3 Manfaat Teh Hijau untuk Rambut yang Lebih Sehat

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 9 Februari 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Sebagai salah satu teh yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh, manfaat teh hijau ternyata bisa digunakan untuk rambut Anda. Apa saja khasiat yang ditawarkan oleh teh yang dipopulerkan dari negara Tiongkok ini?

Manfaat teh hijau untuk rambut

minum teh hijau sebelum tidur

Teh hijau merupakan hasil dari olahan daun teh yang berasal tanaman Camellia sinensis. Dikenal sebagai sumber antioksidan polifenol yang kuat, teh hijau sering digunakan dalam produk perawatan rambut karena dinilai cukup berkhasiat. 

Ini dia beberapa manfaat yang ditawarkan teh hijau untuk kesehatan rambut Anda. 

1. Membantu mencegah kerontokan rambut

rambut rontok karena diabetes

Salah satu manfaat teh hijau untuk rambut adalah membantu mencegah kerontokan rambut. Kerontokan rambut adalah kondisi yang pernah dialami oleh semua orang. Umumnya, kondisi ini disebabkan oleh beberapa hal, seperti stres, diet, atau perubahan hormon. 

Kandungan teh hijau yang kaya akan katekin ternyata membantu menekan pembentukan hormon dihidrotestosteron. Hormon androgen yang biasanya memiliki kadar yang cukup tinggi pada pria ini dikenali sebagai penyebab kerontokan rambut. 

Oleh karena itu, katekin yang terkandung dalam teh hijau dapat membantu mencegah kerontokan rambut dengan menekan produksi hormon androgen dalam tubuh Anda. 

Walaupun demikian, penelitian lebih teknis mengenai efek teh hijau untuk mengatasi masalah kerontokan masih perlu dilakukan. Terutama mengenai jumlah dan waktu pemakaiannya. 

2. Mendukung pertumbuhan rambut

vitamin untuk menumbuhkan rambut

Ternyata, selain mencegah kerontokan, teh hijau juga dapat mendukung pertumbuhan rambut Anda. Menurut sebuah penelitian dari jurnal Phytomedicine, unsur utama polifenol pada teh hijau, yakni epigallocatechin-3-gallate (EGCG), dinilai dapat mempercepat rambut tumbuh.

Hal ini dikarenakan EGCG berperan sebagai pemicu pertumbuhan rambut dengan merangsang folikel rambut dan mencegah kerusakan pada kulit serta sel rambut. 

Maka itu, temuan ini dijadikan salah satu faktor mengapa teh hijau sering digunakan pada produk perawatan rambut, khususnya untuk mengatasi kerontokan. 

Akan tetapi, perlu dipastikan lagi apakah efek teh yang mengandung anti mikroba ini bisa dipakai juga untuk orang yang mengalami kerontokan rambut akibat hormon. 

3. Membantu memenuhi nutrisi rambut

ciri-ciri rambut sehat
Sumber: Lavish Hair

Selain mengatasi kerontokan dengan mempercepat pertumbuhan rambut, ternyata manfaat teh hijau untuk rambut lainnya adalah memenuhi nutrisi rambut

EGCG yang terkandung dalam teh hijau menghambat aktivitas hormon yang menjadi salah satu penyebab kerontokan rambut. Selain itu, teh hijau juga membantu melancarkan aliran darah yang mempercepat pertumbuhan rambut. 

Temuan ini dibuktikan oleh para peneliti dari University of Witten-Herdecke. Mereka mengungkapkan bahwa kandungan polifenol dalam minuman teh hijau meningkatkan aliran darah di kulit dan penyaluran oksigen ke otak sebesar 29%.

Khasiat tersebut sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan rambut karena oksigen dan nutrisi yang dikirim ke kulit dapat merangsang folikel rambut. Dengan minum teh hijau, kebutuhan nutrisi kulit kepala Anda jadi terpenuhi dan rambut jadi lebih sehat. 

Tips memaksimalkan manfaat teh hijau untuk rambut

Bagaimana cara memanfaaatkan teh berkhasiat ini untuk rambut? Ini dia beberapa caranya menggunakan teh hijau untuk rambut Anda:

Keramas dengan sampo dan kondisioner ekstrak teh hijau

keramas dengan air hangat atau air dingin

Salah satu cara memaksimalkan manfaat teh hijau untuk rambut adalah memilih sampo dan kondisioner yang mengandung ekstrak daun tersebut. 

Jangan lupa untuk mengoleskan sampo dan kondisioner teh hijau hingga akar rambut Anda dan gosok dengan perlahan. Jika menggunakan kondisioner atau masker teh hijau, biarkan selama 3-10 menit sesuai dengan instruksi produk perawatan. 

Membuat cairan teh hijau untuk rambut di rumah

manfaat minum teh hijau

Selain memilih sampo dan kondisioner yang mengandung ekstrak teh hijau, Anda juga bisa memaksimalkan manfaat ini dengan membuat cairan teh hijau.

Cara membuatnya:

  1. Masukkan 1-2 kantong teh hijau ke air yang mendidih
  2. Biarkan kantong teh hijau diresap oleh air selama 5 menit
  3. Setelah suhunya berkurang, oleskan cairan tersebut pada rambut Anda setelah mandi

Teh hijau memang menawarkan manfaat yang baik untuk pertumbuhan rambut. Namun, perlu diingat bahwa ketika Anda memiliki kondisi medis tertentu terkait dengan masalah rambut, konsultasikan ke dokter sebelum rutin menggunakan teh hijau.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Ibu Menyusui Boleh Minum Teh Hijau, Asalkan…

Minum minuman berkafein adalah pantangan yang perlu dihindari oleh ibu menyusui. Namun, amankah konsumsi teh hijau untuk ibu menyusui?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Parenting, Menyusui 1 Januari 2020 . Waktu baca 4 menit

Apa Benar Minum Teh Hijau Sebelum Tidur Bermanfaat bagi Tubuh?

Tren minum teh hijau sebelum tidur sedang digandrungi masyarakat. Namun, benarkah rutinitas ini memberikan manfaat bagi tubuh?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Hidup Sehat, Fakta Unik 6 September 2019 . Waktu baca 4 menit

Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut yang Lebih Lebat dan Berkilau

Tahukah Anda bahwa manfaat minyak kelapa tidak hanya untuk kesehatan tubuh, melainkan juga untuk rambut yang lebih berkilau dan sehat?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Perawatan Rambut & Rambut Rontok, Hidup Sehat, Kecantikan 20 Juli 2019 . Waktu baca 4 menit

Teh Hijau vs Teh Oolong, Mana yang Lebih Menyehatkan?

Teh hijau dan teh oolong sering digadang-gadang sebagai jenis teh paling menyehatkan. Di antara keduanya, mana yang lebih baik?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Hidup Sehat, Fakta Unik 20 Mei 2019 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

teh tanpa kafein

3 Jenis Teh yang Tidak Mengandung Kafein

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit
cara merangsang pertumbuhan rambut bayi

4 Cara Merangsang Pertumbuhan Rambut Si Kecil

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 23 September 2020 . Waktu baca 4 menit
manfaat masker teh hijau

5 Manfaat Masker Teh Hijau untuk Kulit Bersih, Mulus, dan Sehat

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 20 Februari 2020 . Waktu baca 5 menit

5 Bahan Alami untuk Merawat Rambut Rontok

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 11 Februari 2020 . Waktu baca 5 menit