Probiotik dan Prebiotik, Apa Bedanya?

Oleh

Probiotik (yang berarti “for life”) adalah jenis dari bakteri baik. Organisme ini hidup di dalam usus dan memiliki manfaat kesehatan, walau buktinya belum pasti. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makanan atau susu formula yang mengandung probiotik dapat mencegah dan mengatasi diare kronis atau akut pada anak-anak, yang mungkin terkait dengan penggunaan antibiotik.

Bukti terkuat menunjukkan probiotik dapat mencegah atau memperbaiki viral gastroenteritis, memperkuat sistem imun, dan melawan infeksi yang dapat menyebabkan diare. Pada suatu studi yang dilakukan terhadap 326 anak-anak berusia 3-5 tahun di pusat penitipan anak selama 6 bulan, probiotik tunggal dan kombinasi (2 kali sehari selama 6 bulan) menurunkan insiden demam sebanyak 53% dan 72.7% di 2 kelompok yang menerima probiotik, dibandingkan dengan kelompok kontrol atau placebo; batuk turun sebanyak 41.4% dan 62.1% pada kedua kelompok pengobatan, dan insiden hidung beringus turun sebanyak 28.2% dan 58.5%.

Riset yang sedang berlangsung akan menunjukkan peran probiotik pada anak-anak, tapi bila anak Anda mengalami diare, lebih baik untuk konsultasikan dulu dengan dokter tentang penggunaan organisme ini. Manfaat dari probiotik hanya akan dirasakan selama probiotik dikonsumsi.

Probiotik tersedia dalam banyak bentuk. Banyak susu formula bayi mengandung probiotik. Beberapa produk yang mengandung susu seperti yogurt dan kefir juga mengandung probiotik, begitu juga dengan miso, tempe, dan minuman kacang kedelai. Suplemen probiotik (bubuk, kapsul) dijual di apotek; namun dokter masih memperdebatkan penggunaan yang tepat pada probiotik komersil tersebut, seperti dosis apa yang paling efektif, seberapa sering harus dikonsumsi, dapatkah probiotik digunakan untuk mencegah atau mengatur kondisi kesehatan tertentu?

Sampai hari ini, tidak ada bukti yang cukup tentang manfaat memberikan probiotik pada anak-anak yang sakit serius, atau data yang merekomendasikan penggunaan rutin susu formula. Makanan yang mengandung probiotik terbilang aman untuk kebanyakan anak-anak, walau dapat menyebabkan kembung ringan pada beberapa kasus. Jika produk seperti suplemen probiotik terkena paparan panas atau lembap, bakteri baik dapat terbunuh dan produk akan menjadi tidak berguna. Untuk sekarang, jika Anda tertarik untuk mencoba probiotik, konsultasikanlah lebih dulu dengan dokter.

Beberapa dokter merekomendasikan untuk memberikan anak-anak prebiotik dibanding dengan probiotik. Jika probiotik adalah bakteri hidup, prebiotik adalah komponen makanan yang tidak dicerna (seperti gula kompleks dan serat). Prebiotik membantu pertumbuhan bakteri baik yang ada pada usus, sehingga meningkatkan jumlah bakteri baik dan juga menekan pertumbuhan tekanan yang tidak sehat. Prebiotik juga dapat menurunkan peradangan pada usus dan menstimulasi penyerapan kalsium.

ASI adalah salah satu sumber prebiotik yang baik, dan juga makanan seperti bran, kacang-kacangan, barley, tumbuh-tumbuhan seperti asparagus, bayam, bawang bombay, dan buah-buahan seperti berry dan pisang.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber
Yang juga perlu Anda baca