Pentingnya Punya 2 Sikap Positif Ini untuk Membangun Hubungan Asmara yang Sehat

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 11 Juli 2018 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Setiap orang ingin menjalin hubungan asmara yang sehat. Namun tentu tak ada yang bisa diraih cuma-cuma tanpa usaha, terutama dari diri sendiri. Psst… Dua sikap ini wajib Anda miliki (begitu juga dengan si dia, lho!) agar hubungan Anda berdua senantiasa langgeng dan harmonis sampai tua nanti.

Hubungan asmara yang langgeng butuh rasa saling percaya dan terbuka antar satu sama lain

komunikasi dengan pasangan

Kepercayaan adalah salah satu fondasi utama dalam membangun sebuah hubungan asmara yang sehat. Tanpa rasa saling percaya, Anda akan terus diselimuti oleh kecurigaan dan rasa waswas terhadap pasangan yang pada akhirnya justru merusak hubungan Anda berdua.

Menumbuhkan sikap percaya bisa cukup sulit dilakukan, terlebih jika Anda pernah dikecewakan sebelumnya. Namun, ketahuilah bahwa tanpa sikap percaya, hubungan asmara Anda dan pasangan tidak akan bertahan lama. Sedikit saja ada rasa tidak percaya yang tumbuh dalam hati Anda terhadap sikap atau gerak-gerik pasangan, akan berpotensi menimbulkan masalah di kemudian hari. Rasa curiga dan waswas juga bisa menghalangi sikap positif lainnya yang hanya akan muncul jika ada rasa percaya. Tentunya ini membuat semua usaha Anda mempertahankan hubungan jadi percuma.

Rasa saling percaya juga akan memudahkan Anda berdua untuk terbuka satu sama lain. Ironisnya, menutupi rahasia penting dari pasangan, termasuk siapa saja orang-orang terdekat Anda (termasuk mantan), kehidupan seks, riwayat penyakit, informasi soal keuangan pribadi, atau hingga kecenderungan penyalahgunaan obat-obatan dan alkohol, adalah satu kesalahan fatal yang sering dilakukan banyak orang ketika menjalin hubungan.

Tidak peduli seberapa lama Anda telah berpacaran, Anda perlu tahu pasangan Anda luar dalam. Begitu juga dengan dirinya. Mulai dari perasaan, mimpi, pandangan, visi dan misi hidup, harapan, hingga ketakutan dan kelemahan diri. Keterbukaan Anda pada pasangan untuk memperlihatkan siapa diri Anda di situasi yang paling rentan sekalipun bisa membantu memperkuat hubungan Anda berdua. Ketika ia sudah tahu seperti apa Anda di masa-masa terpuruk dan ia tetap berada di samping Anda, Anda tidak lagi khawatir tentang hubungan Anda berdua. Begitu juga sebaliknya.

Menunjukkan rasa saling percaya dan terbuka antar satu sama lain sangat dibutuhkan untuk menumbuhkan dan memperkuat keintiman. Jika Anda percaya pada pasangan hidup Anda, akan semakin mudah untuk mengungkapkan segala kekhawatiran atau menceritakan rahasia tergelap Anda tanpa rasa takut dihakimi. emakin terbuka seseorang terhadap pasangannya maka hubungan yang dijalin akan semakin intim. Begitu juga sebaliknya, semakin dekat hubungan seseorang maka sikap percaya akan tumbuh. Dengan begitu, seseorang akan bisa semakin terbuka pada pasangannya.

Tidak semua orang bisa bersikap terbuka pada siapa saja kecuali pada orang yang sangat ia percayai. Oleh karena itu, Anda termasuk salah satu orang yang beruntung jika pasangan Anda mau bersikap terbuka.

Mulailah dengan hal-hal kecil

pertanyaan tentang seks sebelum menikah

Mulai menumbuhkan rasa percaya dan keterbukaan bisa dimulai dari hal-hal kecil. Misalnya, ketika pasangan mengatakan akan pulang lebih telat dari biasanya karena pekerjaan, maka Anda perlu mempercayainya. Jangan justru langsung menuduhnya macam-macam tanpa alasan hanya karena Anda terbutakan rasa cemburu.

Kepercayaan yang besar tidak akan tumbuh jika Anda tidak memulainya dari hal yang kecil. Ingat, perlakukanlah orang lain sebagaimana Anda ingin diperlakukan. Maka, jika Anda ingin pasangan menaruh kepercayaan pada Anda yang perlu dilakukan ialah percaya kepadanya. Dengan begitu, secara otomatis hubungan timbal balik akan berjalan dengan baik.

Kemudian, cobalah untuk terbuka terhadap hal-hal sepele misalnya mengungkapkan perasaan sedih Anda saat hewan peliharaan jatuh sakit. Meskipun sepele dan terkesan tidak penting tetapi dari hal-hal kecil inilah pengungkapan diri yang lebih besar akan muncul. Mungkin Anda dan pasangan termasuk orang dengan kepribadian introvert yang tidak terbiasa mengutarakan sesuatu dengan mudahnya. Untuk itu, mulailah dari hal kecil yang sepele sebelum berlanjut untuk mengungkapkan hal yang lebih besar.

pria lebih muda

Ketika Anda memulainya, sangat mungkin pasangan akan tergerak juga untuk membuka diri pada Anda. Hal inilah yang dikenal dalam hidup sebagai aturan timbal balik. Perasaan ini akan muncul saat pasangan terlebih dahulu mengungkapkan perasaannya sehingga membuat Anda merasa “Dia saja bisa cerita, kenapa saya tidak cerita juga ya.”

Penting juga untuk diingat, ketika pasangan sudah mengungkapkan hal paling pribadi dari dirinya jangan sekali-kali mengabaikannya. Cobalah untuk menunjukkan antusiasme dan empati Anda dalam memberikan tanggapan. Dengan begini, pasangan akan merasa ia sudah membuka dirinya pada orang yang tepat dan ia pun akan memperlakukan Anda sama seperti yang Anda lakukan padanya.

Meskipun terasa sulit di awal tetapi menaruh kepercayaan untuk kemudian membuka diri pada orang terkasih bukanlah keputusan yang salah. Hal ini akan banyak membawa perubahan positif pada hubungan Anda jika dilakukan dengan tepat.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy

Yang juga perlu Anda baca

5 Hal yang Harus Dilakukan agar Menjadi Orangtua yang Lebih Positif

Sikap orangtua bisa mencerminkan anak-anaknya. Lalu, bagaimana cara menjadi orangtua yang baik dan lebih positif terhadap anak? Berikut penjelasannya

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Parenting, Tips Parenting 22 Januari 2020 . Waktu baca 4 menit

Kenapa Banyak Orang Rela Berubah Demi Pasangannya?

Agar lebih disayang pacar ada banyak cara yang kerap dilakukan, salah satunya rela berubah demi pasangan. Padahal, cara ini tidak disarankan lho.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Hidup Sehat, Seks & Asmara 9 Desember 2019 . Waktu baca 3 menit

Perlukah Jujur Pada Pasangan Soal Hubungan Masa Lalu?

Terbuka dan jujur pada pasangan adalah fondasi penting dalam hubungan asmara. Namun, hal ini kadang bisa menjadi bumerang buat Anda ke depannya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Hidup Sehat, Seks & Asmara 23 Oktober 2019 . Waktu baca 3 menit

4 Tanda Penting yang Menunjukkan Pasangan Anda Bisa Dipercaya

Menaruh kepercayaan pada pasangan jadi hal krusial dalam sebuah hubungan. Untuk tahu apakah pasangan bisa dipercaya atau tidak, kenali lewat tanda berikut.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Hidup Sehat, Seks & Asmara 30 September 2019 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

good girl syndrome adalah perempuan wanita

Mengenal Good Girl Syndrome, Tuntutan Jadi Orang Baik yang Bikin Tidak Bahagia

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 20 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit
optimis dan toxic positivity

Jangan Salah, Ini Bedanya Sikap Optimis dan Toxic Positivity

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 3 Mei 2020 . Waktu baca 6 menit
pertimbangan sebelum memutuskan bercerai

4 Hal yang Harus Menjadi Pertimbangan Sebelum Bercerai

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 20 April 2020 . Waktu baca 4 menit
mandi bersama pasangan

Mandi Bareng Pasangan, Hubungan Jadi Tambah Romantis

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 23 Maret 2020 . Waktu baca 4 menit