Vaginoplasty Vs. Labiaplasty: Mana yang Bisa Mengembalikan Kepuasan Seks?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Vaginoplasty dan labiaplasty merupakan jenis operasi dengan tujuan yang berbeda. Keduanya sama-sama bertujuan memperbaiki masalah vagina yang mendasar. Akan tetapi, beberapa orang memutuskan untuk menjalani operasi ini dengan tujuan meningkatkan kepuasan seksual. Lalu di antara keduanya, operasi vagina mana yang kira-kira bisa meningkatkan kepuasan seks wanita? Mari simak pembahasan berikut.

Apa itu vaginoplasty?

Vaginoplasty adalah operasi vagina yang bertujuan mengembalikan vagina Anda menjadi kencang kembali. Operasi ini dimaksudkan untuk mengencangkan otot dasar panggul wanita yang mengelilingi vagina. Kondisi otot yang kendor ini biasanya dialami oleh para wanita yang telah mengalami proses kehamilan dan melahirkan normal. Kedua hal ini memang bisa memengaruhi elastisitas dan kekencangan otot-otot vagina.

Tujuan dari prosedur ini adalah untuk memberi wanita kekuatan atau kontrol yang lebih baik pada otot-otot antara vagina dan panggul. Di mana hasilnya diharapkan bisa menghadirkan kembali kepuasan yang lebih besar bagi wanita dan pasangannya selama hubungan seksual.

Apa itu labiaplasty?

Labiaplasty adalah operasi vagina yang dirancang untuk memperbaiki bibir vagina atau juga disebut labia. Perlu diketahui, kalau labia tiap wanita itu berbeda-beda bentuknya. Bahkan kadang, sebagian wanita kadang tidak puas dengan terlalu besarnya bibir vagina yang dimiliki. Mereka menganggap ini akan menurunkan gairah pria ketika berhubungan seksual. Bagi Anda yang memiliki masalah ini, Anda bisa melakukan labiaplasty pada bibir vagina Anda untuk membuat ukurannya sesuai dengan yang Anda mau.

Jadi, operasi vagina mana yang bisa menambah kepuasan seksual?

Menurut Women Wellness Institute, operasi vagina vaginoplasty adalah operasi yang bisa mengencangkan vagina. Sehingga nantinya sehabis dioperasi dan terjadi gesekan pada vagina saat berhubungan intim, wanita akan mendapatkan rangsangan yang lebih besar. Hal ini terjadi ketika pembedahan yang mengencangkan kembali otot-otot vagina dan panggul yang telah mengendur.

Karena itulah, dr. Wesley Braddy dari Dallas Clinic mengatakan, operasi ini bisa meningkatkan kehidupan seks wanita. Studi ilmiah pun juga menyimpulkan bahwa hampir 90 persen wanita merasa kepercayaan diri dan libidonya kembali meningkat akibat mengencangnya organ intim mereka. Meskipun tidak 100 persen wanita mendapatkan kepuasan seksualnya lagi setelah melakukan vaginoplasty.

Sedangkan dalam penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam Plastic and Reconstructive Surgery, seperti dikutip dari Medical Daily, mengatakan bahwa labiaplasty bisa menimbulkan efek psikologis tertentu bagi para pasiennya.

Peneliti memang menemukan adanya kepercayaan diri yang meningkat karena bentuk labia yang mereka rasa sudah sempurna. Namun, tidak dengan kondisi kehidupan seks mereka. Masih belum diketahui mengapa penyebabnya, tapi periset juga melakukan pengamatan mengapa hal ini bisa terjadi.

Diduga, para wanita tersebut cenderung mengalami harapan yang tinggi dengan labiaplasty yang telah dijalani. Akan tetapi, harapan mereka akan tujuan ini kadang tidak realistis. Meskipun penyelidikan lebih lanjut diperlukan, peneliti beralasan bahwa para wanita ini mungkin percaya labiaplasty dapat membuat mereka lebih percaya diri dan puas saat berhubungan intim. Jadi bila ini tidak terjadi, mereka merasa tidak puas.

Penting bagi dokter untuk memastikan alasan seseorang menjalani labiaplasty sehingga mereka dapat dipandu ke bentuk pengobatan lain yang mungkin lebih bermanfaat, seperti terapi psikologis misalnya. 

Kepuasan seksual pada akhirnya kembali lagi pada masing-masing orang

Berdasarkan perbandingan di atas, vaginoplasty terasa lebih manjur untuk mendapatkan kepuasan seks kembali. Namun, kembali lagi ada hal yang perlu dipertimbangkan juga. Kepuasan bisa didapat sesuai dengan tujuan Anda melakukan operasi vagina. Jika Anda memang ingin meremajakan alat kelamin karena dampak dari usia, melakukan vaginoplasty akan membuat Anda puas secara seksual.

Sedangkan jika tujuan Anda ingin memperbaiki kondisi wujud vagina yang bikin percaya diri Anda turun, labiaplasty bisa menjadi salah satu jawabannya. Jika prosedur yang Anda lakukan sesuai tujuan, maka kepuasan seks juga akan mengikuti seiring dengan keberhasilan operasi vagina yang Anda lakukan.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Februari 13, 2018 | Terakhir Diedit: Februari 22, 2018

Sumber
Yang juga perlu Anda baca