Selain buah, sayuran juga bisa dibikin jus segar. Akan tetapi, tidak semua jenis sayur bisa dijus. Beda jenis sayurnya ternyata beda pula manfaatnya. Lantas, apa saja jenis sayuran yang cocok dan paling sehat untuk dibuat jadi jus?

Beragam pilihan jus sayur yang paling sehat dan bernutrisi tinggi, wajib Anda coba di rumah

1. Sayuran hijau

Sayuran berwarna hijau biasanya mengandung banyak ragam vitamin dan mineral, dari vitamin A, vitamin C, folat, kalium, zat besi, hingga zink. Dari bayam, kale, brokoli, sawi, selada Romaine, selada air kubis Cina, hingga peterseli adalah beberapa pilihan sayur hijau terbaik untuk dijus dan diminum setiap hari.

Namun, rasa jus sayur hijau cenderung pahit dan agak langu. Untuk menyiasatinya, Anda bisa “mempermanis” jus tersebut dengan buah yang manis atau sedikit asam, seperti apel, kiwi, atau mangga. Bisa juga pakai madu. Agar tambah lezat dan bernutrisi, boleh tambahkan asupan protein dari susu atau yogurt.

2. Tomat

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan jus tomat. Tomat sangat kaya akan vitamin A dan vitamin C, jadi baik bagi kesehatan Anda Meski sudah enak, tapi

Tomat pun sudah memiliki rasa asam-manis alami, sehingga Anda tak perlu-perlu amat menambahkan buah-buahan lainnya untuk mempermanisnya. Meski juga tidak dilarang jika itu yang Anda inginkan, misalnya menambah lemon ataupun apel.

3. Wortel

Wortel adalah jenis sayuran yang bisa disajikan dalam bentuk apapun, entah itu sup, tumis, hingga jus. Bahkan, tak jarang orang yang memakannya langsung. Karena rasanya yang manis, wortel banyak digemari.

Tak hanya punya rasa yang enak, wortel juga baik bagi mata karena punya vitamin A yang tinggi serta berbagai zat mineral yang dibutuhkan tubuh. Agar lebih enak, Anda juga bisa mencampurkannya dengan buah-buahan lain, sesuai selera.

jus sehat sebagai obat nyeri saat haid

4. Jus seledri

Mungkin jus seledri terdengar aneh bagi Anda, tapi ternyata sayuran hijau ini punya manfaat bagi kesehatan, karena kaya akan magnesium dan zat besi. Jus sayuran ini juga sangat pas dikonsumsi ketika wanita datang bulan karena bisa membantu menjaga jumlah zat besi dalam tubuh.

Suka jus sayur sangat bagus, tapi jangan sampai dijadikan andalan menu utama

Jika Anda sangat suka sayur yang buat jadi jus, sebenarnya tidak masalah. Justru semakin banyak sayuran yang Anda konsumsi sehari, bisa menambah asupan serat yang baik bagi pencernaan. Namun, jangan sampai menjadikannya pengganti sayur dalam menu makan Anda setiap harinya.

Ya, jangan sampai Anda hanya minum jus terus-terusan tanpa mengonsumsi sayuran aslinya ketika makan. Pasalnya, sayuran dalam bentuk sebenarnya memiliki kandungan serat yang lebih banyak. Jadi, ketika makan berat Anda harus mengonsumsi sayuran dan tak apa jika selanjutnya ingin membuat jus sayuran sebagai tambahannya.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca