home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Tips Membersihkan Kipas Angin di Rumah Tanpa Perlu Ribet

Tips Membersihkan Kipas Angin di Rumah Tanpa Perlu Ribet

Jika cuaca sedang panas-panasnya, menyalakan kipas angin di tengah ruangan atau kamar rasanya sungguh menyegarkan. Sejuknya angin yang berembus dari kipas memang ampuh mengusir rasa gerah. Namun, tahukah Anda kalau kipas angin adalah salah satu benda di rumah yang paling mudah kotor? Agar senantiasa bersih dan bebas dari debu, mari pelajari cara membersihkan kipas angin dengan baik dan benar, yuk!

Mengapa harus tahu cara membersihkan kipas angin yang benar?

Kipas angin adalah perlengkapan rumah tangga yang menjadi andalan banyak orang. Hal ini berkat harganya yang sangat terjangkau jika dibandingkan dengan AC.

Tak hanya itu, perawatan kipas angin pun tergolong cukup mudah. Anda bahkan tak perlu memanggil jasa bersih-bersih seperti halnya saat membersihkan AC.

Memangnya, kenapa kipas angin harus dalam keadaan bersih? Tanpa Anda sadari, debu dan kotoran mudah menumpuk di baling-baling kipas Anda, lho!

Jika debu dan kotoran ini kembali tersebar ke seluruh ruangan saat kipas dinyalakan, hal ini berisiko mengganggu kebersihan udara yang dapat berakibat buruk pada kesehatan Anda dan keluarga.

Beberapa gangguan kesehatan yang dapat mengancam dari kualitas udara yang buruk adalah alergi serta masalah pernapasan seperti asma dan pneumonia.

Cara membersihkan kipas angin agar bebas dari penyakit

Kebersihan udara adalah hak bagi setiap penghuni rumah. Maka dari itu, menjaga kebersihan kipas angin agar udara senantiasa bersih wajib hukumnya.

Sama seperti menjaga kebersihan peralatan lainnya di rumah, merawat kipas angin termasuk upaya untuk menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Secara tidak langsung, kebersihan diri Anda juga terjaga dengan memastikan barang-barang di sekitar tidak dalam keadaaan kotor.

Nah, bersih-bersih kipas angin tidak sesulit yang Anda bayangkan, kok!

Ikuti langkah-langkah cara membersihkan kipas angin di bawah ini untuk tahu proses lengkapnya.

1. Matikan dan cabut kabel kipas angin

Sebelum memulai proses bersih-bersih, pastikan kipas angin Anda tidak lagi terhubung dengan arus listrik.

Matikan kipas angin dan cabut kabelnya dari stop kontak. Ada baiknya Anda menjauhkan kipas angin dari sumber listrik apa pun saat membersihkannya.

Pasalnya, korsleting atau kesetrum listrik berisiko terjadi saat Anda mungkin menggunakan lap atau air untuk membersihkan kipas angin yang masih terhubung listrik.

2. Siapkan alat bersih-bersih

Cara selanjutnya adalah mempersiapkan alat dan bahan yang akan digunakan untuk membersihkan kipas angin Anda.

Berikut adalah alat-alat yang perlu Anda miliki untuk bersih-bersih:

  • 2 kain lap (kering dan basah),
  • sabun,
  • spons, dan
  • obeng untuk membuka penutup kipas.

Tak hanya alat-alat di atas yang harus Anda siapkan, Anda juga harus melakukan perlindungan diri dengan memakai masker dan sarung tangan.

Hal ini penting agar pernapasan dan kulit Anda terlindungi dari debu dan kotoran saat bersih-bersih kipas angin.

3. Lepaskan penutup baling-baling kipas

Cara berikutnya adalah melepas bagian penutup baling-baling saat membersihkan kipas angin. Anda bisa membuka penutup ini dengan bantuan obeng.

Hati-hati saat melakukan tahapan ini. Jika mengalami kesulitan saat berusaha membuka sekrup penutup, Anda bisa minta bantuan orang lain untuk melakukannya.

Saat membuka penutup baling-baling, ada baiknya Anda memposisikan kipas angin dalam keadaan berbaring. Ini penting untuk mencegah kipas jatuh dan rusak.

4. Cuci penutup kipas

Setelah penutupnya dilepas, kini waktunya Anda mencuci bagian penutup tersebut.

Cara membersihkan penutup kipas angin cukup mudah, yaitu dengan memakai air mengalir, spons, dan sabun.

Basahi penutup kipas terlebih dahulu, kemudian gosok dengan sabun dan spons agar semakin bersih.

Selanjutnya, jemur penutup kipas di bawah sinar matahari hingga kering.

5. Bersihkan baling-baling kipas

Sembari menunggu penutup kipas angin kering, Anda dapat melanjutkan tahap berikutnya, yaitu membersihkan baling-baling kipas angin.

Anda bisa membersihkan baling-baling kipas angin dengan cara dilap memakai kain basah. Anda tidak perlu mencopot baling-baling dari kipas untuk membersihkannya.

Jika sudah bersih, keringan baling-baling dengan menggunakan lap kering.

6. Jangan lewatkan bagian kepala dan badan kipas

Selain baling-baling kipas angin dan penutupnya, pastikan Anda juga membersihkan bagian kepala dan badannya dengan cara dilap.

Debu juga mungkin menempel di sela-sela kipas yang tak Anda sadari. Oleh sebab itu, Anda harus perhatikan bagian-bagian ini dengan seksama.

Pakai lap basah terlebih dahulu untuk mengangkat debu dan kotoran dari badan kipas.

Selanjutnya, keringkan bagian kepala dan badan kipas angin dengan menggunakan lap kering.

7. Bersihkan kipas secara rutin

Membersihkan kipas tak hanya dilakukan saat debu dan kotoran sudah menumpuk di baling-balingnya. Sebaiknya, lakukan proses pembersihan ini setiap 1 bulan sekali.

Selain itu, Anda bisa membersihkan kipas angin tanpa membongkar dengan cara memakai kemoceng atau vacuum cleaner.

Cara ini bisa Anda lakukan 2-3 hari sekali saat sedang bersih-bersih rumah seperti biasa.

Itulah beragam cara bersihkan kipas angin yang bisa Anda coba lakukan mulai hari ini.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Farrell, MH. (2016). How to Clean All the Fans in Your House – Consumer Reports. Retrieved April 14, 2021, from https://www.consumerreports.org/all-purpose-cleaners/how-to-clean-all-fans/ 

Helmer, J. (2021). 7 Things You Never Clean (But Should!) – AARP. Retrieved April 14, 2021, from https://www.aarp.org/home-family/your-home/info-2021/forgotten-spaces-to-clean.html 

Cleaning at Home – American Cleaning Institute. (n.d.). Retrieved April 14, 2021, from https://www.cleaninginstitute.org/home/clean-home

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Shylma Na'imah Diperbarui 05/07/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.