Infeksi gusi yang menjalar hingga gigi dan tulang rahang disebut dengan periodontitis. Periodontitis dapat menyebabkan gigi Anda lama-lama melonggar atau copot. Infeksi ini biasanya disebabkan oleh peradangan gusi (gingivitis) yang tidak terobati dengan baik. Selain itu, malas gosok gigi juga dapat menjadi salah satu faktor yang membuat plak dan bakteri berkembang di mulut hingga menyebabkan infeksi. Namun, kekurangan vitamin tertentu pada tubuh juga bisa menjadi salah satu penyebab infeksi pada gusi.

Lalu, vitamin apa yang wajib dikonsumsi dan sekaligus bisa mengatasi infeksi gusi?

Vitamin yang diperlukan tubuh untuk mengatasi infeksi gusi

1. Vitamin C

Gusi yang bengkak meradang, berdarah, atau terasa nyeri bisa menjadi salah satu tanda bahwa tubuh Anda kekurangan vitamin C. Kekurangan vitamin C termasuk jarang, namun banyak dialami oleh perokok.

Vitamin C terutama berperan penting dalam produksi kolagen, protein khusus yang ikut membentuk jaringan gusi. Vitamin C juga merupakan antioksidan yang bisa membantu mencegah kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Sumber vitamin C tinggi bisa diperoleh dari buah-buahan, seperti buah jeruk, semangka, nanas, melon, kiwi, tomat, stroberi, blueberry, raspberry dan cranberry. Vitamin C juga banyak ditemukan pada sayuran seperti brokoli, kembang kol, kentang, lobak dan sayuran berdaun hijau lainnya seperti kale dan bayam. Jangan memasak sayuran terlalu lama, karena suhu panas dapat menghancurkan kandungan vitamin C-nya.

2. Vitamin B

Vitamin B kompleks adalah salah satu vitamin penting yang penting untuk kesehatan mulut dan gigi, karena vitamin ini membantu pertumbuhan sel dan sirkulasi darah ke seluruh tubuh — termasuk gusi. 

Sebuah penelitian menemukan bahwa kekurangan vitamin B-12 dan B9 terkait dengan risiko perdarahan gusi. Kekurangan vitamin B9 dapat meningkatkan risiko Anda terkena periodontitis. Kekurangan vitamin B, terutama vitamin B9, cukup sering ditemui pada orang yang merokok.

Anda bisa menemukan vitamin B pada makanan dari daging hewan seperti daging ikan, ayam, sapi, telur, susu dan produk turunannya (keju, yogurt, butter), hingga kacang-kacangan. Sayur-sayuran seperti brokoli atau bayam juga termasuk sumper makanan tinggi vitamin B. 

3. Vitamin A

Vitamin A berperan dalam menjaga keutuhan sel-sel epitel yang membentuk jaringan gusi. Vitamin A juga bersifat antioksidan yang dapat mengatasi infeksi gusi dari dalam. Peningkatan konsumsi makanan yang mengandung vitamin A dapat mengurangi tingkat keparahan periodontitis pada orang yang tidak merokok. Sayangnya efek ini tidak terlihat pada para perokok.

Sumber-sumber makanan yang mengandung vitamin A antara lain adalah telur, wortel, hati, ubi, brokoli, dan tanaman berdaun hijau.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca