Tanda Mantan Mengajak Balikan dan Cara Menolaknya dengan Baik

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 03/10/2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Ungkapan “cinta lama bersemi kembali” mungkin bisa berlaku bagi sebagian orang, tapi sah-sah saja apabila Anda menganut prinsip sebaliknya. Nah, jika memang Anda hendak menolak niat mantan yang ingin balikan, ada baiknya jika Anda mengetahui tanda-tandanya terlebih dulu agar tahu bagaimana cara tepat menolaknya.

Tanda-tanda mantan mengajak balikan dan tips menolaknya

Mantan Anda bisa jadi telah menyiapkan berbagai cara demi menjalin kembali hubungan asmara dengan Anda. Jika Anda merasa sudah cukup dengannya, jangan lengah, berikut adalah sederet trik dan tanda yang kerap digunakan serta tips menolaknya:

1. Rajin berinteraksi dengan akun media sosial Anda

Media sosial memungkinkan Anda untuk berinteraksi tanpa harus saling berhadapan secara langsung. Tidak heran, banyak orang memanfaatkan fitur pesan pada media sosial untuk melontarkan kalimat-kalimat yang menjurus ke arah ajakan untuk kembali bersama.

Hadapi mantan Anda dengan cara yang sama seperti Anda menghadapi teman-teman lain di media sosial. Saat berinteraksi, cukup balas pesan mantan dengan jujur tanpa kalimat yang sama menjurusnya jika Anda benar-benar ingin menolak ajakannya untuk balikan.

dampak media sosial

2. Menceritakan hidupnya secara terbuka

Apabila mantan Anda hanya berinteraksi untuk membahas topik-topik umum, ini mungkin bukan pertanda bahwa ia hendak mengajak kembali bersama. Namun, lain halnya bila ia menceritakan hidupnya secara terbuka, terutama soal hubungan asmaranya.

Pada situasi seperti ini, cara terbaik untuk menghadapinya adalah dengan tidak ikut mencampuri masalahnya. Anda tidak perlu bertanya lebih lanjut tentang masalah yang sedang mantan Anda alami agar ia juga memahami bahwa Anda sebenarnya sedang menolak ajakannya untuk balikan.

3. Selalu membawa-bawa masa lalu

Ini adalah salah satu cara yang paling sering digunakan oleh para mantan yang ingin mengajak balikan. Ia akan terus mengingatkan Anda kepada masa-masa pacaran. Misalnya saat berbincang, mengunjungi tempat tertentu, atau mencoba suatu makanan.

Nostalgia dapat memicu emosi yang kuat, tapi emosi tersebut tidak selalu berakhir positif. Jika Anda ingin menolak ajakan mantan untuk balikan, kesampingkan seluruh nostalgia tersebut dan ingatlah bahwa Anda telah menjadi orang yang lebih baik setelah putus.

balikan sama mantan

4. Mengungkit masalah yang menjadi penyebab putus

Beberapa pasangan menyisakan masalah yang belum usai walaupun hubungannya telah berakhir. Ketika mantan mengungkit masalah ini, bisa jadi alasannya adalah karena ingin mengajak Anda balikan.

Saat paling tepat untuk mencari solusi adalah ketika konflik sedang terjadi. Ketika itu sudah berlalu, dan Anda berdua telah mengakhiri hubungan, pembicaraan soal penyebab hubungan berakhir tak relevan lagi.

Jadi, jujurlah kepada mantan Anda dan katakan bahwa Anda tidak ingin membahas masalah yang telah berlalu.

5. Menyatakannya secara langsung

Terkadang, para mantan yang susah move on berani menyatakan keinginannya untuk balikan secara terang-terangan. Mantan Anda bisa saja menyampaikannya lewat media sosial, telepon, atau bertemu secara langsung.

Jika perilakunya masih bisa dimaklumi, cukup sampaikan dengan jelas bahwa Anda tidak ingin kembali bersama. Namun, cobalah menolak ajakan mantan untuk balikan dengan lebih tegas bila sikapnya mulai mengganggu. Bila perlu, katakan bahwa Anda tidak ingin bertemu.

Bagi sejumlah orang, kembali kepada mantan hanya akan membuka luka lama. Anda mungkin juga kecewa terhadap perilaku mantan di masa lalu sehingga balikan tidak menjadi suatu pilihan.

Baik menerima ataupun menolak ajakan balikan, semuanya tergantung pada diri Anda. Hal terpenting yang harus Anda lakukan adalah memastikan Anda telah pulih dari luka akibat putus sebelum mengambil tindakan apa pun.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mantan Masih Menghubungi Walaupun Sudah Putus, Apa Sebabnya?

Putus hubungan bukan berarti putus komunikasi. Akan tetapi, jika mantan menghubungi Anda kembali setelah sekian lama, ada apa gerangan ya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Seks & Asmara 20/07/2019 . Waktu baca 4 menit

Berteman dengan Mantan Setelah Menikah Memang Boleh, Tetapi….

Biasanya, kebanyakan orang akan memutuskan komunikasi dengan mantan setelah menikah. Nah, sebenarnya boleh tidak ya menjalin kontak dengan mantan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Seks & Asmara 13/07/2019 . Waktu baca 3 menit

Suka Membandingkan Pasangan dengan Mantan? Ini Dampak Negatifnya

Membandingkan pasangan dengan mantan kekasih ternyata berdampak negatif bagi hubungan Anda. Berikut dampak negatif tersebut beserta cara menghindarinya.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Hidup Sehat, Seks & Asmara 12/07/2019 . Waktu baca 4 menit

5 Kunci Antigagal Agar Berhenti Memikirkan Si Mantan

Meski si dia itu mantan terindah Anda, tidak mustahil untuk dilupakan kok! Ini rahasia cara paling jitu agar berhenti memikirkan mantan.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Seks & Asmara 01/06/2019 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

revenge porn

Revenge Porn, Balas Dendam Ketika Hubungan Cinta Kandas

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 30/03/2020 . Waktu baca 6 menit
menghadapi mantan pacar pasangan yang mengganggu

Mantan Pacar Pasangan Suka Meneror Kehidupan Anda? Hadapi dengan 3 Tips Ini

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 23/11/2019 . Waktu baca 4 menit
cemburu mantan pacar pasangan

Cemburu dengan Mantan Pacar Pasangan? Yuk, Atasi dengan 3 Tips Ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 01/10/2019 . Waktu baca 4 menit
merawat anak setelah bercerai

4 Tips Sukses Co-Parenting, Merawat Anak Bersama Mantan Setelah Bercerai

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 23/08/2019 . Waktu baca 8 menit