Pikiran Bercabang Menganggu Konsentrasi? Ini 8 Siasat Jitu Mengatasinya

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Apakah Anda suka berpikir banyak hal dalam satu waktu? Belum selesai memikirkan yang ini, tapi sudah memikirkan yang itu, dan memikirkan hal-hal lainnya dalam waktu yang berdekatan. Jika ya, mungkin Anda mengalami racing thought atau pikiran bercabang. Ini tentu akan mengganggu keseharian Anda dalam beraktivitas, Anda jadi sulit untuk konsentrasi pada satu hal. Lantas bagaimana mengatasinya?

Apa itu pikiran bercabang (racing thought)?

Pikiran bercabang adalah pola pikir yang datang dengan cepat, satu demi satu, tanpa tuntas. Terkadang pikiran ini sering berulang yang bisa meluap-luap. Pikiran ini bisa mencakup satu objek yang sama atau banyak hal yang tidak terkait. Pikiran bercabang mengambil alih pikiran seseorang, sehingga membuat sulit fokus pada hal lain.

Pikiran bercabang dapat dipicu oleh stres tinggi, kurang tidur, obat-obatan, dan beberapa kondisi medis. Pikiran ini dapat meningkatkan kecemasan atau perasaan tidak nyaman dan dapat mengganggu konsentrasi Anda.

Ketika Anda memiliki pemikiran yang cepat, Anda mungkin merasa seperti:

  • Pikiran Anda berjalan sangat cepat.
  • Anda tidak dapat memperlambat pemikiran Anda.
  • Pikiran Anda tidak bisa berhenti, dan Anda tidak bisa sepenuhnya bersantai.
  • Sulit untuk fokus pada hal lain.
  • Anda terus berpikir tentang masalah yang telah dilemparkan di luar proporsi.
  • Anda memikirkan hal terburuk.

Bagaimana menghentikan pikiran bercabang?

Ada cara untuk mengendalikan pemikiran cepat dan mengurangi kemunculannya. Mungkin diperlukan waktu dan latihan untuk menguasai strategi ini, tetapi mereka dapat berguna untuk mengelola pikiran ini setiap saat.

1. Fokulah sekarang, bukan masa depan atau masa lalu

tetap-fokus

Bagi sebagian orang, pemikiran-pemikiran bercabang berasal dari sesuatu yang belum pernah terjadi dan mungkin tidak pernah terjadi. Orang lain fokus pada hal-hal yang terjadi di masa lalu, yang tidak dapat diubah.

Orang yang mengalami pemikiran ini harus berusaha semaksimal mungkin untuk memikirkan apa yang sedang terjadi saat ini. Mengatakan kepada diri sendiri, “Saya tidak akan khawatir tentang masa lalu atau masa depan, saya akan fokus pada apa yang dapat saya kendalikan,” adalah tempat yang baik untuk memulai.

2. Ambil napas dalam-dalam

sesak napas saat hamil

Respon panik alami tubuh adalah untuk mempercepat laju pernapasan dan jantung. Ini mungkin terjadi ketika pikiran mulai berpacu. Napas yang lebih lambat dan dalam dapat mengurangi respon stres tubuh dan meningkatkan perasaan tenang, membantu untuk menenangkan atau menghentikan pikiran bercabang.

Pernapasan dalam dapat dilakukan kapan saja, tanpa harus melakukan latihan khusus. Hanya bernapas selama 3 detik dan hembuskan selama 5-10 detik adalah cara sederhana untuk mencapai hal ini.

3. Gunakan mantra

berpikir logis

Mantra adalah kata atau frasa sederhana yang bisa diulang untuk menenangkan pikiran. Anda bisa sangat berguna pada saat panik dan memacu pikiran. Frase seperti, “Saya bisa menyelesaikan ini,” atau “Ini akan baik-baik saja,” dapat membantu.

Mantra memungkinkan pikiran untuk fokus pada satu pikiran sederhana yang positif. Ini dapat mengalihkan pikiran dari pikiran yang beralih cepat.

4. Coba hal baru untuk mengisi waktu kosong

cara memasak yang bikin berat badan naik

Melakukan hal yang Anda suka dan yang menyenangkan dapat menenangkan pikiran dan membantu Anda fokus pada satu tujuan.

Buku mewarnai adalah pilihan populer untuk mengurangi stres dan dapat menenangkan. Melukis, berkebun, memasak, atau memainkan alat musik juga bisa menjadi pilihan lain.

5. Olahraga

olahraga mencegah nyeri sendi kambuh

Aktivitas fisik yang teratur dapat meningkatkan kesejahteraan mental dan mungkin berguna selama pemikiran bercabang berlangsung.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa olahraga dapat meningkatkan kekuatan mood. Salah satu penelitian mengatakan bahwa olahraga meningkatkan gejala depresi, sementara penelitian lain menemukan bahwa hanya 15 menit latihan dapat meningkatkan mood seseorang.

Jika seseorang merasa pikiran yang berubah cepat mulai muncul, jalan santai, jogging, atau kegiatan serupa dapat membantu menenangkan pikiran Anda.

6. Menghirup minyak esensial lavender

manfaat minyak lavender

Lavender memiliki manfaat sebagai penenang, dan beberapa penelitian mendukung manfaat ini.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Medical Association of Thailand menemukan bahwa menghirup minyak esensial lavender dapat menenangkan pikiran dan aktivitas otak yang tenang.

7. Perawatan medis

Karena banyak kondisi kesehatan mental yang dapat menyebabkan pikiran bercabang, penting untuk mencari bantuan dari dokter untuk diagnosis dan mendapatkan perawatan yang tepat

Siapa pun yang mengalami pengalaman pemikiran cepat berulang, gejala depresi yang sedang berlangsung, kecemasan, ADHD, masalah tidur, atau masalah kesehatan mental lainnya harus berbicara dengan dokter.

Tidak ada perawatan tunggal untuk pemikiran bercabang ini, tetapi beberapa pilihan termasuk:

  • Obat resep, terapi, atau keduanya untuk kondisi kesehatan mental yang didiagnosis.
  • Studi tidur, pengobatan, atau perubahan gaya hidup untuk masalah tidur.
  • Obat atau operasi untuk penderita hipertiroidisme.
  • Konseling, terapi, atau pengobatan lain untuk kecanduan amfetamin.
  • Mengubah obat atau dosis jika obat tertentu menyebabkan pemikiran bercabang.

8. Menenangkan pikiran dengan perubahan pola makan

tidak makan seharian

Makan makanan yang tepat dapat meningkatkan kesehatan mental secara keseluruhan dan membantu mengurangi pikiran bercabang serta gangguan suasana hati.

Banyak penelitian telah dilakukan pada hubungan antara makanan dan kesehatan mental, dan perubahan pola makan seperti makan makanan dengan indeks glikemik rendah dan makanan tinggi antioksidan dapat membantu.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca