Apakah Training Boot Camp Efektif Menurunkan Berat Badan?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 24 Juni 2018 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang
Artikel ini berisi:

Boot camp adalah program pelatihan olahraga berkelompok yang dirancang secara intens dalam kurun waktu tertentu untuk membangun kekuatan otot dan kebugaran fisik. Latihan fisik dari olahraga boot camp sendiri bervariasi untuk satu kali sesi; bisa meliputi lari, loncat, naik turun tangga, push up, sit up, naik turun bukit, tarik tambang, memanjat, hingga mungkin termasuk yoga dan pilates. Tak heran jika olahraga ini banyak diminati. Lantas, apakah ikut boot camp efektif menurunkan berat badan?

Olahraga boot camp cukup intens untuk menurunkan berat badan

Biasanya, satu kelompok boot camp akan dilatih dan diawasi terus oleh instruktur atau personal trainer dari pusat kebugaran. Olahraga boot camp mencakup kombinasi antara latihan kekuatan, kardio, dan aerobik yang dirancang mengikuti pola interval: menggabungkan satu sesi latihan singkat dengan intensitas tinggi yang dilanjut dengan latihan ringan berdurasi lebih panjang untuk memulihkan diri, sebelum kembali diulang-ulang.

Semakin intens olahraga yang Anda lakukan, detak jantung akan semakin meningkat. Jantung tersusun dari otot-otot yang harus bergerak supaya lebih kuat dan kuat lagi. Bila otot jantung kuat, maka pembuluh darah dapat mengalirkan darah lebih banyak dan lebih cepat sehingga dapat mengalirkan oksigen lebih banyak ke dalam sel-sel otot. Hal ini memungkinkan sel untuk membakar lemak lebih banyak selama olahraga dan saat istirahat. Semakin tinggi intensitas olahraga yang Anda lakukan, semakin besar kalori yang terbakar.

Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh American Council on Exercise (ACE) melaporkan bahwa boot camp adalah jenis olahraga yang sangat efektif untuk membangun kekuatan otot, daya tahan tubuh, serta melatih orang-orang agar lebih disiplin menjalani hidup sehat. Boot camp juga bisa jadi pilihan terbaik untuk menurunkan berat badan, karena satu kali sesi boot camp dapat membakar hingga 1.000 kalori.

Beberapa boot camp juga dapat memberikan informasi tentang pola makan sehat dan menantang pesertanya untuk mengatur makannya selama menjalankan program ini, terutama jika tujuannya memang mengurangi berat badan.

Tidak semua orang bisa ikut olahraga boot camp

Boot camp memang jadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan atau membentuk tubuh. Sayangnya, tidak semua orang bisa ikut olahraga ini. Pasalnya olahraga boot camp membutuhkan tenaga yang luar biasa banyak dan gerakan cepat yang bisa terlalu menantang bagi pemula.

Oleh sebab itu, sebelum mendaftar sebaiknya tanyakan dulu pada instruktur tentang bagaimana program ini akan berjalan supaya Anda bisa menilai, apakah olahraga jenis ini cocok untuk Anda atau tidak.

Selain itu, Anda juga tidak disarankan untuk mengikuti olahraga jenis ini apabila berusia lebih 40 tahun, sedang hamil, tidak pernah berolahraga selama beberapa waktu, atau memiliki kondisi kesehatan tertentu. Ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter sebelum memulai kelas boot camp atau program latihan olahraga apapun.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

10 Makanan Terbaik untuk Anda yang Cepat Lapar

Anda sering merasa lapar atau ingin mengunyah sesuatu meski sudah makan? Sudah saatnya mencoba menu makanan berikut ini agar Anda tidak cepat lapar.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 21/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Tips Menjaga Kesehatan Kulit Sebelum dan Sesudah Berolahraga

Olahraga memang baik untuk kesehatan tubuh. Namun, jangan lupa melakukan perawatan kulit saat olahraga demi menjaga kesehatan kulit, ya.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Perawatan Kulit, Hidup Sehat, Kecantikan 18/06/2020 . Waktu baca 4 menit

Berapa Lama Olahraga yang Dianggap Efektif?

Berapa lama olahraga juga menentukan kesuksesan tujuan Anda. Terlalu sebentar tak akan efektif, tapi terlalu lama juga tak baik.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Kebugaran, Hidup Sehat 16/06/2020 . Waktu baca 5 menit

10 Jenis Cedera Olahraga yang Paling Sering Terjadi

Saat berolahraga, tubuh Anda akan bergerak dan beraktivitas lebih intens dari biasanya sehingga Anda rawan mengalami 10 cedera olahraga berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kebugaran, Hidup Sehat 11/06/2020 . Waktu baca 8 menit

Direkomendasikan untuk Anda

pembagian porsi makan

Seperti Apa Porsi Makan yang Tepat Agar Diet Cepat Berhasil?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 21/07/2020 . Waktu baca 4 menit
Olahraga di luar rumah pandemi

Olahraga di Luar Rumah Saat Pandemi? Perhatikan Hal-hal Ini

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 30/06/2020 . Waktu baca 4 menit
kacang almond

Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . Waktu baca 5 menit
apa itu kolesterol

7 Hal yang Paling Sering Ditanyakan Tentang Kolesterol

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 22/06/2020 . Waktu baca 5 menit