Pria Ternyata Lebih Lihai Berbohong Dibandingkan Wanita

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 21/01/2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Hampir semua orang pernah berbohong. Namun siapa yang paling lihai ketika berbohong? Berdasarkan hasil penelitian terbaru, pria lebih pandai berdusta dibandingkan wanita. 

Bagaimana bisa demikian? Berikut ulasan hasil penelitian tersebut. 

Pria merasa lebih pandai berbohong dibandingkan wanita

ciri orang berbohong

Orang yang pandai berbohong biasanya pandai berbicara kepada orang lain. Mereka menggunakan kelebihannya tersebut untuk membohongi orang-orang, terutama keluarga, pasangan, dan teman-temannya. 

Bahkan, sebuah penelitian dari University of Portsmouth mengungkapkan bahwa pria lebih sering dan pandai berbohong dibandingkan wanita. 

Penelitian yang dipimpin oleh Dr. Brianna Verigin ini melihat adanya hubungan yang cukup erat antara kemampuan berbohong dengan jenis kelamin. 

Di dalam penelitian tersebut terdapat 194 peserta, 97 pria dan 97 wanita. Mereka diminta untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh para peneliti seputar kebohongan yang dibuat. 

Mulai dari frekuensi berbohong, kepada siapa mereka sering mengatakan kebohongan tersebut, hingga jenis kebohongan yang sudah diucapkan. 

Orang yang pintar berbohong biasanya pandai merangkai kata hingga membuat orang percaya. Akibatnya, orang lain akan sulit untuk membedakan, mana yang fakta dan kebohongan. 

Selain itu, pembohong ulung juga menyukai untuk bercerita dalam kisah yang sederhana dan sulit bagi orang lain untuk meragukannya kebenarannya. 

berbohong pada pasangan

Hasil dari penelitian tersebut memperlihatkan bahwa orang kesulitan untuk mendeteksi sebuah kebohongan. Peluang untuk mengungkap kebenarannya pun hanya 50:50.  

Hal ini dikarenakan kebanyakan pria menggunakan strategi membohongi orang lain dengan tetap menggunakan informasi yang benar-benar nyata. Jadi, kebohongannya tidak penuh, namun menambahi atau mengurangi sesuatu yang nyata, sehingga membuat kebohongan yang mungkin sulit untuk dideteksi. 

Selain itu, jenis kebohongan yang paling banyak diutarakan, baik para pria maupun wanita, adalah white lies, menyembunyikan informasi, atau menutupi kebohongan lainnya

Alasan pria berbohong

Setelah mengetahui bahwa pria merasa lebih pintar berbohong daripada wanita, mari kenali alasan mengapa kebohongan ini dibuat  ini, yaitu:

1. Mempromosikan diri sendiri

tes kejujuran kebohongan

Salah satu alasan mengapa pria sering berbohong adalah untuk mempromosikan diri sendiri. Biasanya, kebohongan ini pun dilakukan hampir semua orang ketika menulis resume mereka. 

Selain berbohong untuk mendapatkan uang dan membantu Anda menciptakan citra diri yang lebih baik, kebohongan juga dibuat untuk membuat orang lain tertawa

Maka itu, berbohong lebih sering dilakukan untuk mempromosikan diri sendiri agar sosok yang dibuat di hadapan orang lain menjadi lebih bagus. 

2. Menjaga diri sendiri

perbedaan introvert dan pemalu

Selain untuk membangun sosok yang baik dan menyenangkan di hadapan orang lain, para pria juga sering berbohong untuk menjaga diri sendiri. 

Kebohongan yang dibuat bertujuan untuk mengurangi atau menghindari rasa malu, bersalah, atau tidak ingin terluka. 

Misalnya, Anda berbohong telah melakukan sesuatu yang buruk agar tidak disalahkan oleh orang lain. Dengan begitu, kebohongan tersebut akhirnya menutupi kesalahan yang seharusnya membuat Anda merasa malu. 

3. Memengaruhi orang lain

mengenalkan pacar ke sahabat

Terakhir, alasan para pria sering berbohong adalah untuk memengaruhi orang lain. Perbuatan ini lebih sering disebut sebagai white lies, yaitu agar orang lain terlihat atau merasa lebih baik dan menjaga perasaan mereka

Contohnya, menilai pekerjaan anak kecil yang mungkin tidak sesuai dengan jawabannya terkadang sulit untuk mengutarakan kebenarannya. Akibatnya, Anda cenderung berbohong agar perasaan anak tersebut tidak terluka. 

Pria memang menganggap diri mereka lebih lihai ketika berbohong karena mereka senang berbohong dalam hal-hal kecil. Akibatnya, peluang untuk mendeteksi kebenaran tersebut menjadi lebih kecil.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

3 Kunci Bijak Menghentikan Anak yang Suka Berbohong

Kadang anak suka berbohong untuk menceritakan imajinasinya atau mangkir dari hukuman. Lantas, bagaimana orangtua harus menyikapi anak yang suka berbohong?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Parenting, Tips Parenting 13/12/2018 . Waktu baca 3 menit

Mengenal Mythomania, Saat Si Pembohong Percaya Pada Kebohongannya Sendiri

Saking seringnya berbohong, seseorang mungkin saja malah memercayai kebohongannya sendiri sebagai fakta. Inilah yang disebut mythomania.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Ivena
Hidup Sehat, Psikologi 12/01/2018 . Waktu baca 5 menit

5 Perilaku Anak yang Sering Menyebabkan Masalah (Plus Solusinya)

Setiap hari orangtua harus menghadapi berbagai macam perilaku anak. Perilaku apa saja yang paling sering jadi masalah dan bagaimana mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Parenting, Tips Parenting 23/11/2017 . Waktu baca 4 menit

6 Alasan yang Paling Sering Terlontar dari Mulut untuk Berkata Bohong

Tidak ada satu pun orang di dunia ini yang tidak pernah bohong. Alasannya pun macam-macam. Dari 6 alasan berbohong ini, mana yang pernah Anda gunakan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Psikologi 06/11/2017 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

sindrom pura-pura sakit

Pura-pura Sakit? Bisa Jadi Anda Mengidap Sindrom Munchausen

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 13/06/2020 . Waktu baca 5 menit
Fenomena catfishing

Cara Menghindari Catfishing, Penipuan di Dunia Maya Berkedok Cinta

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Dipublikasikan tanggal: 27/12/2019 . Waktu baca 4 menit
orangtua bohong pada anak

Ortu Sering Bohong Pada Anak, Bisa Bikin Ia Jadi Pembohong Saat Dewasa

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 23/11/2019 . Waktu baca 3 menit
berbohong pada pasangan

Meski Tujuannya Baik, Hindari Berbohong Soal 4 Hal Ini Pada Pasangan

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 02/01/2019 . Waktu baca 5 menit