Ini 4 Alasan Kenapa Anda Harus Langsung Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 06/09/2017 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Apa yang Anda lakukan pertama kali sesaat setelah bangun tidur di pagi hari? Apakah Anda memiliki kebiasaan langsung minum air di pagi hari? Jika Anda pernah dengar, anjuran minum air di pagi hari itu baik untuk kesehatan, ternyata hal tersebut bukanlah sekadar anjuran. Tapi, minum air di pagi hari memang benar bermanfaat dan baik untuk kesehatan. Lalu apa saja manfaat dari minum air di pagi hari?

Minum air di pagi hari mengatasi kekurangan cairan selama tidur

Sangat wajar jika saat Anda bangun tidur dan kemudian merasa haus. Tidak hanya Anda saja yang merasa kehausan, tetapi sel-sel di dalam tubuh juga merasakan hal yang sama. Hal ini disebabkan karena selama semalaman Anda ‘puasa’ sehingga tubuh tidak terhidrasi dengan baik.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk minum air di pagi hari sesaat setelah Anda bangun tidur. Kebiasaan ini akan membantu peningkatan produksi sel darah dan pembentukan otot di pagi hari. Selain itu, tentunya mencegah Anda mengalami dehidrasi, karena tidak minum selama kurang lebih 8 jam – waktu tidur yang baik untuk orang dewasa. Menyediakan botol minum di kamar adalah hal yang baik untuk memulai kebiasaan tersebut, agar Anda selalu ingat untuk minum air di pagi hari.

Minum air saat bangun tidur mengurangi risiko dehidrasi

Banyak orang yang sering mengabaikan rasa haus dan tidak langsung minum air untuk mengatasinya. Tentu hal ini meningkatkan risiko dehidrasi. Tubuh yang dehidrasi lambat laun akan mengalami gangguan fungsi ginjal, berbagai penyakit jantung, tekanan darah rendah, bahkan kejang.

Kebanyakan orang hanya akan minum air ketika mereka makan. Tapi itu saja belum cukup untuk membuat tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Dengan menerapkan kebiasaan minum air di pagi hari, akan menurunkan risiko dehidrasi.

Air dapat mengurangi tingkat keasaman perut di pagi hari

Sering merasa sakit perut atau perut tidak enak ketika bangun tidur? Perut yang sakit di pagi hari bisa disebabkan oleh tingginya asam lambung saat itu. Lambung akan tetap menghasilkan asam lambung, meskipun tidak ada makanan atau minuman yang mengisinya. Asam lambung yang tinggi ini dapat membuat perut Anda mulas, terasa tidak enak, bahkan perih.

Sementara, hal yang dapat meredam semua gejala tersebut adalah makanan atau minuman yang masuk ke dalam lambung. Tapi, tidak mungkin kan, Anda bangun tidur langsung makan makanan yang berat dan dengan porsi banyak? Oleh karena itu, dianjurkan untuk minum segelas air putih untuk membantu mengatasi asam lambung yang terlalu tinggi tersebut.

Minum air di pagi hari mampu mencegah sembelit

Punya masalah dengan jadwal buang air besar Anda? Jika iya, cobalah untuk membiasakan diri minum air di pagi hari, sesaat setelah Anda bangun. Kebiasaan ini mampu merangsang pergerakan usus yang dapat melancarkan jadwal buang air besar Anda dan mencegah sembelit.

Sebenarnya, ketika makanan atau minuman masuk ke dalam perut Anda, maka usus akan terasa penuh dan kemudian merangsang pergerakan untuk mendorong makanan atau minuman yang sebelumnya telah dicerna keluar dari tubuh – hal ini yang membuat Anda BAB.    

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mengapa Kuku Bisa Cantengan dan Bagaimana Mengobatinya?

Kuku yang cantengan tak hanya mengerikan untuk dipandang mata, namun bisa terasa menyakitkan dan mungkin bernanah. Begini cara mengobatinya.

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hidup Sehat, Tips Sehat 08/07/2020 . Waktu baca 5 menit

Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

Mungkin Anda kaget saat tahu kalau kelopak mata bengkak tiba-tiba. Ada banyak hal yang bisa bikin kelopak mata Anda bengkak. Apa saja?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit

Umur Berapakah Sebaiknya Anak Laki-laki Disunat?

Momen anak disunat menjadi salah satu hal penting, khususnya di Indonesia. Tapi, dari sisi medis, kapan waktu yang tepat untuk melakukan sunat?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Tips Sehat 07/07/2020 . Waktu baca 4 menit

8 Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Anda Abaikan

Banyak gejala penyakit yang sering kali kita abaikan karena terkesan remeh. Padahal, jika dibiarkan justru efeknya bisa fatal.

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 03/07/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

kode wadah plastik pada makanan atau minuman

Apakah Wadah Plastik untuk Makanan Anda Aman Bagi Kesehatan? Cari Tahu Lewat Kode Ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 10/07/2020 . Waktu baca 4 menit
tanggal kedaluwarsa

4 Fakta yang Perlu Anda Ketahui Seputar Tanggal Kedaluwarsa

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 10/07/2020 . Waktu baca 4 menit
botol plastik hangat

Amankah Minum Air dari Botol Plastik yang Sudah Hangat?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 10/07/2020 . Waktu baca 4 menit
manfaat bersepeda

Yuk, Ketahui Beragam Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit