4 Prinsip Hidup yang Harus Dijalani Jika Anda Ingin Punya Umur Panjang

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 23/04/2019
Bagikan sekarang

Anda tidak perlu menginap semalam suntuk tujuh hari berturut-turut di dalam gym hanya demi menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Terkadang, hanya dengan melakukan hal kecil — tanpa perlu banyak waktu dan tenaga — Anda bisa dengan sendirinya membantu menjaga kesehatan tubuh tanpa harus dipaksa. Kuncinya, Anda hanya butuh sedikit kreativitas dan kemauan untuk melakukannya di mana pun dan kapan pun yang Anda bisa. Penasaran apa saja kebiasaan sederhana untuk menjaga kesehatan tubuh Anda? Baca terus untuk mengetahuinya.

Berbagai cara mudah menjaga kesehatan tubuh

Berikut ini beberapa hal yang bisa jadi cara mudah untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

1. Aktivitas fisik, di mana pun dan kapan pun

Kunci hidup sehat adalah aktif bergerak. Nah, Anda salah satu orang yang suka menghabiskan waktu berjam-jam untuk menonton serial sinetron atau drama di TV? Anda tetep bisa produktif melakukan aktivitas fisik saat sedang nonton TV. Caranya sederhana, manfaatkan waktu iklan sebagai ajang untuk melakukan peregangan otot, push up, sit up, atau pun plank.

Jadi, tidak ada lagi waktu yang terbuang sia-sia meskipun Anda sedang nonton TV. Selain memanfaatkan jeda waktu iklan ketika Anda menonton TV, Anda juga bisa melakukan beberapa aktivitas fisik yang bisa dilakukan di rumah. Misalnya, bersih-bersih rumah, naik turun tangga, berkebun, jalan santai, dan lain sebagainya. 

2. Cukup tidur

Selain aktif beraktivitas, Anda juga harus mencukupi waktu tidur Anda. Pasalnya, tidur adalah sebuah kebutuhan paling mendasar yang menjadi sebuah fondasi di mana pikiran dan tubuh sehat terbentuk. Jika fondasi tersebut goyah, tentunya akan berdampak pada kesehatan Anda. Mulai dari fungsi kekebalan tubuh, energi, selera makan, suasana hati dan lain sebagainya. Pada dasarnya, waktu tidur ideal setiap orang berbeda-beda. Namun, para pakar setuju jika waktu tidur ideal rata-rata orang dewasa berkisar 7 sampai 9 jam setiap malamnya. Jadi, untuk menjaga kesehatan tubuh, mulai sekarang cukupi waktu tidur Anda dan hindari begadang sampai larut malam.

3. Banyak minum

Air merupakan kebutuhan paling mendasar untuk tubuh. Jika tubuh kekurangan air, maka sel-sel dalam tubuh akan lebih sulit untuk melakukan fungsi sebagaimana mestinya. Di sisi lain, Anda juga akan lebih berisiko mengalami dehidrasi. Jika Anda mengalami dehidrasi, ini akan menguras energi sehingga membuat Anda lebih cepat lelah.

Banyak orang yang bilang kalau kita harus mencukupi kebutuhan minum air putih 8 gelas setiap hari. Padahal, belum tentu. Pasalnya, kebutuhan air tiap orang berbeda-beda. Bisa jadi Anda butuh minum air kurang atau bahkan lebih dari rekomendasi tersebut. Yang terpenting, jangan tunggu Anda merasa sampai haus baru minum air putih. Pasalnya, rasa haus yang muncul itu sebenarnya sudah jadi tanda tubuh Anda mengalami dehidrasi sebanyak 2 persen. Jadi, selagi Anda mampu dan sanggup, cukupilah kebutuhan cairan Anda. Tidak melulu dari air putih, Anda juga bisa mencukupi kebutuhan cairan Anda dari sayuran dan buah yang kaya air.

4. Makan perlahan

Banyak orang mengaku kalap dan lupa diri saat melihat banyak makanan berjejeran di depan mata. Rasanya, semua yang ada di depan ingin dinikmati secepat mungkin. Tidak jarang, hal ini membuat Anda makan dengan cepat, sehingga Anda tidak sadar telah makan dalam porsi besar dan mendapatkan kalori yang tinggi. Padahal, berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Journal Academy of Nutrition and Dietic, mengonsumsi makanan secara perlahan sangat berpengaruh besar dalam mengurangi jumlah kalori dalam tubuh Anda, lho! Ketika makan dengan lebih lambat, tanpa sadar Anda sudah kenyang padahal baru makan dalam porsi yang lebih kecil.

Akibatnya, makan perlahan secara tidak langsung dapat mengendalikan berat badan yang pada akhirnya dapat mencegah terjadinya obesitas. Selain itu, makan secara perlahan juga membantu memperlancar sistem pencernaan dan membuat Anda merasa lebih kenyang meskipun jumlah makanan yang Anda konsumsi tidak banyak.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Berbagai Manfaat Daun Kale, Si Hijau yang Kaya Zat Gizi

Tak heran jika kale kini naik daun di kalangan para pecinta kesehatan. Sayuran hijau ini mengandung segudang manfaat, termasuk untuk kanker payudara.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Nutrisi, Hidup Sehat 28/05/2020

Cara Diet Turun Berat Badan yang Aman Tanpa Bahayakan Kesehatan

Mau punya berat badan ideal? Diet sehat jawabannya. Namun, agar diet yang Anda lakukan tidak sia-sia, simak dulu panduan lengkap berikut ini.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari

Apa Bedanya Stres dan Depresi? Kenali Gejalanya

Stres dan depresi tidak sama, keduanya memiliki perbedaan mendasar. Maka jika penanganannya keliru, depresi bisa berakibat fatal. Cari tahu, yuk!

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri

Rutin Minum Madu Saat Sahur Bisa Memberikan 5 Kebaikan Ini

Katanya, minum madu saat sahur bisa memberikan segudang manfaat baik bagi tubuh selama menjalani puasa. Tertarik ingin coba? Simak beragam khasiatnya.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Hari Raya, Ramadan 17/05/2020

Direkomendasikan untuk Anda

sakit tangan main hp

Mengatasi Sakit Tangan Akibat Terlalu Sering Main HP

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 01/06/2020
warna rambut

Warna Rambut Sesuai Karakteristik Diri, yang Manakah Anda?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 31/05/2020
gerimis bikin sakit

Benarkah Gerimis Lebih Bikin Sakit Daripada Hujan?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 31/05/2020
resep membuat bakwan

4 Resep Membuat Bakwan di Rumah yang Enak Tapi Sehat

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020