5 Langkah Mudah Membersihkan Humidifier di Rumah

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 7 September 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Menurut survei informal yang dilakukan oleh Consumer Reports, sebanyak 59 persen rumah tangga yang menggunakan humidifier tidak membersihkan alat ini setiap hari. Setidaknya satu dari empat orang hanya membersihkannya dua kali sebulan, bahkan kurang dari itu. Meski kelihatannya sepele, humidifier harus rajin dibersihkan. Humidifier yang kotor akan melepaskan debu-debu dan partikel asing ke udara, yang meningkatkan risiko alergi serta berbagai masalah kesehatan lainnya. Simak cara membersihkan humidifier yang tepat di bawah ini.

Cara membersihkan humidifier

Sebelum membersihkan humidifier, penting untuk melindungi diri Anda dari paparan bahan kimia dan debu. Pastikan Anda menggunakan sarung tangan, masker dan kacamata ketika membersihkan humidifier.

Berikut panduan lengkap bagaimana cara membersihkan humidifier yang baik dan benar.

Langkah 1

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mematikan mesin humidifier. Setelah itu bongkar mesin humidifier untuk mengosongkan tangki air dan melepaskan filter (penyaring udara) dari mesin. Cuci filter dengan membilasnya di bawah aliran air dingin dari kran. Tiriskan dan lap bersih sampai benar-benar kering.

Langkah 2

Tuangkan cuka secukupnya ke dalam tangki air dan pastikan seluruh sisi dalam tangki terkena cuka. Diamkan kira-kira selama 30 menit hingga 1 jam untuk menghilangkan tumpukkan kotoran yang menempel di tangki air. Setelah itu sikat secara perlahan untuk membersihkan sisa-sisa kerak yang masih menempel di dinding tangki. Anda bisa menggunakan sikat kecil untuk membersihkan area yang sulit dijangkau.

Langkah 3

Jika tangki air mesin humidifier tidak memungkinkan untuk disikat, Anda bisa menggunakan campuran air dingin, cuka, dan beras. Caranya, masukkan semua bahan tersebut ke dalam tangki air kemudian tutup rapat dan kocok selama satu menit atau lebih. Ulangi cara tersebut hingga kotoran yang menempel di dinding-dinding tangki terlepas. Setelah itu bilas tangki menggunakan air mengalir hingga bersih dan keringkan.

Langkah 4

Agar tangki air benar-benar bersih, Anda bisa mengulang langkah ke dua dengan menggunakan bahan yang berbeda. Rendamlah tangki menggunakan campuran air dingin dan 1 sendok teh pemutih atau hidrogen peroksida. Kemudian diamkan selama kurang lebih setengah jam. Setelah itu, bilas sampai bersih menggunakan air yang mengalir dan keringkan.

Langkah 5

Untuk rangka mesin humidifier, Anda bisa membersihkan bagian luarnya dengan menggunakan lap bersih yang sudah direndam ke dalam campuran air dingin dan cuka. Cuka membantu menghambat pertumbuhan jamur dan bakteri di bagian luar rangka.

Setelah semua bagian benar-benar kering, Anda bisa memasang kembali rangkanya. Jangan lupa untuk mengganti filter udara dan isi tangki dengan air bersih. Anda pun dapat menikmati kesegaran dan kelembapan yang menenangkan di rumah Anda.

Berapa kali idealnya membersihkan humidifier?

Untuk hasil yang lebih optimal, Anda bisa membersihkan humidifier setidaknya sekali dalam semingggu — apabila Anda menggunakan mesin ini setiap hari. Jika Anda ragu berapa kali sebaiknya membersihkan humidifier, sebaiknya Anda selalu baca cara penggunaan dan cara perawatan alat ini yang biasanya tertera di kemasan.

Ingat, humdifier Anda bisa jadi tempat berkembangbiak yang ideal bagi kuman, dan jika tidak dirawat dengan benar, alat ini justru dapat membuat Anda sekeluarga sakit karena terkena paparan kuman. Jadi, pastikan Anda merawat alat ini dengan baik dan benar agar keluarga Anda terhindar dari jamur dan bakteri penyebab penyakit.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Langkah untuk Berhenti Merokok

Berhenti merokok memang bukan perkara mudah. Mulailah dengan 5 langkah berikut.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Monika Nanda
Berhenti Merokok, Hidup Sehat 3 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

Selain Mempercantik Kamar, 7 Tanaman Ini Juga Bisa Bantu Tidur Nyenyak

Beberapa jenis tanaman untuk kamar membawa efek menenangkan dan mampu membersihkan udara dari polusi, bau, dan jamur. Apa saja jenisnya?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Kebersihan Diri, Hidup Sehat 2 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

Ciri-ciri Infeksi Jamur (Oral Thrush) di Mulut Anda

Infeksi jamur di mulut biasa disebut juga oral thrush atau kandidiasis. Simak penyebab, tanda dan gejala, serta cara pengobatannya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Gigi dan Mulut 2 Maret 2021 . Waktu baca 9 menit

Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Langkah yang Tepat

Menghilangkan bekas luka butuh waktu lama. Simak daftar obat-obatan sebagai cara menghilangkan bekas luka yang tepat berikut ini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Pertolongan Pertama, Hidup Sehat 2 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

ciri tipes yang parah

Waspadai 3 Ciri Tipes yang Sudah Parah Agar Tidak Berakibat Fatal

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 3 menit
mencium bau

Kenapa Beberapa Orang Cenderung Susah Mencium Bau?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit
minum teh saat hamil

3 Hal Penting yang Wajib Diperhatikan Jika Suka Minum Teh Saat Hamil

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit
manfaat buah mangga

7 Manfaat Kesehatan yang Bisa Anda Dapat dari Buah Mangga

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit