5 Keunggulan Pakai Behel Transparan, Jangan Sampai Dilewatkan

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15/10/2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Memiliki senyum menawan pasti jadi keinginan semua orang, termasuk Anda. Sayangnya, ada banyak hal yang membuat Anda enggan tersenyum lebar, salah satunya susunan gigi yang berantakan. Tidak perlu berkecil hati, behel transparan atau clear aligner bisa menjadi pilihan. Namun, tahukah Anda apa saja keunggulan menggunakan behel transparan? Yuk, lihat ulasannya berikut ini.

Keunggulan memakai behel transparan

Pemasangan behel menjadi perawatan utama untuk gigi yang tidak tersusun rapi. Salah satu jenis behel yang sedang naik daun sekarang adalah behel transparan atau clear aligner. Nah, berikut ini adalah beberapa keunggulan clear aligner dibanding jenis behel lainnya.

1. Tidak terlihat

Meskipun behel ampuh untuk memperbaiki susunan gigi, tidak semua orang mau memakainya. Terlebih untuk jenis kawat gigi karena perawatan ini memperlihatkan kawat berupa metal dan bracket (jangkar kawat) pada gigi.

Berbeda dengan kawat gigi berbahan metal, sesuai namanya, behel transparan memiliki warna bening yang tidak akan mengubah tampilan gigi Anda.

Behel ini berbentuk seperti “jaket” bening yang melapisi gigi. Jadi, selama pemakaian, Anda tidak perlu lagi khawatir dengan tampilan gigi Anda saat berbicara, tersenyum, dan tertawa.

2. Lebih nyaman dipakai

Selain tidak mengubah tampilan gigi, kenyamanan juga menjadi keunggulan dari behel transparan. Kawat gigi dari metal mengharuskan Anda memakainya sepanjang waktu, tapi tidak dengan behel transparan.

Anda bisa melepasnya dan memasangnya kembali kapan pun. Anda bisa melepasnya ketika menggosok gigi, makan, dan berkumur. Anda jadi bisa gosok gigi dengan nyaman dan bisa lebih menikmati makanan yang disukai.

Selain itu, menggunakan kawat metal mengharuskan Anda rutin mengunjungi dokter gigi untuk melakukan penyesuaian. Untuk behel transparan, Anda tak perlu melakukan kunjungan rutin sebulan sekali.

invisalign adalah cara merapikan gigi

3. Tidak menimbulkan rasa sakit

Proses pemasangan behel transparan juga tidak menimbulkan rasa sakit. Ini merupakan keunggulan behel transparan yang paling terasa dibandingkan kawat gigi yang sering kali menimbulkan rasa sakit setelah pemasangan.

Behel transparan dibuat berongga sesuai dengan bentuk gigi. Dokter gigi hanya perlu memeriksa bentuk gigi dan mencetak jaket bening sesuai bentuk gigi dengan bahan yang lembut dan mendukung gigi untuk bergerak.

Bahan yang digunakan pun lebih lembut sehingga tidak menyebabkan rasa sakit untuk meratakan gigi.

4. Masa perawatannya lebih singkat

Selain proses pemasangan yang lebih mudah, waktu penggunaan behel transparan juga jauh lebih singkat. Masa perawatan akan disesuaikan dengan kondisi gigi, umumnya sekitar 3 hingga 9 bulan menurut sebuah studi pada jurnal Journal of the World Federation of Orthodontists.

Sedangkan, kawat gigi metal biasanya harus digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama.

5. Meningkatkan penampilan dan kepercayaan diri

Keunggulan behel transparan selanjutnya, yaitu Anda dapat memamerkan senyum ceria dengan bebas. Anda tidak perlu lagi mencemaskan tampilan gigi yang seolah “dipagari”.

Selain itu, behel transparan juga tidak memengaruhi cara bicara seseorang. Dengan begitu, Anda akan lebih percaya diri untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Perhatikan hal ini sebelum memasang behel transparan

dokter gigi

Bila tertarik menggunakan behel transparan, pastikan Anda memilih behel transparan berkualitas. Anda mungkin dapat dengan mudah melihat iklan behel transparan bertebaran di sosial media yang menawarkan harga murah. Belum lagi, iklan itu menjanjikan Anda dapat “merakitnya” sendiri di rumah tanpa harus repot ke dokter gigi.

Namun, berhati-hatilah dengan tawaran semacam itu. Meski hasilnya terlihat sama, behel transparan dengan harga miring tentu memiliki kualitas berbeda dibandingkan yang diproduksi oleh produsen tepercaya.

Behel buatan sendiri biasanya tidak nyaman digunakan karena bentuknya tak mengikuti rongga dan struktur gigi. Akibatnya, hasil yang didapat tidak sesuai harapan dan gigi Anda tetap berantakan.

Meski terlihat sebagai solusi paling mudah, behel transparan yang benar tetap membutuhkan konsultasi dokter gigi untuk pembuatan dan pemasangannya. Jika tidak, Anda memiliki risiko yang lebih besar untuk mengalami masalah gigi dan mulut di kemudian hari, seperti sariawan atau gusi yang meradang.

Itu sebabnya, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter gigi dan memilih produk behel transparan tepercaya yang diakui di tingkat internasional sehingga terjamin keamanannya. Biasanya perawatan ini dimulai dari harga 20 juta rupiah. Pastikan Anda memilih perawatan terbaik agar hasilnya sesuai dengan yang Anda harapkan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Berapa Lama Anda Idealnya Harus Menggosok Gigi?

Menyikat gigi tidak boleh terlalu lama atau cepat kilat. Memangnya, berapa lama harus menggosok gigi? Cari tahu jawabannya berikut ini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 29/11/2019 . Waktu baca 4 menit

Panduan Memilih Behel Terbaik untuk Senyum Indahmu

Bagi Anda yang giginya kurang rapi dan rata, mungkin membaca tips memilih behel yang tepat untuk gigi berdasarkan jenisnya di sini dapat membantu Anda.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Sponsored
tips memilih behel
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 20/11/2019 . Waktu baca 5 menit

Pentingnya Punya Senyum Indah untuk Tingkatkan Kepercayaan Diri

Senyum yang indah bisa meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Bagaimana hal ini bisa terjadi dan adakah tips khusus untuk menunjukkan senyum ini?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Sponsored
senyum tingkatkan kepercayaan diri
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 19/11/2019 . Waktu baca 4 menit

Mau Merapikan Gigi, tapi Tak Pede Pakai Behel? Ini Solusinya!

Pakai behel (kawat gigi) adalah perawatan utama untuk merapikan gigi. Namun, ada yang tidak pede menggunakan alat ini. Tenang, ada solusinya berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Sponsored
merapikan gigi pakai behel
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 19/11/2019 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

memasang behel

Kapan Sebaiknya Memasang Behel agar Tetap Aman dan Efektif?

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 28/06/2020 . Waktu baca 4 menit
penyebab vagina bau

Berbagai Penyebab Bau Mulut Tak Sedap

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 17/06/2020 . Waktu baca 5 menit
behel gigi kuning

Behel Bisa Bikin Gigi Jadi Kuning, Benar Atau Salah?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 19/03/2020 . Waktu baca 4 menit
membersihkan karang gigi

Kapan Waktu yang Tepat Membersihkan Karang Gigi?

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 01/01/2020 . Waktu baca 3 menit