif.

Bagaimana cara menghilangkan ketombe?

Meski terlihat remeh, rambut yang berketombe merupakan kondisi yang disarankan untuk mendapatkan konsultasi dokter kulit demi mendapatkan pengobatan yang paling efektif sesuai dengan penyebab yang Anda miliki. Kemungkinan, dokter Anda akan merekomendasikan salah satu dari beberapa cara menghilangkan ketombe di bawah ini:

1. Shampoo antiketombe

Kandungan satu produk shampo antiketombe bisa berbeda dengan yang lainnya. Pilihan terbaik Anda adalah shampoo antiketombe yang mengandung bahan aktif seperti asam salisilat untuk mengelupas lapisan kulit kering mati, selenium sulfide, ketoconazole, dan/atau zinc pyrithione untuk mengurangi peradangan dan menekan pertumbuhan ragi dan bakteri di kulit kepala.

Tips rumahan: sebagai pengganti asam salisilat dalam shampo ketombe, Anda bisa menggunakan aspirin. Aspirin mengandung asam salisilat sama banyaknya seperti sampo ketombe. Hancurkan dua aspirin hingga menjadi bubuk halus dan masukkan bubuk aspirin ke dalam sampo yang biasa Anda gunakan di setiap kali Anda mencuci rambut Anda. Biarkan shampo beraspirin meresap pada rambut Anda selama 1-2 menit, lalu bilas dengan baik dan bilas lagi dengan sampo biasa.

2. Steroid topikal

Dokter kulit Anda dapat meresepkan cairan steroid topikal seperti hidrokortison, yang dapat membantu mengurangi peradangan kulit kepala untuk menghilangkan ketombe.

3. Tea tree oil

Minyak esensial alami ini umumnya digunakan untuk membantu membuka pori-pori yang tersumbat. Satu studi menunjukkan bahwa shampoo yang dicampur hanya dengan 5 persen minyak pohon teh secara signifikan meringankan keparahan ketombe. Anda dapat menggosokkan beberapa tetes tea tree oil langsung ke kulit kepala Anda untuk membantu mengurangi rasa gatal dan berminyak. Anda juga dapat menambahkan beberapa tetes tea tree oil ke dalam shampo harian Anda dan keramas seperti biasa. Asalkan pilih produk tea tree oil yang 100% alami.

Selain tea tree oil, Anda bisa menggunakan minyak lavender, minyak zaitun, minyak kelapa, thyme, serai, pohon cemara, atau oregano — semuanya bisa membantu melawan jamur dan ragi di kulit kepala. Oleskan sedikit minyak pada kulit kepala kering, dan biarkan hingga satu jam. Kemudian sisir rambut Anda untuk meluruskannya. Shampoo-an seperti biasa untuk membersihkan sisa minyak.

4. Cuka putih atau cuka apel

Keasaman cuka mengubah pH kulit kepala Anda, sehingga sulit untuk ragi untuk tumbuh. Campur seperempat cangkir cuka pilihan Anda dengan seperempat cangkir air dalam botol semprot dan semprotkan langsung pada kulit kepala. Bungkus kepala Anda dengan handuk dan diamkan selama 15 menit sampai satu jam, lalu bilas rambut Anda seperti biasa. Lakukan ini dua kali seminggu.

5. Lemon

Lemon tidak hanya bisa Anda gunakan sebagai penyegar rasa teh manis, namun ternyata juga berkhasiat sebagai cara menghilangkan ketombe. Peras buah lemon dan teteskan dua sendok makan jus lemon ke kulit kepala Anda, pijat sebentar kemudian bilas dengan air. Lalu aduk 1 sendok teh jus lemon ke dalam 1 gelas air dan bilas rambut Anda dengan itu. Ulangi tips ini setiap hari sampai ketombe Anda menghilang. Keasaman lemon membantu menyeimbangkan pH kulit kepala Anda, yang berguna untuk menjinakkan ketombe.

6. Baking soda

Basahi rambut Anda dan gosok beberapa sendok baking soda dengan penuh semangat ke kulit kepala Anda. Langsung bilas tanpa shampoo-an terlebih dulu. Baking soda mengurangi jamur penyebab ketombe yang terlalu aktif menjajah kepala Anda. Rambut Anda mungkin akan kering pada awalnya, tapi setelah beberapa minggu kulit kepala Anda akan mulai memproduksi minyak alami, hasilnya rambut Anda lembut dan bebas dari ketombe.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

9 Trik Mudah Merawat Rambut Bagi Wanita Berhijab

Berhijab bukan alasan untuk mangkir merawat rambut bagi wanita. Justru, rambut Anda perlu perhatian ekstra. Bagaimana cara merawatnya?

Ditulis oleh Ajeng Quamila
Hari Raya, Ramadan April 30, 2020

3 Cara Jitu Mencegah Mimpi Basah Saat Puasa

Baik laki-laki remaja maupun pria dewasa sama-sama bisa mengalami mimpi basah. Lantas, adakah cara untuk mencegah mimpi basah saat puasa?

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Ajeng Quamila
Hari Raya, Ramadan April 24, 2020

6 Rekomendasi Obat Tradisional untuk Atasi Dermatitis Seboroik

Dermatitis seboroik bisa diobati menggunakan sampo antijamur atau obat steroid, tapi terdapat obat tradisional yang bisa membantu meredakan gejala.

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Fidhia Kemala

Apa Orang Dewasa Boleh Pakai Sampo Bayi?

Ternyata tidak semua orang dewasa cocok pakai sampo yang diformulasikan untuk bayi. Cari tahu alasan selengkapnya berikut ini.

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Aprinda Puji
Hidup Sehat, Fakta Unik Februari 22, 2020

Direkomendasikan untuk Anda

5 Penyebab Mulut Anda Terasa Pahit Saat Puasa

5 Penyebab Mulut Anda Terasa Pahit Saat Puasa

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Ajeng Quamila
Tanggal tayang Mei 19, 2020
4 Cara Mencegah Keluar Air Mani Saat Puasa

4 Cara Mencegah Keluar Air Mani Saat Puasa

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Ajeng Quamila
Tanggal tayang Mei 17, 2020
5 Tips Aman Tetap Jogging Saat Puasa

5 Tips Aman Tetap Jogging Saat Puasa

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Yuliati Iswandiari
Tanggal tayang Mei 13, 2020
Cara Potong Poni Sendiri di Rumah Tanpa Takut Gagal

Cara Potong Poni Sendiri di Rumah Tanpa Takut Gagal

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Riska Herliafifah
Tanggal tayang Mei 12, 2020