Ingin Menstruasi Sehat dan Normal? Cobalah 5 Jenis Minuman Ini!

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Bagi sebagian besar wanita, menstruasi yang datang bersamaan dengan berbagai gejala dapat membuat tidak nyaman. Mulai dari sakit perut, kepala pusing, bahkan pingsan. Nah, agar gejala tersebut dapat dikurangi, terdapat beberapa minuman yang baik dikonsumsi saat haid.

Berbagai jenis minuman yang baik saat menstruasi tiba

Sebenarnya, merasakan nyeri pada perut bagian bawah saat haid adalah kondisi yang sangat umum dan wajar. Biasanya, masalah tersebut akan hilang seiring dengan berjalannya waktu.

Akan tetapi, tidak jarang rasa sakit saat menstruasi muncul sampai menghambat aktivitas Anda. Terdapat beberapa cara untuk meredakan berbagai gejala menstruasi, salah satunya adalah dengan minum minuman tertentu.

Berikut ini adalah beberapa minuman yang baik diminum saat haid.

1. Air putih

air alkali

Selain memenuhi kebutuhan cairan Anda, minum air putih yang banyak juga dapat mengurangi rasa nyeri pada perut Anda.

Selain itu, air juga menjaga tubuh Anda dari kembung yang bisa membuat perut sakit ketika menstruasi.

Nyeri atau kram perut saat menstruasi terjadi karena adanya kontraksi otot rahim untuk meluruhkan lapisannya yang telah menebal.

Meminum air putih hangat selama selama haid berlangsung bisa membantu meringankan nyeri saat haid karena air hangat dapat meningkatkan aliran darah ke kulit Anda dan dapat merilekskan otot rahim yang kram.

2. Teh herbal

obat maag alami herbal asam lambung

Tahukah Anda bahwa tanaman herbal, seperti chamomile, mengandung anti peradangan dan antispasmodik yang dipercaya dapat merilekskan otot Anda?

Seperti yang dilansir dari Healthline, mengonsumsi dua cangkir teh chamomile per hari dapat mengurangi otot kejang. Usahakanlah untuk meminumnya seminggu sebelum haid datang gejala PMS dapat berkurang.

Selain chamomile, teh jahe juga baik untuk menjadi minuman alternatif yang dapat Anda pilih untuk mengurangi rasa nyeri saat haid. Ini disebabkan oleh jahe yang memiliki khasiat seperti ibuprofen yang berperan sebagai obat anti nyeri.

3. Smoothies buah dan sayuran

smoothies untuk sahur

Daripada minum kopi saat haid, pilihlah segelas smoothies buah atau sayuran. Minuman ini dipercaya lebih baik untuk diminum saat haid, terutama buah atau sayur yang mengandung vitamin C.

Buah yang mengandung vitamin C, seperti jeruk atau lemon dipercaya dapat mengurangi rasa nyeri pada perut karena mengandung antiperadangan.

Itu sebabnya mengonsumsi buah yang mengandung vitamin C atau membuatnya menjadi jus buah saat Anda sedang haid sangat dianjurkan. 

4. Kunyit

teh kunyit herbal jamu
Sumber: Keri Brooks

Selain teh herbal, minuman yang baik saat haid adalah kunyit. Kunyit diyakini dapat memengaruhi kadar estrogen dan progesteron, tetapi masih diperlukan penelitian lebih untuk memastikan hal ini.

Anda bisa memanfaatkan kunyit dengan menambahkannya ke air atau susu agar rasa sakit pada perut ketika haid dapat berkurang.

Anda bisa membuat minuman dari kunyit dengan merebus kunyit yang sudah dikupas selama 5-8 menit. Anda juga dapat menambahkan madu atau gula untuk memberikan rasa manis.

5. Teh kayu manis

manfaat kayu manis

Minuman yang berbahan dasar kayu manis juga baik diminum saat haid. Sebuah penelitian dari Alexandria University menunjukkan bahwa kayu manis dapat mengurangi rasa sakit yang diderita ketika menstruasi datang.

Nah, selain menambahkannya dalam masakan Anda, kayu manis bisa dijadikan sebagai teh untuk Anda konsumsi pada sore hari. Kayu manis dapat membantu mengurangi perdarahan menstruasi, mual, nyeri, hingga muntah-muntah.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca