4 Tips Manjur Obati Gusi Bengkak Karena Pakai Kawat Gigi

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 04/04/2019 . 3 mins read
Bagikan sekarang

Kawat gigi alias behel dipasang untuk merapikan dan memperbaiki gigi yang berantakan atau rahang yang tidak selaras. Akan tetapi, banyak yang mengeluhkan gusi bengkak karena pasang behel. Nah, bagaimana, ya, mengobati gusi yang bengkak karena pakai behel?

Cara mengobati gusi bengkak karena pakai behel

Jika Anda baru pasang behel, mungkin Anda akan merasa tidak nyaman, sakit, dan kesulitan mengunyah. Tidak sampai di situ, biasanya gusi juga akan bengkak karena pakai behel.

Sebenarnya, hal ini wajar karena Anda sedang beradaptasi dengan adanya alat baru di mulut. Namun, jika dibiarkan justru akan menyebabkan iritasi atau masalah mulut yang lebih besar. Nah, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengobati gusi yang bengkak karena pakai behel.

1. Pakai sikat gigi yang lembut

sering sikat gigi

Jika Anda pakai behel, pilih sikat gigi yang lembut dan menyikat gigi minimal dua kali dalam sehari. Biasanya, jenis sikat gigi yang disarankan yaitu sikat gigi interdental. Sikat gigi interdental lebih efektif membersihkan plak gigi yang menempel.

Nah, cara ini cukup bisa mengobati bengkak pada gusi karena pengunaan behel. Pasalnya, dengan rajin menyikat gigi dengan sikat yang lembut, maka tidak akan ada plak atau kotoran yang menumpuk. Setelah menyikat gigi, gunakan obat kumur antibakteri atau air hangat yang sudah dicampur dengan garam.  

2. Kompres mulut dengan es batu

Salah satu cara yang paling sederhana untuk mengatasi gusi bengkak adalah memakai kompres es batu pada mulut bagian luar atau meminum air dingin juga dapat mengurangi rasa sakit pada mulut dan mengurangi pembengkakan.

3. Hindari aktivitas yang bisa mengiritasi kawat gigi

menggigit kuku

Selain plak, iritasi dari kawat gigi terkadang juga membuat rasa sakit tersebut muncul. Nah untuk mengatasi gusi sakit dan bengkak karena behel, hindari mengunyah makanan yang terlalu keras, mengigit kuku atau tutup pulpen. Kurangi konsumsi tembakau karena untuk mengobati gusi yang bengkak.

4. Mengurangi konsumsi gula

mengunyah permen karet

Penggunaan behel juga harus disertai dengan diet yang seimbang. Mengapa? Salah satu penyebab gusi bengkak adalah menumpuknya plak gigi dikarenakan terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung gula, seperti popcorn, permen karet, dan makanan yang mudah lengket di gigi. Oleh karena itu, kurangi konsumsi gula untuk mengobati gusi yang bengkak.

Intinya menjaga kebersihan gigi adalah hal yang sangat penting baik untuk pemakai kawat gigi atau tidak. Selain penggunaan behel, penumpukan plak gigi juga menyebabkan gusi yang membengkak. Oleh karena itu, ingat untuk membersihkan gigi Anda minimal dua kali sehari untuk mengatasi pembengkakan gusi.

Akan tetapi, jika pembengkakan pada gusi masih tidak ada perubahan walaupun telah mencoba tips-tips di atas, segera konsultasikan kepada dokter gigi atau spesialis ortodonti Anda agar mendapat saran untuk mengetahui pencegahan dan pengobatan apa yang dapat dilakukan untuk mengobati gusi yang bengkak.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

7 Cara Merapikan Gigi yang Bisa Anda Coba di Dokter

Punya gigi berantakan tentu bikin minder ketika harus berinteraksi dengan orang banyak. Psstt... Cara merapikan gigi tidak selalu harus pakai behel, lho!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 15/09/2019 . 12 mins read

Apakah Hasilnya Akan Efektif Jika Pasang Kawat Gigi (Behel) Waktu Sudah Dewasa?

Kawat gigi biasanya mulai dipakai saat usia anak-anak hingga remaja. Alhasil, kebanyakan orang mengira bahwa pasang behel saat dewasa tidak tepat. Benarkah?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 07/08/2019 . 4 mins read

Baru Pasang Behel? Ini 3 Jenis Makanan yang Harus Anda Hindari

Lamanya perawatan behel gigi ternyata dipengaruhi oleh makanan yang Anda makan, lho! Berikut daftar makanan yang harus dihindari ketika pakai behel gigi.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 20/06/2019 . 4 mins read

3 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Dalam Merawat Retainer Gigi Lepas Pasang

Selain berbeda dalam pemakaiannya, cara merawat retainer gigi lepas pasang dan permanen pun tidak sama. Apa saja yang tidak boleh dilakukan agar tetap awet?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 29/01/2019 . 3 mins read

Direkomendasikan untuk Anda

memasang behel

Kapan Sebaiknya Memasang Behel agar Tetap Aman dan Efektif?

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 28/06/2020 . 4 mins read
behel gigi kuning

Behel Bisa Bikin Gigi Jadi Kuning, Benar Atau Salah?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 19/03/2020 . 4 mins read
merapikan gigi pakai behel

Mau Merapikan Gigi, tapi Tak Pede Pakai Behel? Ini Solusinya!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 19/11/2019 . 4 mins read
keunggulan behel transparan

5 Keunggulan Pakai Behel Transparan, Jangan Sampai Dilewatkan

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 14/10/2019 . 4 mins read