Sudah Tahu Apa Bedanya Karies, Karang Gigi, dan Gigi Berlubang?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 22/06/2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Berapa pun usia Anda, Anda wajib menyikat gigi secara rutin untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Sebab jika tidak, Anda bisa saja terkena karies gigi, karang gigi, atau gigi berlubang. Nah, banyak orang yang masih sulit membedakan antara karies gigi dan gigi berlubang karena ciri-cirinya cenderung mirip. Sudahkah Anda tahu perbedaan dari ketiga masalah gigi tersebut? Yuk, cari tahu jawabannya pada ulasan berikut ini.

Perbedaan karies gigi dan gigi berlubang

Beberapa orang atau bahkan Anda sendiri mungkin masih bingung mengenai perbedaan karies gigi dan gigi berlubang. Pasalnya, kedua kondisi ini memiliki ciri-ciri yang sama, yaitu adanya lubang pada gigi.

Faktanya, karies gigi dan gigi berlubang adalah dua kondisi yang saling berhubungan. Karies gigi sebetulnya merupakan istilah medis yang lebih dikenal sebagai kerusakan gigi atau gigi berlubang.

Karies gigi adalah kondisi rusaknya struktur dan lapisan gigi yang terjadi secara bertahap. Hal ini diawali dengan terkikisnya enamel atau lapisan terluar gigi, kemudian menggerogoti dentin atau lapisan tengah gigi, dan pada akhirnya mencapai sementum alias akar gigi.

Karies gigi umumnya disebabkan oleh kebiasaan makan makanan manis atau jarang menyikat gigi. Saat Anda mengonsumsi makanan manis, bakteri di mulut akan mengubah kandungan gula dari sisa-sisa makanan menjadi asam. Bila Anda malas menyikat gigi, timbunan asam tersebut dapat berubah menjadi plak berwarna putih, kuning, cokelat, atau kehitaman pada gigi.

Jika karies gigi ini tidak segera diatasi, maka kerusakan gigi bisa jadi lebih parah dan menyebabkan gigi berlubang. Pada awalnya, Anda akan merasakan ngilu sesaat setelah mengonsumsi makanan atau minuman yang dingin, panas, atau manis.

Lama-kelamaan, gigi berlubang yang sudah parah bisa membuat Anda mengalami sakit gigi yang tak tertahankan.

Lantas, apa itu karang gigi?

cara mencegah karang gigi

Karang gigi sebetulnya tidak jauh berbeda dengan plak gigi. Bedanya, plak yang menempel pada gigi bisa dibersihkan dengan menyikat gigi secara rutin, sedangkan karang gigi hanya bisa dibersihkan atau dihilangkan dengan metode scalling.

Plak gigi adalah kumpulan bakteri, kotoran, atau sisa-sisa makanan yang menempel di dalam gigi dan mulut. Plak gigi yang semula berwarna kuning bisa berubah menjadi keras dan menghitam jika tidak segera diatasi. Lama-kelamaan, plak yang sudah hitam ini akan tampak seperti batu karang yang menempel pada gigi.

Karang gigi biasanya terbentuk di atas garis gusi dan cenderung kasar. Anda tidak boleh menyepelekan masalah gigi yang satu ini, lho. Pasalnya, karang gigi yang tidak segera dihilangkan dapat menyebabkan gigi surut, gigi berlubang, hingga penyakit gusi.

Itulah kenapa Anda wajib menyikat gigi secara rutin, minimal dua kali sehari saat pagi dan sebelum tidur malam. Selain itu, buatlah jadwal kunjungan ke dokter gigi setiap enam bulan sekali untuk mencegah berbagai masalah gigi dan mulut.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

4 Cara Ampuh Mengatasi Sakit Gigi Saat Sedang Puasa

Puasa saat sakit gigi? Jangan khawatir! pasalnya ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meredakan sakit gigi saat puasa tanpa harus menelan obat!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Hari Raya, Ramadan 05/05/2020 . Waktu baca 4 menit

Bolehkah Membersihkan Karang Gigi Saat Hamil?

Kebersihan gigi merupakan hal yang penting, termasuk bagi ibu hamil. Namun, apakah aman membersihkan karang gigi saat hamil? Simak ulasan berikut.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 25/03/2020 . Waktu baca 4 menit

Kapan Jangka Waktu yang Tepat untuk Melakukan Scaling Gigi?

Scaling adalah prosedur untuk membersihkan karang gigi. Agar lebih efektif, scaling gigi sebaiknya dilakukan secara teratur dalam jangka waktu tertentu.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 13/03/2020 . Waktu baca 4 menit

Kapan Waktu yang Tepat Membersihkan Karang Gigi?

Karang gigi bukan hanya mengganggu penampilan saja, tapi juga kesehatan. Kapan sebernarnya waktu yang tepat untuk membersihkan karang gigi?

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 01/01/2020 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Konten Bersponsor
asam penyebab gigi berlubang di mulut

Tips Mencegah Penumpukan Asam Penyebab Gigi Berlubang di Mulut selama Pandemi

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 07/07/2020 . Waktu baca 5 menit
Konten Bersponsor
daun eucalyptus dan ekstrak minyak eukaliptus yang berguna untuk usir bau mulut dan kesehatan gigi dan mulut

Manfaat Eucalyptus untuk Usir Bau Mulut saat Puasa

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 20/05/2020 . Waktu baca 4 menit
obat sakit gigi berlubang

3 Pilihan Obat untuk Sakit Gigi Berlubang, Plus Cara Mengatasinya di Rumah dan di Dokter Gigi

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 18/05/2020 . Waktu baca 9 menit
gigi sensitif setelah scaling

Apakah Scaling Dapat Membuat Gigi Menjadi Sensitif?

Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 06/05/2020 . Waktu baca 5 menit