Sudahkah Anda menyikat gigi dengan benar? Menyikat gigi secara teratur dan benar penting Anda lakukan untuk menjaga kesehatan gigi. Kerusakan gigi, seperti gigi berlubang, masalah pada gusi, dan bau mulut, dapat menghampiri Anda jika Anda tidak rajin menyikat gigi atau jika Anda tidak menyikat gigi dengan benar.

Dengan menyikat gigi, Anda membersihkan gigi dari plak dan sisa makanan yang menempel pada gigi Anda. Nah,untuk dapat membersihkan gigi secara menyeluruh, Anda harus menyikat gigi dengan benar. Bagaimana caranya?

Tahap-tahap menyikat gigi dengan benar

Sebelum Anda menyikat gigi, siapkan terlebih dahulu sikat gigi dan pasta gigi. Pilih pasta gigi yang mengandung fluoride dan juga pilih sikat gigi yang sesuai dengan Anda. Sesuaikan kepala sikat gigi dengan lebar mulut Anda. Kepala sikat dengan ujung yang kecil akan memudahkan Anda menjangkau bagian gigi terdalam Anda. Pilih juga sikat dengan gagang yang nyaman Anda pegang, sehingga Anda dapat menyikat gigi dengan benar dan tidak melukai gusi Anda.

Perlu Anda ketahui bahwa sebaiknya sikat lidah Anda terlebih dahulu sebelum Anda mulai menyikat gigi. Membersihkan lidah penting dilakukan untuk menghilangkan bakteri anaerob yang menyebabkan bau mulut. Biasanya sikat lidah ada di bawah bulu sikat pada sikat gigi Anda. Sama seperti menyikat gigi, menyikat lidah juga menggunakan pasta gigi. Sikat lidah Anda sejauh yang bisa Anda jangkau karena semakin dalam lidah Anda, di situlah tempat banyaknya bakteri bersarang. Sikat lidah Anda dengan lembut dan jangan sampai melukai lidah Anda.

Setelah Anda menyikat lidah, Anda bisa langsung menyikat gigi Anda dengan cara:

  1. Letakkan bulu sikat gigi pada permukaan gigi dekat tepi gusi dengan posisi membentuk sudut 45 derajat. Anda bisa mulai menyikat gigi pada gigi geraham atas atau pada gigi belakang di salah satu sisi mulut Anda. Sikatlah dengan gerakan melingkar dari atas ke bawah selama sekitar 20 detik untuk setiap bagian.
  2. Sikat setiap bagian gigi, mulai dari bagian gigi yang biasa dipakai untuk mengunyah, gigi yang dekat dengan pipi dan lidah. Pastikan semua permukaan gigi sudah disikat, sehingga plak atau sisa makanan yang menempel di gigi bisa hilang.
  3. Untuk membersihkan permukaan dalam gigi depan Anda, Anda harus memegang sikat gigi secara vertikal atau menggunakan ujung kepala sikat gigi Anda dan sikat dengan gerakan melingkar dari tepi gusi sampai atas gigi. Lakukan gerakan ini berulang sebanyak 2-3 kali.
  4. Ubah pola menyikat gigi Anda yang biasa jika diperlukan. Kadang, menyikat gigi dengan cara yang itu-itu saja membuat bagian lain yang tidak biasa dilewati bisa terabaikan.
  5. Jika Anda memulainya dari bagian geraham atas, maka Anda akan menyelesaikan sikatan Anda pada gigi geraham bawah. Anda akan menghabiskan waktu sekitar 2-3 menit untuk menyikat seluruh bagian gigi Anda.
  6. Terakhir, bilas mulut dan sikat gigi Anda dengan air sampai bersih.

Tips tambahan:

Jangan menyikat gigi Anda terlalu keras atau terlalu memberi tekanan pada gigi Anda, ini akan menyakitkan gigi dan gusi Anda. Terlalu keras menyikat gigi sebenarnya tidak membantu membersihkan gigi Anda lebih baik juga. Justru, hal ini dapat menyebabkan permukaan luar gigi (enamel) akan terkikis dan ini adalah asal mula dari gigi sensitif.

Selain itu, menyikat gigi dengan gerakan lurus (bukan melingkar) bukanlah cara yang efektif dalam membersihkan gigi Anda. Menyikat gigi dengan gerakan lurus dalam waktu yang lama dapat menyebabkan kerusakan permanen pada gusi Anda.

Bagaimana mengetahui gigi sudah bersih setelah disikat?

Terkadang, mungkin Anda tidak merasa puas setelah menyikat gigi. Anda merasa gigi Anda belum benar-benar bersih, sehingga Anda akan menyikat gigi Anda lebih lama. Parahnya lagi, saat Anda menyikat gigi Anda terlalu lama dengan gerakan yang keras, hal ini menyebabkan luka pada gigi dan gusi Anda. Hal yang pasti tidak ingin Anda alami bukan.

Nah, oleh karena itu, Anda harus mengetahui bagaimana gigi yang bersih setelah disikat. Cara yang paling mudah yang dapat Anda lakukan adalah dengan merasakan gigi Anda. Loh, bagaimana caranya?

Caranya mudah sekali. Raba gigi dengan lidah Anda, apakah sudah halus atau belum. Permukaan gigi yang halus artinya gigi Anda sudah bersih. Namun, jika permukaan gigi masih terasa kasar, itu berarti masih ada sisa plak yang menempel pada gigi Anda. Untuk itu, pastikan seluruh permukaan gigi sudah Anda sikat semua, ya.

BACA JUGA

Sumber
Yang juga perlu Anda baca