7 Cara Cepat Hilangkan Sariawan di Lidah (Dengan Obat Medis Atau Bahan Alami)

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Sariawan di lidah bisa terasa menyiksa karena Anda akan kesulitan untuk mengunyah makanan dan berbicara. Namun, Anda tak perlu lagi khawatir. Ada banyak pilihan obat medis maupun perawatan alaminya untuk meredakan nyeri akibat sariawan di lidah agar Anda lebih cepat sembuh.

Pilihan obat medis untuk sariawan di lidah

Untuk kasus sariawan di lidah yang berukuran besar dan terasa amat sangat menyakitkan, beberapa obat medis ini mungkin membantu meredakan masalah Anda:

1. Obat pereda nyeri

obat keputihan dari dokter

Satu buah sariawan yang berukuran kecil mungkin tidak begitu bermasalah. Namun jika lukanya besar dan ada lebih dari satu yang menyebar di dalam mulut, rasanya pasti perih berdenyut menyebalkan.

Supaya tidak makin sakit, Anda bisa minum obat pereda nyeri seperti paracetamol dan ibuprofen. Kedua obat ini ampuh untuk mengurangi rasa sakit akibat munculnya luka sariawan di lidah.

Anda bisa membeli obat-obatan tersebut di toko obat, apotek, maupun swalayan tanpa harus menebus resep dokter. Meski begitu, pastikan Anda membaca cara pakainya dengan teliti. Gunakan obat sesuai dosis yang dianjurkan pada bungkus kemasan.

Jangan sungkan untuk bertanya langsung ke dokter atau apoteker bila Anda tidak paham cara pakainya.

2. Obat kortikosteroid

obat diare

Sariawan biasanya ditandai dengan luka berbentuk bulat atau oval, bagian tengah luka tampak berwarna keputihan atau kekuningan, dan tepiannya kemerahan. Sering kali sariawan muncul di pinggir atau di balik lidah. 

Luka akibat sariawan di lidah bisa meradang dan menyulitkan Anda untuk mengunyah atau berbicara. Belum lagi rasa nyut-nyutan di sekitar lidah juga semakin menyiksa.

Guna meredakan kondisi ini, Anda bisa pakai obat obat kortikosteroid. Obat sariawan di lidah satu ini dapat membantu melawan peradangan dan meredakan nyeri. Biasanya obat kortikosteroid untuk sariawan tersedia dalam bentuk salep mulut, obat kumur, atau obat minum.

3. Obat antibiotik atau antivirus

neozep forte

Ada banyak sekali faktor penyebab sariawan di lidah. Mulai dari lidah tergigit ketika makan, menyikat gigi terlalu keras, hingga infeksi bakteri atau virus.

Bila luka sariawan yang Anda alami akibat infeksi bakteri di lidah, maka dokter dapat meresepkan antibiotik. Sementara luka sariawan yang disebabkan karena infeksi virus dapat diobati dengan antivirus.

Kedua jenis obat sariawan di lidah ini hanya tersedia dengan resep dokter. Sembarangan minum antivirus dan antibiotik dapat menyebabkan efek berbahaya bagi tubuh. Oleh sebab itu, minum obat antivirus dan antibiotik sesuai dengan yang diresepkan dokter. Jangan menambahkan, mengurangi, atau bahkan menghentikan pengobatan tanpa seizin dokter.

Pilihan obat alami untuk sariawan di lidah

Sariawan di lidah juga bisa diobati dengan cara rumahan menggunakan bahan-bahan alami. Berikut obat-obatan alami untuk mengatasi sariawan di lidah yang perlu Anda ketahui.

1. Kumur air garam

berkumur dengan air garam

Garam dapur bisa jadi penyelamat Anda saat muncul sariawan yang membandel di lidah. Menariknya, khasiat garam untuk mengatasi berbagai gangguan mulut sudah diketahui sejak zaman nenek moyang terdahulu, lho! 

Garam dapat membasmi bakteri dan kuman jahat di mulut sehingga membantu meringankan peradangan di area yang terluka.

Cara membuat obat sariawan di lidah satu ini terbilang mudah. Anda cukup mencampurkan setengah sendok teh garam dalam air hangat sampai larut. Kumur-kumur ke seluruh penjuru mulut selama 1-2 menit lalu buang airnya.

Anda bisa berkumur air garam beberapa kali dalam sehari sampai sariawan mengecil atau menghilang. 

2. Lidah buaya

manfaat masker lidah buaya

Satu sariawan saja bisa membuat seluruh mulut Anda terasa tak nyaman dan panas. Bisa dibayangkan bila sariawan muncul lebih dari satu. Tentu saja sensasi tidak nyamannya akan semakin intens. 

Untungnya lidah buaya memiliki sifat antiradang dan antinyeri alami. Tumbuhan herbal satu ini bisa membantu meringankan peradangan dan rasa nyeri karena sariawan.

Anda cukup menyiapkan beberapa batang lidah buaya asli dan cuci sampai bersih. Kemudian, oleskan getah atau daging lidah buaya secukupnya langsung pada sariawan Anda. Biarkan selama beberapa jam dan ulangi dua sampai tiga kali sehari. 

Namun, hati-hati. Obat dari bahan alami tidaklah selalu aman untuk semua orang. Bila Anda punya riwayat alergi dengan lidah buaya, sebaiknya hindari mencoba obat sariawan ini di lidah.

3. Es batu

Minum Air Dingin atau Es Saat Flu

Dalam beberapa hari, sariawan di lidah bisa membengkak dan terasa menyakitkan. Agar sariawan cepat kempis dan sembuh, Anda bisa mengompres lidah dengan es batu. 

Obat sariawan di lidah satu ini manjur untuk mengempiskan bengkak pada jaringan mulut yang terluka. Ambil beberapa bongkah es batu dari dalam freezer. Lalu bungkus es batu dengan selembar waslap atau kain kering yang bersih. Tembelkan kain di bagian lidah yang sariawan selama beberapa menit.

Jika sulit, kulum es batu pada bagian lidah yang sariawan sampai mencair sepenuhnya di mulut. Anda juga bisa berkumur menggunakan air dingin untuk meringankan rasa perih di lidah. 

4. Teh celup

kantong teh celup bekas untuk mata

Obat alami untuk mengatasi sariawan di lidah yang bisa Anda coba lainnya adalah teh celup. Daun teh dipercaya dapat membantu melawan infeksi dan peradangan yang menyebabkan sariawan. Selain itu, teh juga mengandung alkali yang bisa menetralkan asam di mulut yang bisa membuat sariawan terasa perih.

Jadi, jangan buang kantong teh celup setelah diseduh. Kompres sariawan di lidah Anda dengan bekas kantong teh celup selama kira-kira 5 menit. Ulangi selama beberapa kali sehari sampai sariawan mereda. 

Hindari makanan tertentu saat masih sariawan

alasan orang suka makan makanan pedas

Supaya sariawan di lidah cepat sembuh, Anda juga perlu memerhatikan asupan makanan yang Anda makan sehari-hari.

Hindari mengonsumsi makanan yang terlalu pedas, asin, atau sebab. Jangan lupa, hindari pula makanan dengan tekstur yang keras dan tajam. Sebab, berbagai jenis makanan tersebut dapat membuat luka semakin memburuk.

Bila berbagai obat yang sudah disebutkan di atas tidak juga membuat sariawan di lidah Anda membaik, segera periksa ke dokter. Sariawan yang Anda alami mungkin tanda dari kondisi yang lebih serius. Dokter dapat menentukan perawatan yang paling sesuai dengan kondisi Anda.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca