Sudah Tahu Apa Bedanya Karies, Karang Gigi, dan Gigi Berlubang?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Berapa pun usia Anda, Anda wajib menyikat gigi secara rutin untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Sebab jika tidak, Anda bisa saja terkena karies gigi, karang gigi, atau gigi berlubang. Nah, banyak orang yang masih sulit membedakan antara karies gigi dan gigi berlubang karena ciri-cirinya cenderung mirip. Sudahkah Anda tahu perbedaan dari ketiga masalah gigi tersebut? Yuk, cari tahu jawabannya pada ulasan berikut ini.

Perbedaan karies gigi dan gigi berlubang

Beberapa orang atau bahkan Anda sendiri mungkin masih bingung mengenai perbedaan karies gigi dan gigi berlubang. Pasalnya, kedua kondisi ini memiliki ciri-ciri yang sama, yaitu adanya lubang pada gigi.

Faktanya, karies gigi dan gigi berlubang adalah dua kondisi yang saling berhubungan. Karies gigi sebetulnya merupakan istilah medis yang lebih dikenal sebagai kerusakan gigi atau gigi berlubang.

Karies gigi adalah kondisi rusaknya struktur dan lapisan gigi yang terjadi secara bertahap. Hal ini diawali dengan terkikisnya enamel atau lapisan terluar gigi, kemudian menggerogoti dentin atau lapisan tengah gigi, dan pada akhirnya mencapai sementum alias akar gigi.

Karies gigi umumnya disebabkan oleh kebiasaan makan makanan manis atau jarang menyikat gigi. Saat Anda mengonsumsi makanan manis, bakteri di mulut akan mengubah kandungan gula dari sisa-sisa makanan menjadi asam. Bila Anda malas menyikat gigi, timbunan asam tersebut dapat berubah menjadi plak berwarna putih, kuning, cokelat, atau kehitaman pada gigi.

Jika karies gigi ini tidak segera diatasi, maka kerusakan gigi bisa jadi lebih parah dan menyebabkan gigi berlubang. Pada awalnya, Anda akan merasakan ngilu sesaat setelah mengonsumsi makanan atau minuman yang dingin, panas, atau manis.

Lama-kelamaan, gigi berlubang yang sudah parah bisa membuat Anda mengalami sakit gigi yang tak tertahankan.

Lantas, apa itu karang gigi?

cara mencegah karang gigi

Karang gigi sebetulnya tidak jauh berbeda dengan plak gigi. Bedanya, plak yang menempel pada gigi bisa dibersihkan dengan menyikat gigi secara rutin, sedangkan karang gigi hanya bisa dibersihkan atau dihilangkan dengan metodeĀ scalling.

Plak gigi adalah kumpulan bakteri, kotoran, atau sisa-sisa makanan yang menempel di dalam gigi dan mulut. Plak gigi yang semula berwarna kuning bisa berubah menjadi keras dan menghitam jika tidak segera diatasi. Lama-kelamaan, plak yang sudah hitam ini akan tampak seperti batu karang yang menempel pada gigi.

Karang gigi biasanya terbentuk di atas garis gusi dan cenderung kasar. Anda tidak boleh menyepelekan masalah gigi yang satu ini, lho. Pasalnya, karang gigi yang tidak segera dihilangkan dapat menyebabkan gigi surut, gigi berlubang, hingga penyakit gusi.

Itulah kenapa Anda wajib menyikat gigi secara rutin, minimal dua kali sehari saat pagi dan sebelum tidur malam. Selain itu, buatlah jadwal kunjungan ke dokter gigi setiap enam bulan sekali untuk mencegah berbagai masalah gigi dan mulut.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca